Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia!

Jelaskan hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia!

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sistem pernapasan manusia terdiri dari beberapa organ yang memiliki fungsi berbeda tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu respirasi atau proses pertukaran gas oksigen dengan karbondioksida yang tepatnya terjadi di alveolus paru-paru.Paru-paru disusun oleh jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan saraf, dan jaringan otot.Jaringan otot yang menyusun paru-paru adalah jaringan otot polos sehingga memungkinkan paru-paru bekerja di bawah kesadaran kita.Aktivitas otot diatur oleh jaringan saraf. Selain itu, jaringan saraf juga berfungsi untuk menerima dan meneruskan rangsangan. Pada bagian bronkus terdapat jaringan epitel bersiliayang dapat menghasilkan lendir berfungsi untukmenangkap debu dan mikroorganisme yang masuk saat menghirup udara.Alveolus terdiri dari lapisan epitel dan matriks ekstraseluler yang dikelilingi oleh kapiler.Lapisan epitel tersebut berperan untuk memudahkan pengikatan oksigenyang berasal dari udara dalam rongga Alveolusyang dilakukan oleh darah di dalam kapiler-kapiler darah.Alveolus juga mengandung beberapa serat elastis dan serat kolagen. Pernapasan terdiri dari 2 tahapan yaitu inspirasi dan ekspirasi. Kedua tahapan ini diakibatkan adanya kontraksi dan relaksasi otot antar tulang rusuk (pernapasan dada) dan otot diafragma (pernapasan perut). Dalam proses respirasi terdapat beberapa gangguan kesehatan yang dapat menyerang baik karena virus, bakteri ataupun kebiasaan buruk seperti merokok. Contohnya adalah bronkitis, sinusitis,influenza, asma, emfisema, dan Covid19 .

Sistem pernapasan manusia terdiri dari beberapa organ yang memiliki fungsi berbeda tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu respirasi atau proses pertukaran gas oksigen dengan karbondioksida yang tepatnya terjadi di alveolus paru-paru. Paru-paru disusun oleh jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan saraf, dan jaringan otot. Jaringan otot yang menyusun paru-paru adalah jaringan otot polos sehingga  memungkinkan paru-paru bekerja di bawah kesadaran kita. Aktivitas otot diatur oleh jaringan saraf. Selain itu, jaringan saraf juga berfungsi untuk menerima dan meneruskan rangsangan. Pada bagian bronkus terdapat jaringan epitel bersilia yang dapat menghasilkan lendir berfungsi untuk menangkap debu dan mikroorganisme yang masuk saat menghirup udara. Alveolus terdiri dari lapisan epitel dan matriks ekstraseluler yang dikelilingi oleh kapiler. Lapisan epitel tersebut berperan untuk memudahkan pengikatan oksigen yang berasal dari udara dalam rongga Alveolus yang dilakukan oleh darah di dalam kapiler-kapiler darah. Alveolus juga mengandung beberapa serat elastis dan serat kolagen. Pernapasan terdiri dari 2 tahapan yaitu inspirasi dan ekspirasi. Kedua tahapan ini diakibatkan adanya kontraksi dan relaksasi otot antar tulang rusuk (pernapasan dada) dan otot diafragma (pernapasan perut). Dalam proses respirasi terdapat beberapa gangguan kesehatan yang dapat menyerang baik karena virus, bakteri ataupun kebiasaan buruk seperti merokok. Contohnya adalah bronkitis, sinusitis, influenza, asma, emfisema, dan Covid19.

Latihan Bab

Organ Pernapasan Manusia

Mekanisme Pernapasan Manusia

Gangguan Sistem Pernapasan

Sistem Pernapasan Hewan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Siti Padia Ayunda putri

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut dengan cermat ! Berolahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Pada saat berolahraga, kita perlu bernapas lebih dalam karena…

1rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia