Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana mekanisme pernapasan yg terjadi di dalam hidung?

Bagaimana mekanisme pernapasan yg terjadi di dalam hidung?space 

Iklan

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sistem pernapasan pada manusia memiliki peranan untuk menyediakan asupan oksigen secara konsisten agar seluruh fungsi tubuh bekerja dengan baik. Mekanisme pernapasan yang berlangsung lancar merupakan hasil dari kerja masing-masing jaringan dan organ yang menyusun sistem pernapasan manusia. Salah satu organ pernapasan pada manusia adalah hidung. Hidung adalah organ terluar yang langsung bersentuhan dengan gas atau udara untuk bernapas . Mekanisme pernapasan yang terjadi di dalam hidung adalah menghirup oksigendan sebagai jalur keluarnya karbon dioksida. Organ ini terletak di tulang tengkorak dan tersusun dari tulang rawan, tulang, otot, dan kulit. Di dalam hidung, terdapat rongga hidung yang berperan penting dalam proses pernapasan . Selain itu, rongga hidung berperan untuk melembabkan, menghangatkan, dan menyaring (filter) udara yang masuk ke tubuh . Bulu dan lendir (mucus) di dalam rongga hidung berfungsi untuk menangkap debu, spora jamur, dan zat asing udara.

Sistem pernapasan pada manusia memiliki peranan untuk menyediakan asupan oksigen secara konsisten agar seluruh fungsi tubuh bekerja dengan baik. Mekanisme pernapasan yang berlangsung lancar merupakan hasil dari kerja masing-masing jaringan dan organ yang menyusun sistem pernapasan manusia. Salah satu organ pernapasan pada manusia adalah hidung. Hidung adalah organ terluar yang langsung bersentuhan dengan gas atau udara untuk bernapas. Mekanisme pernapasan yang terjadi di dalam hidung adalah menghirup oksigen dan sebagai jalur keluarnya karbon dioksida. Organ ini terletak di tulang tengkorak dan tersusun dari tulang rawan, tulang, otot, dan kulit. Di dalam hidung, terdapat rongga hidung yang berperan penting dalam proses pernapasan. Selain itu, rongga hidung berperan untuk melembabkan, menghangatkan, dan menyaring (filter) udara yang masuk ke tubuh. Bulu dan lendir (mucus) di dalam rongga hidung berfungsi untuk menangkap debu, spora jamur, dan zat asing udara.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia!

86

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia