Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan dengan bahasa Anda sendiri, bagaimanakah mekanisme pernapasan pada manusia saat menghirup dan menghembuskan napas!

Jelaskan dengan bahasa Anda sendiri, bagaimanakah mekanisme pernapasan pada manusia saat menghirup dan menghembuskan napas!space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pernapasan pada manusia berlangsung dengan cara mengubah tekanan udara di dalam paru-paru. Perubahan tekanan ini menyebabkan udara dapat keluar dan masuk dari dan ke dalam paru-paru yang disebut bernapas. Proses bernapas pada manusia melalui 2 (dua) tahap: 1. Inspirasi (penghirupan) Tahap inspirasi terjadi akibat otot tulang rusuk dan diafragma berkontraksi. Volume rongga dada dan paru-paru membesar ketika diafragma bergerak turun ke bawahdan tulang rusuk terangkat. Tekanan udara dalam paru-paru akan turun di bawah tekanan udara luar, dan udara akan masuk ke dalam paru-paru. 2. Ekspirasi (penghembusan) Tahap ekspirasi terjadi akibat otot tulang rusuk dan diafragma berelaksasi. Volume rongga dada dan paru-paru mengecil ketika diafragma bergerak naik dantulang rusuk kembali posisi. Tekanan udara dalam paru-paru akan naik melebihi tekanan udara luar, dan udara akankeluar dari paru-paru.

Pernapasan pada manusia berlangsung dengan cara mengubah tekanan udara di dalam paru-paru. Perubahan tekanan ini menyebabkan udara dapat keluar dan masuk dari dan ke dalam paru-paru yang disebut bernapas. Proses bernapas pada manusia melalui 2 (dua) tahap:

1. Inspirasi (penghirupan)

Tahap inspirasi terjadi akibat otot tulang rusuk dan diafragma berkontraksi. Volume rongga dada dan paru-paru membesar ketika diafragma bergerak turun ke bawah dan tulang rusuk terangkat. Tekanan udara dalam paru-paru akan turun di bawah tekanan udara luar, dan udara akan masuk ke dalam paru-paru.

2. Ekspirasi (penghembusan)

Tahap ekspirasi terjadi akibat otot tulang rusuk dan diafragma berelaksasi. Volume rongga dada dan paru-paru mengecil ketika diafragma bergerak naik dan tulang rusuk kembali posisi. Tekanan udara dalam paru-paru akan naik melebihi tekanan udara luar, dan udara akan keluar dari paru-paru.space 

Latihan Bab

Organ Pernapasan Manusia

Mekanisme Pernapasan Manusia

Gangguan Sistem Pernapasan

Sistem Pernapasan Hewan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

A. ANNA FITRI MAULIDA

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

sebutkan 4 faktor yangvmempengarui frekuensi pernafasan pada manusia!

315

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia