Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan hubungan antara sosialisasi dengan kepribadian!

Jelaskan hubungan antara sosialisasi dengan kepribadian!undefined 

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Sosialisasi merupakan proses belajar yang dilakukan oleh individuuntuk berbuat atau bertingkah laku berdasarkan patokan yang terdapat dan diakui dalam masyarakat. Dalam proses sosialisasi terdapat lima faktor yang mempengaruhi perkembangan kepribadian manusia yaitu: Sifat dasar, sifat dasar ini berupa karakter, watak serta sifat emosionalyang diwarisi seseorang dari ayah dan ibunya. Lingkungan prenatal, perkembangan menjadi embrio dalam rahim ibu untuk beberapa waktu.Pada masa ini, seseorang mendapat pengaruh-pengaruh baik langsung maupun tidak langsung dari sang ibu. Perbedaan perorangan, setiap manusia satu orang dengan orang lainnya tidak ada yang sama, misalnya: ciri-ciri fisik, ciri-ciri mental, emosional personal dan sosial. Lingkungan, kondisi di sekitar individu baik lingkungan alam, kebudayaan, dan masyarakat yang dapat memengaruhi proses sosialisasi. Kondisi lingkungan tidak menentukan dalam proses sosialisasi, namun dapat memengaruhi dan membatasi proses sosialisasi. Motivasi. Secara tidak langsung, proses sosialisasi mampu membentuk kepribadian individu dan baik buruknya kepribadian seseorang ditentukan oleh proses sosialisasi yang dialami individu tersebut.

Sosialisasi merupakan proses belajar yang dilakukan oleh individu untuk berbuat atau bertingkah laku berdasarkan patokan yang terdapat dan diakui dalam masyarakat. Dalam proses sosialisasi terdapat lima faktor yang mempengaruhi perkembangan kepribadian manusia yaitu:

  1. Sifat dasar, sifat dasar ini berupa karakter, watak serta sifat emosional yang diwarisi seseorang dari ayah dan ibunya.
  2. Lingkungan prenatal, perkembangan menjadi embrio  dalam rahim ibu untuk beberapa waktu. Pada masa ini, seseorang mendapat pengaruh-pengaruh baik langsung maupun tidak langsung dari sang ibu.
  3. Perbedaan perorangan, setiap manusia satu orang dengan orang lainnya tidak ada yang sama, misalnya: ciri-ciri fisik, ciri-ciri mental, emosional personal dan sosial.
  4. Lingkungan, kondisi di sekitar individu baik lingkungan alam, kebudayaan, dan masyarakat yang dapat memengaruhi proses sosialisasi. Kondisi lingkungan tidak menentukan dalam proses sosialisasi, namun dapat memengaruhi dan membatasi proses sosialisasi.
  5. Motivasi.

Secara tidak langsung, proses sosialisasi mampu membentuk kepribadian individu dan baik buruknya kepribadian seseorang ditentukan oleh proses sosialisasi yang dialami individu tersebut.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

106

Ritzkevin Sultan

Bantu banget

jelita salakay

Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Ichi _174

Ini yang aku cari!

Irma Sari

Sebetulnya susah mencari jawaban yang tepat,namun akhir nya dapat juga,jawaban yang masuk akal 1

Rashell

Pembahasan tidak lengkap Jawaban tidak sesuai Mudah dimengerti Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kepribadian bisa dipengaruhi beberapa faktor sebutkan!

5

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia