Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana cara mengidentifikasi kepribadian seseorang?

Bagaimana cara mengidentifikasi kepribadian seseorang? 

Iklan

F. Riskiyah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kepribadian seseorang tidak pernah lepas dari faktor-faktor yang ada disekitar mereka baik itu faktor biologis, pengalaman individu, dan lingkungan lainnya.

kepribadian seseorang tidak pernah lepas dari faktor-faktor yang ada disekitar mereka baik itu faktor biologis, pengalaman individu, dan lingkungan lainnya. 

Iklan

Pembahasan

Dalam proses sosialisasi, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian manusia sekaligus sebagai cara bagi kita untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang, yaitu: Sifat dasar , sifat dasar ini berupa karakter, watak serta sifat emosionalyang diwarisi seseorang dari ayah dan ibunya. Lingkungan prenatal, perkembangan menjadi embrio dalam rahim ibu untuk beberapa waktu.Pada masa ini, seseorang mendapat pengaruh-pengaruh baik langsung maupun tidak langsung dari sang ibu. Perbedaan perorangan , setiap manusia satu orang dengan orang lainnya tidak ada yang sama, misalnya: ciri-ciri fisik, ciri-ciri mental, emosional personal dan sosial. Lingkungan , kondisi di sekitar individu baik lingkungan alam, kebudayaan, dan masyarakat yang dapat memengaruhi proses sosialisasi. Kondisi lingkungan tidak menentukan dalam proses sosialisasi, namun dapat memengaruhi dan membatasiprosessosialisasi. Motivasi ,dapat diartikan sebagai dorongan atausuatu usaha keinginan seseorang dalam mencapai tujuannya. Sebagai contoh, seseorang yang lahir ditengah keluarga yang setiap hari memaki satu sama lain, bersikap kasar ketika emosi dan kurang dapat mengendalikan emosinya, maka memiliki kecenderungan untuk memiliki kepribadian yang sama sebagaimana apa yang ia lihat dan dengarkan ketika ia dihadapkan pada kondisi yang ada di dalam rumahnya . Hal semacam ini tentunya dapat kita identifikasi dengan melihat bagaimana lingkungan keluarga sebagai sosialisasi pertama seorang anak mampu membentuk kepribadian anak tersebut. Lebih lanjut, pengalaman tidak menyenangkan yang dirasakan oleh seorang anak juga dapat berpengaruh pada kondisi mentalnya . Oleh sebab itu, kepribadian seseorang tidak pernah lepas dari faktor-faktor yang ada disekitar mereka baik itu faktor biologis, pengalaman individu, dan lingkungan lainnya.

Dalam proses sosialisasi, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian manusia sekaligus sebagai cara bagi kita untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang, yaitu:

  1. Sifat dasar, sifat dasar ini berupa karakter, watak serta sifat emosional yang diwarisi seseorang dari ayah dan ibunya.
  2. Lingkungan prenatal, perkembangan menjadi embrio dalam rahim ibu untuk beberapa waktu. Pada masa ini, seseorang mendapat pengaruh-pengaruh baik langsung maupun tidak langsung dari sang ibu.
  3. Perbedaan perorangan, setiap manusia satu orang dengan orang lainnya tidak ada yang sama, misalnya: ciri-ciri fisik, ciri-ciri mental, emosional personal dan sosial.
  4. Lingkungan, kondisi di sekitar individu baik lingkungan alam, kebudayaan, dan masyarakat yang dapat memengaruhi proses sosialisasi. Kondisi lingkungan tidak menentukan dalam proses sosialisasi, namun dapat memengaruhi dan membatasi proses sosialisasi.
  5. Motivasi, dapat diartikan sebagai dorongan atau suatu usaha keinginan seseorang dalam mencapai tujuannya.

Sebagai contoh, seseorang yang lahir ditengah keluarga yang setiap hari memaki satu sama lain, bersikap kasar ketika emosi dan kurang dapat mengendalikan emosinya, maka memiliki kecenderungan untuk memiliki kepribadian yang sama sebagaimana apa yang ia lihat dan dengarkan ketika ia dihadapkan pada kondisi yang ada di dalam rumahnya. Hal semacam ini tentunya dapat kita identifikasi dengan melihat bagaimana lingkungan keluarga sebagai sosialisasi pertama seorang anak mampu membentuk kepribadian anak tersebut. Lebih lanjut, pengalaman tidak menyenangkan yang dirasakan oleh seorang anak juga dapat berpengaruh pada kondisi mentalnya. Oleh sebab itu, kepribadian seseorang tidak pernah lepas dari faktor-faktor yang ada disekitar mereka baik itu faktor biologis, pengalaman individu, dan lingkungan lainnya. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan faktor-faktor pembentuk kepribadian!

117

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia