Iklan

Iklan

Pertanyaan

Faktor apa saja pembentuk kepribadian?

Faktor apa saja pembentuk kepribadian? space

Iklan

W. Wahyuningsih

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Soal di atas berkaitan dengan pembentukan kepribadian pada individu, dan poin yang ditanyakan adalah faktor pembentuk kepribadian. Kepribadian di pahami sebagai sifat, sikap, ide, kebiasaan, pada diri individu yang berpola dan berkaitan dengan status dan peran, serta motivasi . Kepribadian merupakan produk dari hasil interaksi sosial di masyarakat dan setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor dalam pembentukan kepribadian, di antaranya: Warisan biologis , diperoleh dari warisan gen ayah atau ibu seperti IQ, golongan darah, ciri fisik maupun emosional . Lingkungan fisik , berkaitan dengan lingkungan alam atau kondisi geografis daerah seperti iklim, topografi , maupun sumber daya alam yang juga mempengaruhi kepribadian seseorang, misalnya orang yang tinggal di dekat laut memiliki kepribadian ketika berbicara lebih keras dan lantang. Kebudayaan , setiap kebudayaan memiliki nilai dan norma yang berbeda antar satu masyarakat dengan yang lain , misalnya orang Bugis memiliki budaya mengarungi laut dan merantau sehingga membentuk kepribadian pemberani. Pengalaman kelompok , setiap kelompok memiliki standar nilai yang yang digunakan untuk menentukan kepribadian yang baik dan yang tidak, serta antar satu kelompok dengan kelompok yang lain berbeda . Contoh: ketika anak di dalam keluarga merasa kurang diperhatikan oleh orang tuanya, maka ia akan bergabung dengan kelompok yang sama seperti dirinya, begitu pula dengan anak yang perilakunya baik akan bergabung dengan kelompok yang sesuai dengan dirinya. Pengalaman unik , diperoleh individu dalam proses sosialisasi dan setiap individu pasti memiliki pengalaman yang tidak sama , misalnya anak yang sering dikatakan cantik atau dipuji oleh orang yang berbeda-beda maka ia lebih percaya diri dibandingkan dengan anak yang diperlakukan tidak menarik.

Soal di atas berkaitan dengan pembentukan kepribadian pada individu, dan poin yang ditanyakan adalah faktor pembentuk kepribadian.

Kepribadian di pahami sebagai sifat, sikap, ide, kebiasaan, pada diri individu yang berpola dan berkaitan dengan status dan peran, serta motivasi. Kepribadian merupakan produk dari hasil interaksi sosial di masyarakat dan setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor dalam pembentukan kepribadian, di antaranya:

  1. Warisan biologis, diperoleh dari warisan gen ayah atau ibu seperti IQ, golongan darah, ciri fisik maupun emosional.
  2. Lingkungan fisik, berkaitan dengan lingkungan alam atau kondisi geografis daerah seperti iklim, topografi, maupun sumber daya alam yang juga mempengaruhi kepribadian seseorang, misalnya orang yang tinggal di dekat laut memiliki kepribadian ketika berbicara lebih keras dan lantang. 
  3. Kebudayaan, setiap kebudayaan memiliki nilai dan norma yang berbeda antar satu masyarakat dengan yang lain, misalnya orang Bugis memiliki budaya mengarungi laut dan merantau sehingga membentuk kepribadian pemberani.
  4. Pengalaman kelompok, setiap kelompok memiliki standar nilai yang yang digunakan untuk menentukan kepribadian yang baik dan yang tidak, serta antar satu kelompok dengan kelompok yang lain berbeda. Contoh: ketika anak di dalam keluarga merasa kurang diperhatikan oleh orang tuanya, maka ia akan bergabung dengan kelompok yang sama seperti dirinya, begitu pula dengan anak yang perilakunya baik akan bergabung dengan kelompok yang sesuai dengan dirinya.
  5. Pengalaman unik, diperoleh individu dalam proses sosialisasi dan setiap individu pasti memiliki pengalaman yang tidak sama, misalnya anak yang sering dikatakan cantik atau dipuji oleh orang yang berbeda-beda maka ia lebih percaya diri dibandingkan dengan anak yang diperlakukan tidak menarik. space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kepribadian bisa dipengaruhi beberapa faktor sebutkan!

5

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia