Jelaskan cara menemukan kebocoran pipa pada persediaan gas H2​  dalam pabrik pembuat gas amonia dengan menggunakan bahan radioaktif!

Pertanyaan

Jelaskan cara menemukan kebocoran pipa pada persediaan gas H subscript 2  dalam pabrik pembuat gas amonia dengan menggunakan bahan radioaktif!space 

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 ara menemukan kebocoran pipa dengan menggunakan bahan radioaktif  adalah dengan memasukkan bahan radioaktif tersebut ke pipa dan memantau pancaran radiasi yang dihasilkan melalui detektor hingga letak kebocoran pipa dapat ditemukan.

Pembahasan

Penggunaan radioisotop dalam bidang industri antara lain untuk mendeteksi kebocoran pipa yang ditanam di dalam tanah atau dalam beton. Dengan menggunakan radioisotop yang dimasukkan ke dalam aliran pipa kebocoran pipa dapat dideteksi tanpa penggalian tanah atau pembongkaran beton.

Pada pabrik pembuat gas amonia, jika terjadi kebocoran pipa pada persediaan gas H subscript 2, maka tempat terjadinya kebocoran dapat dideteksi dengan menggunakan bahan radioaktif. Caranya yaitu dengan memasukkan zat radioaktif ke dalam pipa yang mengalami kebocoran. Zat radioaktif ini akan memancarkan radiasi yang dapat dideteksi oleh detektor. Ketika zat radioaktif tersebut keluar melalui bagian pipa yang bocor, maka akan terlihat di detektor dan ditemukanlah letak kebocoran pipa tersebut.

Jadi, ara menemukan kebocoran pipa dengan menggunakan bahan radioaktif  adalah dengan memasukkan bahan radioaktif tersebut ke pipa dan memantau pancaran radiasi yang dihasilkan melalui detektor hingga letak kebocoran pipa dapat ditemukan.

68

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan prinsip pembangkit listrik tenaga nuklir!

41

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia