Pertanyaan

Jelaskan cara menelaah naskah atau buku drama!

Jelaskan cara menelaah naskah atau buku drama!space 

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

cara menelaah naskah atau buku drama adalah membaca keseluruhan isi naskah drama, mengidentifikasi tokoh drama, mengidentifikasi alur drama, mengidentifikasi sudut pandang penceritaan, mengidentifikasi nilai yang terkandung dalam drama, dan menyimpulkan isi naskah drama tersebut.

cara menelaah naskah atau buku drama adalah membaca keseluruhan isi naskah drama, mengidentifikasi tokoh drama, mengidentifikasi alur drama, mengidentifikasi sudut pandang penceritaan, mengidentifikasi nilai yang terkandung dalam drama, dan menyimpulkan isi naskah drama tersebut.space

Pembahasan

Pembahasan

Naskah drama adalah teks yang berisi gambaran kehidupan dengan watak manusia dan tingkah laku yang dipentaskan. Untuk mengkaji sebuah naskah drama maka perlu menelaah naskah tersebut. Cara menelaah naskah drama adalah sebagai berikut. Membaca keseluruhan isi naskah drama. Membaca naskah drama harus dilakukan dengan cermat. Mengidentifikasi tokoh drama. Pada langkah ini, catatlah nama-nama tokoh yang ada dalam naskah. Mengidentifikasi alur drama. Alur menjadi hal penting untuk mengetahui jalannya sebuah cerita. Mengidentifikasi sudut pandang penceritaan. Sudut pandang yang digunakan dalam naskah drama juga perlu diidentifikasi. Hal itu bertujuan untuk mengetahui posisi pengarang menyampaikan cerita. Mengidentifikasi nilai yang terkandung dalam drama. Setiap naskah drama memiliki nilai-nilai atau pesan yang dapat dijadikan pelajaran hidup. Menyimpulkan isi naskah drama tersebut. Dengan demikian, cara menelaah naskah atau buku drama adalah membaca keseluruhan isi naskah drama, mengidentifikasi tokoh drama, mengidentifikasi alur drama, mengidentifikasi sudut pandang penceritaan, mengidentifikasi nilai yang terkandung dalam drama, dan menyimpulkan isi naskah drama tersebut.

Naskah drama adalah teks yang berisi gambaran kehidupan dengan watak manusia dan tingkah laku yang dipentaskan. Untuk mengkaji sebuah naskah drama maka perlu menelaah naskah tersebut. Cara menelaah naskah drama adalah sebagai berikut.

  1. Membaca keseluruhan isi naskah drama. Membaca naskah drama harus dilakukan dengan cermat.
  2. Mengidentifikasi tokoh drama. Pada langkah ini, catatlah nama-nama tokoh yang ada dalam naskah.
  3. Mengidentifikasi alur drama. Alur menjadi hal penting untuk mengetahui jalannya sebuah cerita.
  4. Mengidentifikasi sudut pandang penceritaan. Sudut pandang yang digunakan dalam naskah drama juga perlu diidentifikasi. Hal itu bertujuan untuk mengetahui posisi pengarang menyampaikan cerita.
  5. Mengidentifikasi nilai yang terkandung dalam drama. Setiap naskah drama memiliki nilai-nilai atau pesan yang dapat dijadikan pelajaran hidup.
  6. Menyimpulkan isi naskah drama tersebut.

Dengan demikian, cara menelaah naskah atau buku drama adalah membaca keseluruhan isi naskah drama, mengidentifikasi tokoh drama, mengidentifikasi alur drama, mengidentifikasi sudut pandang penceritaan, mengidentifikasi nilai yang terkandung dalam drama, dan menyimpulkan isi naskah drama tersebut.space

264

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Tema kutipan drama tersebut adalah ....

914

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia