Roboguru

Jelaskan bagaimana masing-masing penulis menafsirkan karya seni yang diulas atau ditanggapi?

Pertanyaan

Jelaskan bagaimana masing-masing penulis menafsirkan karya seni yang diulas atau ditanggapi? 

Pembahasan Soal:

Teks tersebut membahas mengenai salah satu cara pelestarian budaya lokal yang diselenggarakan di Festival TN Tesso Nilo. Soal tersebut menanyakan mengenai salah satu struktur yang terdapat dalam teks tanggapan. sehingga termasuk ke dalam salah satu bagian dalam teks tanggapan kritis. 

Teks tanggapan merupakan teks yang berisi pendapat, dapat berupa pujian atau kritik terhadap suatu fenomena, peristiwa, karya, ucapan, atau pun perbuatan seseorang. Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari unsur-unsur berikut.

  1. Orientasi adalah gambaran umum tentang hal yang ditanggapi
  2. Evaluasi merupakan penilaian tentang hal yang ditanggapi
  3. Tafsiran berisi penjelasan lebih mendetail dan lengkap mengenai hal yang sedang ditanggapi
  4. Kesimpulan adalah pendapat akhir mengenai hal yang ditanggapi serta pesan dan nilai hal tersebut


Berikut pembahasan mengenai perbandingan tafsiran pada masing-masing teks.

Teks (a)

Pada teks (a), struktur tafsiran terdapat pada paragraf ketiga sampai kelima. Hal tersebut disebabkan penulis menambahkan penjelasan pada paragraf ketiga sampai kelima. Penjelasan dari masing-masing paragraf berupa harapan dan tujuan. Tafsiran penulis terdapat pada bagian-bagian berikut.

  1. Diharapkan festival ini mampu menumbuhkan kesadaran sekaligus menghasilkan suatu pemahaman semua kalangan....
  2. Festival ini merupakan apresiasi terhadap unsur perlindungan, pelestarian serta pemanfaatan potensi kesenian lokal.
  3. ...festival budaya ini juga bertujuan untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi para pecinta seni budaya dan stakeholder...


Teks (b)

Pada teks (b), tafsiran atau penjelasan mendetail yang diberikan penulis adalah sinopsis "Pengabdi Setan". Sinopsis ini menjadi subjudul tersendiri, sehingga kita dengan mudah menemukannya. Berikut tafsiran yang diberikan penulis terhadap film "Pengabdi Setan" pada masing-masing paragraf di bagian opini pada paragraf ketiga dan keempat.

  1. Keluarga Rini jatuh miskin karena harus membayar biaya pengobatan sang ibu yang sakit keras.
  2. Karena penyakitnya itu, sang ibu hanya bisa berbaring di tempat tidur.
  3. Sang ibu membunyikan lonceng setiap ingin membutuhkan seseorang.
  4. Sang ibu meninggal dunia.
  5. Sejak kematian sang ibu, banyak kejadian menyeramkan di rumah keluarga Rini.
  6. Keresahan semakin memuncak karena sang ayah sedang pergi ke luar kota.
  7. Mereka terus mencari dan menerka, hingga akhirnya mereka menyadari bahwa semua ini berkaitan dengan rahasia besar ibu yang selama ini tak mereka ketahui.


Dengan demikian, tafsiran yang diberikan penulis masing-masing teks tanggapan sangat berbeda. Pada teks (a) tafsiran yang diberikan adalah penjelasan harapan dan tujuan diadakannya festival, sedangkan pada teks (b) tafsiran yang diberikan adalah sinopsis film yang direviu.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rahmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Paragraf kedua dan ketiga pada teks tanggapan di atas menunjukkan bagian...

Pembahasan Soal:

Teks tanggapan adalah teks yang berisi pendapat terhadap segala sesuatu seperti isu lingkungan hidup, kondisi sosial, keragaman budaya, peristiwa, fenomena, ucapan dan perbuatan, atau tentang suatu karya orang lain. Sebagaimana sebuah tanggapan pada umumnya, di dalam sebuah tanggapan terdapat sejumlah informasi, seperti kritik, sanggahan, alasan, saran, maupun pujian.

Berikut struktur teks tanggapan:

  1. Evaluasi: berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan penulis dalam teks.
  2. Deskripsi Teks: informasi tentang data-data dan fakta-fakta untuk mendukung pendapat yang disampaikan dalam teks tanggapan.
  3. Penegasan Ulang: berisi tentang penegasan ulang terhadap apa yang telah diungkapkan dalam deskripsi teks, dan biasanya berisi penilaian akhir terhadap sesuatu.

Paragraf kedua dan ketiga pada teks tanggapan di atas menunjukkan bagian deskripsi teks, karena menjelaskan informasi tentang data-data dan fakta-fakta untuk mendukung pendapat yang disampaikan dalam teks tanggapan. Berdasarkan kutipan berikut:

Paragraf kedua:

Otak tidak dapat bekerja dengan maksimal jika tidak diberi nutrisi dengan baik. Kinerja otak yang tidak baik akan memengaruhi proses belajar. (Fakta)

Paragraf ketiga:

Penelitian menunjukkan siswa yang rutin sarapan memiliki daya ingat dan konsentrasi lebih baik dibanding siswa yang berangkat dari rumah dengan perut kosong. (Fakta)

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.space 

Roboguru

Pernyataan yang benar tentang bentuk teks tanggapan di atas adalah …

Pembahasan Soal:

Teks 1 secara keseluruhan memberikan pujian pada keunggulan buku. Sementara itu, teks 2 awalnya menyebutkan keunggulan, tetapi pada akhirnya apa yang disampaikan adalah kritikan terhadap buku tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

Roboguru

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dan diskusikan hasilnya dengan teman sebangkumu! b. Bagaimana penulis mengevaluasi dan menafsirkan pementasan musik "Janji Toba?''

Pembahasan Soal:

Teks tersebut membahas mengenai salah penampilan drama musikal Janji Toba. Soal tersebut menanyakan mengenai salah satu struktur yang terdapat dalam teks tanggapan, sehingga termasuk ke dalam salah satu bagian dalam teks tanggapan kritis. 

Teks tanggapan merupakan teks yang berisi pendapat, dapat berupa pujian atau kritik terhadap suatu fenomena, peristiwa, karya, ucapan, atau pun perbuatan seseorang. Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari unsur-unsur berikut.

  1. Orientasi adalah gambaran umum tentang hal yang ditanggapi
  2. Evaluasi merupakan penilaian tentang hal yang ditanggapi
  3. Tafsiran berisi penjelasan lebih mendetail dan lengkap mengenai hal yang sedang ditanggapi
  4. Kesimpulan adalah pendapat akhir mengenai hal yang ditanggapi serta pesan dan nilai hal tersebut


Berdasarkan teks tersebut, struktur evaluasi terdapat pada paragraf kedua dan ketiga. Sementara, tafsiran terdapat pada paragraf keempat sampai keenam. Berikut rincian masing-masing struktur teks tersebut.

Evaluasi

Penilaian yang diberikan bermakna positif. Penilaian pada masing-masing paragraf adalah sebagai berikut.

  1. Sebuah drama musikal dari tanah Batak ini berhasil disajikan secara apik oleh penyelenggara acara ternama Banyu Wening Production.
  2. Janji Toba karya anak bangsa yang penuh kreativitas dengan sutradara Paulus Simangunsong ini terbilang cukup sukses...


Tafsiran

Penjelasan mendetail yang terdapat pada teks tersebut membahas mengenai hal yang menarik, sinopsis drama musikal, serta suasana, waktu pementasan, dan harga yang ditawarkan untuk membeli tiket. Berikut kalimat yang mendukung tafsiran tersebut.

  1. ... ada nama seniman senior Indrodjodjo Kusumonegoro atau yang lebih kita kenal sebagai Indro Warkop yang ikut ambil peran dalam drama musikal Janji Toba.
  2. Janji Toba bercerita tentang asal mula sebuah danau yang terletak di Sumatera Utara.
  3. Drama musikal ini berlangsung kurang lebih 2 jam dengan 2 kali waktu pementasan yaitu pada pukul 15.00 dan 20.00 di hari yang sama.


Dengan demikian, evaluasi pementasan musik "Janji Toba" mendapatkan tanggapan positif dari penulis. Sementara, tafsiran yang terdapat dalam teks membahas mengenai hal yang menarik, sinopsis drama musikal, serta suasana, waktu pementasan, dan harga yang ditawarkan untuk membeli tiket. 

Roboguru

Dari keempat kalimat di atas, yang termasuk ke dalam struktur tafsiran (teks tanggapan kritis) dan simpulan (teks diskusi) terdapat pada kalimat nomor ....

Pembahasan Soal:

Teks tanggapan kritis merupakan jenis teks yang digunakan untuk meringkas, menilai, menganalisis, dan menanggapi suatu teks atau permasalahan. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tafsiran adalah penjelasan atau pendapat (tentang suatu kata, kalimat, cerita, dan sebagainya); interpretasi; hasil menafsirkan. Dalam teks tanggapan kritis, tafsiran berisi kritik penulis terhadap suatu hal.

Teks diskusi adalah bahan tertulis sebagai media untuk mencatat hal-hal penting tentang suatu masalah dalam pertemuan ilmiah yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal.

Salah satu struktur teks diskusi adalah simpulan. Simpulan dalam teks diskusi adalah hasil, kesimpulan, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas.

Pada kalimat-kalimat tersebut terdapat kalimat:

  • Menurut pendapat saya, materi-materi yang diajarkan di SMK tidak seluas materi yang diajarkan di SMA.” (tafsiran teks tanggapan kritis)
  • Berangkat dari hal-hal di atas, patut kiranya dikatakan bahwa larangan merokok di tempat umum sebagai upaya menciptakan lingkungan udara yang bersih. (kesimpulan teks diskusi)

 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space  

Roboguru

Hal ini berarti game online sangat berbahaya bagi penggunanya, untuk itu kita perlu menyikapinya dengan sangat bijaksana. Paragraf di atas dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian dari struktur ...

Pembahasan Soal:

Teks tanggapan kritis merupakan teks yang berisi pendapat berupa kritik atau pujian tentang berbagai hal, seperti peristiwa, fenomena, karya, ucapan, atau perbuatan seseorang. 

Struktur teks tanggapan kritis:

  1. Evaluasi: Berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan penulis dalam teks. Struktur ini terdapat pada paragraf pertama teks.
  2. Deskripsi teks: Berisi informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau bahkan melemahkan tanggapan yang disampaikan. Pendapat-pendapat tersebut mulai muncul pada paragraf kedua dan ketiga.
  3. Penegasan ulang: Berisi tentang penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan. Penegasan ulang muncul pada paragraf terakhir.

Cuplikan paragraf  tersebut dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian dari struktur teks  penegasan ulang karena berisi penegasan ulang tentang  game online yang sangat berbahaya bagi penggunanya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved