Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jatuhnya Kota Hiroshima 6 Agustus 1945 diikuti Nagasaki 9 Agustus 1945 menjadikan Jepang makin terdesak. Maka, pada 9 Agustus 1945 tiga tokoh dipanggil ke Dalat. Tokoh tersebut adalah ...

Jatuhnya Kota Hiroshima 6 Agustus 1945 diikuti Nagasaki 9 Agustus 1945 menjadikan Jepang makin terdesak. Maka, pada 9 Agustus 1945 tiga tokoh dipanggil ke Dalat. Tokoh tersebut adalah ...space 

  1. Soekarno, Achmad Subardjo, Hattaspace  

  2. Soekarno, Hatta, Radjiman Wedyodiningratspace 

  3. Hatta, Ki Hajar Dewantara, K.H. Mas Mansyurspace 

  4. Soekarno, Hatta, Ki Hajar Dewantaraspace 

  5. Achmad Subardjo, Radjiman Wedyodiningrat, Muh. Yaminspace 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B. Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: Kehancuran Kota Hiroshima dan Nagasaki telah menjatuhkan semangat dan martabat bangsa Jepang. Mereka tidak dapat menutup mata, bahwa Sekutu lebih unggul dalam persenjataan. Apabila perang dilanjutkan, Jepang akan lebih hancur. Akhirnya, Kaisar Jepang memutuskan untuk menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Penyerahan Jepang kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945 inilah yang menandai berakhirnya Perang Dunia (PD) II.Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki merupakan faktor pemicu Jepang harus menyerah. Bagaimana dengan Indonesia sebagai negara yang diduduki Jepang? Berkaitan dengan keadaan ini, Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 memanggil Sukarno, Moh. Hatta, dan Rajiman Wedyodiningrat untuk pergi ke Dalat, Saigon. Saigon adalah salah satu pusat tentara Jepang. Pada tanggal 12 Agustus 1945, Jenderal Terauchi mengucapkan selamat kepada Sukarno dan Moh.Hatta sebagai ketua dan wakil ketua PPKI. Kemudian Terauchi menegaskan bahwa Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: 

Kehancuran Kota Hiroshima dan Nagasaki telah menjatuhkan semangat dan martabat bangsa Jepang. Mereka tidak dapat menutup mata, bahwa Sekutu lebih unggul dalam persenjataan. Apabila perang dilanjutkan, Jepang akan lebih hancur. Akhirnya, Kaisar Jepang memutuskan untuk menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Penyerahan Jepang kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945 inilah yang menandai berakhirnya Perang Dunia (PD) II. Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki merupakan faktor pemicu Jepang harus menyerah.

Bagaimana dengan Indonesia sebagai negara yang diduduki Jepang? Berkaitan dengan keadaan ini, Jenderal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945 memanggil Sukarno, Moh. Hatta, dan Rajiman Wedyodiningrat untuk pergi ke Dalat, Saigon. Saigon adalah salah satu pusat tentara Jepang. Pada tanggal 12 Agustus 1945, Jenderal Terauchi mengucapkan selamat kepada Sukarno dan Moh.Hatta sebagai ketua dan wakil ketua PPKI. Kemudian Terauchi menegaskan bahwa Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Konsep Kilat Masa Awal Kemerdekaan (NEW!)

Konsep Kilat Revolusi Indonesia (NEW!)

Bedah Tipe Soal Masa Awal Kemerdekaan (NEW!)

Bedah Tipe Soal Revolusi Indonesia (NEW!)

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

46

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor utama pendorong proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ...

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia