Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jasa Thomas Stamford Raffles sebagai ahli Botani adalah...

Jasa Thomas Stamford Raffles sebagai ahli Botani adalah...

  1. menemukan kembali candi Borobudur dari timbunan abu Gunung Merapi

  2. membuat taman nasional Ujung Kulon

  3. merintis berdirinya Kebun Raya Bogor

  4. menulis buku History of Java

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Di bidang sosial dan budaya, kebijakan pemerintah kolonial sangatlah terbatas. Hal ini disebabkan fokus perhatian pemerintah kolonial hanya mengeruk kekayaan Indonesia sebanyak-banyaknya. Kalaupun ada kebijakan dalam bidang sosial budaya, kebijakan itu cenderung mendukung kepentingan ekonomi pemerintah kolonial. Pada masa Raffles, pemerintah kolonial memberi bantuan kepada para ahli pengetahuan, seperti Horsfield, Crawford, dan Mackensie, untuk menyelidiki peninggalan sejarah kuno di Indonesia seperti eksavasi Candi Borobudur. Pemerintah Raffles juga membantu lembaga-lembaga kebudayaan, seperti Bataviaasch Genootschap , untuk memajukan kebudayaannya. Di samping itu, Raffles pun menerbitkan buku yang berjudul History of java pada tahun 1817. Pada era pemerintahan Raffles juga banyak dikembangan ilmu pendidikan dan ekologi, misalnya dengan ditemukannya bunga Rafflesia Arnoldi atau dengan dibangunnya Kebun Raya Bogor sebagai pusat penelitian Botani di Indonesia. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Di bidang sosial dan budaya, kebijakan pemerintah kolonial sangatlah terbatas. Hal ini disebabkan fokus perhatian pemerintah kolonial hanya mengeruk kekayaan Indonesia sebanyak-banyaknya. Kalaupun ada kebijakan dalam bidang sosial budaya, kebijakan itu cenderung mendukung kepentingan ekonomi pemerintah kolonial. Pada masa Raffles, pemerintah kolonial memberi bantuan kepada para ahli pengetahuan, seperti Horsfield, Crawford, dan Mackensie, untuk menyelidiki peninggalan sejarah kuno di Indonesia seperti eksavasi Candi Borobudur. Pemerintah Raffles juga membantu lembaga-lembaga kebudayaan, seperti Bataviaasch Genootschap, untuk memajukan kebudayaannya. Di samping itu, Raffles pun menerbitkan buku yang berjudul History of java pada tahun 1817. Pada era pemerintahan Raffles juga banyak dikembangan ilmu pendidikan dan ekologi, misalnya dengan ditemukannya bunga Rafflesia Arnoldi atau dengan dibangunnya Kebun Raya Bogor sebagai pusat penelitian Botani di Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Latihan Bab

Masa Penjajahan Bangsa Eropa

Perlawanan Terhadap Penjajahan

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buku The History of Java merupakan sebuah karya yang ditulis oleh salah satu Gubernur Jenderal Inggris yang memerintah di Indonesia, yaitu ....

430

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia