Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kebijakan Raffles yang masih digunakan bangsa Indonesia sampai sekarang adalah …

Kebijakan Raffles yang masih digunakan bangsa Indonesia sampai sekarang adalah …

Iklan

I. Agung

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

terdapat beberapa kebiajakan Raffles yang masih digunakan hingga saat ini yaitu.

terdapat beberapa kebiajakan Raffles yang masih digunakan hingga saat ini yaitu.

Iklan

Pembahasan

Pemerintah kolonial Inggrismenduduki Indonesia pada tahun 1811 hingga tahun 1815. Gubernur Jenderal Inggris di IndiaGilbert Elliot Murray Kynynmound, Earl Minto(biasa dikenal dengan namaBaron Minto) menunjukSir Thomas Stamford Rafflessebagai penguasa Indonesia dengan gelar Letnan Gubernur. Sebagai pemimpin pendudukan Inggris di Indonesia. Berikut ini kebijakan Raffles selama di Nusantara. Menghapus tanam paksa dan melarang perdagangan budak. Memberi kebebasan kepada rakyat untuk menentukan tanaman yang ditanam, pemerintah hanya berkewajiban membuat pasar untuk merangsang petani menanam tanaman ekspor yang paling menguntungkan. Menghapus pajak hasil bumi ( contingenten ) dan sistem penyerahan wajib ( verplichte leverantie ) yang sudah diterapkan VOC. Memperkenalkan sistem sewa tanah ( landrent ). Harga sewa ditetapkan pemerintah setelah mempertimbangkan kondisi tanah dan dibayar secara tunai. Ide perubahan ini banyak dipengaruhi oleh keberhasilannya dalam penerapan sistem serupa di India. Pemungutan pajak sewa tanah dilakukan per kepala. Sebelumnya pada masa VOC dikenal pajak kolektif yang artinya tiap desa wajib menyerahkan pajak pada VOC. Di masa Raffles pajak merupakan kewajiban tiap-tiap orang bukan seluruh desa. Bupati diangkat sebagai pegawai pemerintah dan jabatan yang diwariskan secara turun-temurun dihapuskan. Membagi pulau Jawa menjadi 16 keresidenan. Membentuk sistem pemerintahan dan sistem peradilan yang mengacu pada sistem yang dilaksanakan di Inggris. Dengan demikian, terdapat beberapa kebiajakan Raffles yang masih digunakan hingga saat ini yaitu. Sistem penggunaan uang dalam membayar sewa. Pungutan pajak yang dilakukan perorangan. Bupati menjadi pegawai pemerintah.

Pemerintah kolonial Inggris menduduki Indonesia pada tahun 1811 hingga tahun 1815. Gubernur Jenderal Inggris di India Gilbert Elliot Murray Kynynmound, Earl Minto (biasa dikenal dengan nama Baron Minto) menunjuk Sir Thomas Stamford Raffles sebagai penguasa Indonesia dengan gelar Letnan Gubernur. Sebagai pemimpin pendudukan Inggris di Indonesia. Berikut ini kebijakan Raffles selama di Nusantara.

  1. Menghapus tanam paksa dan melarang perdagangan budak.
  2. Memberi kebebasan kepada rakyat untuk menentukan tanaman yang ditanam, pemerintah hanya berkewajiban membuat pasar untuk merangsang petani menanam tanaman ekspor yang paling menguntungkan.
  3. Menghapus pajak hasil bumi (contingenten) dan sistem penyerahan wajib (verplichte leverantie) yang sudah diterapkan VOC.
  4. Memperkenalkan sistem sewa tanah (landrent). Harga sewa ditetapkan pemerintah setelah mempertimbangkan kondisi tanah dan dibayar secara tunai. Ide perubahan ini banyak dipengaruhi oleh keberhasilannya dalam penerapan sistem serupa di India.
  5. Pemungutan pajak sewa tanah dilakukan per kepala. Sebelumnya pada masa VOC dikenal pajak kolektif yang artinya tiap desa wajib menyerahkan pajak pada VOC. Di masa Raffles pajak merupakan kewajiban tiap-tiap orang bukan seluruh desa.
  6. Bupati diangkat sebagai pegawai pemerintah dan jabatan yang diwariskan secara turun-temurun dihapuskan.
  7. Membagi pulau Jawa menjadi 16 keresidenan.
  8. Membentuk sistem pemerintahan dan sistem peradilan yang mengacu pada sistem yang dilaksanakan di Inggris.

Dengan demikian, terdapat beberapa kebiajakan Raffles yang masih digunakan hingga saat ini yaitu.

  1. Sistem penggunaan uang dalam membayar sewa.
  2. Pungutan pajak yang dilakukan perorangan.
  3. Bupati menjadi pegawai pemerintah.

Latihan Bab

Masa Penjajahan Bangsa Eropa

Perlawanan Terhadap Penjajahan

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemerintah Inggris menduduki wilayah Indonesia pada tahun 1811-1815. Meskipun hanya sebentar, kebijakan Gubernur Jenderal Raffles mampu memberikan pengaruh positif bagi Indonesia. Salah satu pengaruh ...

1rb+

3.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia