RoboguruRoboguru
SD

Isilah kolom berikut dengan kata-kata yang menunjukkan hubungan sebab-akibat kategori verba dalam teks “Siklus Hidrologi”.

Pertanyaan

Cermatilah teks berikut!


Siklus Hidrologi

Sumber: http://ga.water.usgs.gov/edu/watercyclebahasahi.html
Gambar. 4.2 Siklus hidrologi

    Jumlah air di alam ini tetap dan mengikuti suatu aliran yang dinamakan “siklus hidrologi”. Siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.
    Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi. Evaporasi bisa terjadi melalui air (sungai, embung, reservoir, waduk, dan air laut) dan tanaman. Tanaman menyerap air melalui akar. Energi panas matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap. Proses pengambilan air oleh akar tanaman dan penguapan dari dalam tanaman disebut transpirasi.
    Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap berubah menjadi air. Temperatur yang berada di bawah titik beku (freezing point) mengakibatkan kristal es terbentuk. Butir-butir air terjadi karena tetesan air kecil (tiny droplet) yang timbul akibat kondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan terbawa oleh gerakan udara. Adanya gravitasi menyebabkan butir-butir air itu turun ke bumi, yang disebut dengan hujan atau presipitasi. Jika temperatur udara turun sampai di bawah 0º Celcius, butiran air akan berubah menjadi salju.
    Ketika sampai ke bumi, air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah. Aliran air ini disebut aliran permukaan tanah karena bergerak di atas muka tanah. Aliran ini akan memasuki daerah tangkapan atau daerah aliran menuju ke sistem jaringan sungai, sistem danau atau waduk. Dalam sistem sungai aliran mengalir mulai dari sistem sungai kecil ke sistem sungai yang besar dan akhirnya menuju mulut sungai atau sering disebut estuary, yaitu tempat bertemunya sungai dengan laut.


(Diolah dari berbagai sumber).space 
 

Isilah kolom berikut dengan kata-kata yang menunjukkan hubungan sebab-akibat kategori verba dalam teks “Siklus Hidrologi”. 

space

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 kata-kata yang menunjukkan hubungan sebab-akibat kategori verba dalam teks “Siklus Hidrologi” yaitu kata 'mengakibatkan' dan 'menyebabkan'.space

Pembahasan

Konjungsi Kausalitas/Sebab Akibat yaitu teks yang disusun berdasarkan hubungan sebab akibat yang menjelaskan mengapa atau bagaimana suatu peristiwa atau fenomena terjadi. Hubungan sebab-akibat juga bisa dinyatakan dengan kata kategori verba, seperti menyebabkan, menimbulkan, mengakibatkan, membuat, menjadikan, dan menyumbang.

Kalimat yang menunjukkan hubungan sebab-akibat kategori verba dalam teks "Siklus Hidrologi" lainnya yaitu :

  1. Temperatur yang berada dibawah titik beku (freezing point) mengakibatkan kristal-kristal es terbentuk. (Konjungsi: Mengakibatkan.) 
  2. Tanaman menyerap air melalui akar. Energi panas matahari menyebabkan air didalam tanaman keluar dengan wujud uap. (Konjungsi: Menyebabkan.)
  3. Adanya gravitasi menyebabkan butir-butir air itu turun ke bumi dan disebut dengan hujan atau presipitasi. (Konjungsi: Menyebabkan.)space
     

Dengan demikian, kata-kata yang menunjukkan hubungan sebab-akibat kategori verba dalam teks “Siklus Hidrologi” yaitu kata 'mengakibatkan' dan 'menyebabkan'.space

30

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Setelah kalian menemukan kata kerja material dalam teks “Siklus Hidrologi”, sekarang tugas kalian adalah menemukan kata kerja relasional yang menunjukkan hubungan sebab-akibat dalam teks yang sama.

16

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia