Iklan

Iklan

Pertanyaan

Induktor berinti udara dirangkai seri denganlampu dan sumber tegangan sinusoidal sehingga medanmagnet pada induktor berubah secara konstan. Setelah lampu menyala, batang besi diselipkandalam induktor sehingga meningkatkan medanmagnet soienoid seperti ditunjukkan pada gambar.Bagaimana pengaruh perlakuan tersebut terhadapnyala lampu?

Induktor berinti udara dirangkai seri dengan lampu dan sumber tegangan sinusoidal sehingga medan magnet pada induktor berubah secara konstan.
 


 

Setelah lampu menyala, batang besi diselipkan dalam induktor sehingga meningkatkan medan magnet soienoid seperti ditunjukkan pada gambar. Bagaimana pengaruh perlakuan tersebut terhadap nyala lampu?

Iklan

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perlakuan tersebut akan membuat nyala lampu semakin terang.

 perlakuan tersebut akan membuat nyala lampu semakin terang.space 

Iklan

Pembahasan

Induksi elektromagnetik adalah gejala timbulnya listrik pada suatu penghantar disebabkan karena pengaruh medan magnet yang berubah-ubah. Gaya gerak listrik yang timbul pada ujung-ujung penghantar akibat perubahan medan magnet disebut dengan gaya gerak listrik induksi. Ggl induksi yang timbul dirumuskan sebagai berikut. ε ε ​ = = = ​ − N △ t △ ϕ ​ − N △ t A △ B ​ − L d t d I ​ ​ dengan ε = ggl induksi (V), A = luas (m 2 ), B = medan magnet (T), L = induktansi diri (H), I = arus (A), dan t = waktu (s). Tanda negatif menunjukkan arah arus induksi, Berdasarkan persamaan di atas, apabila medan magnet meningkat, maka ggl induksi yang timbul juga meningkat. Arus pada rangkaian juga akan semakin besar. Apabila arus pada rangkaian semakin besar, maka lampu akan menyala semakin terang. Dengan demikian,perlakuan tersebut akan membuat nyala lampu semakin terang.

Induksi elektromagnetik adalah gejala timbulnya listrik pada suatu penghantar disebabkan karena pengaruh medan magnet yang berubah-ubah. Gaya gerak listrik yang timbul pada ujung-ujung penghantar akibat perubahan medan magnet disebut dengan gaya gerak listrik induksi. Ggl induksi yang timbul dirumuskan sebagai berikut.

   

dengan   = ggl induksi (V), A = luas (m2), B = medan magnet (T), L= induktansi diri (H), I = arus (A), dan t = waktu (s). Tanda negatif menunjukkan arah arus induksi,

Berdasarkan persamaan di atas, apabila medan magnet meningkat, maka ggl induksi yang timbul juga meningkat. Arus pada rangkaian juga akan semakin besar. Apabila arus pada rangkaian semakin besar, maka lampu akan menyala semakin terang.

Dengan demikian, perlakuan tersebut akan membuat nyala lampu semakin terang.space 

Latihan Bab

Pendahuluan Induksi Elektromagnetik

Tegangan Induksi

Hukum Faraday

Induktansi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

212

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah solenoida yang terdiri dari 500 lilitan panjangnya 8 cm. Bila arus dalam solenoida ini naik dari 0 menjadi 2,5 A dalam waktu 0,35 s, besarnya ggl yang terinduksi adalah 0,05 volt. Carilahindukt...

70

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia