Roboguru

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk keempat terbesar di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat. Menurut Sensus Penduduk 2010, penduduk Indonesia berjumlah 237,6 juta. Jumlah penduduk naik dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 1971. Negara harus memikul beban berat dalam mengelola populasi yang besar dan naiknya angka kelahiran. .... Kalimat yang menyatakan akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...

Pertanyaan

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk keempat terbesar di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat. Menurut Sensus Penduduk 2010, penduduk Indonesia berjumlah 237,6 juta. Jumlah penduduk naik dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 1971. Negara harus memikul beban berat dalam mengelola populasi yang besar dan naiknya angka kelahiran. ....

Kalimat yang menyatakan akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...

  1. Pemerintah mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembangunan

  2. Perekonomian Indonesia tidak mampu mengangkat kesejahteraan rakyat

  3. Pemerintah menggalakkan kembali program KB yang sempat dilupakan

  4. Banyak generasi muda yang dapat dijadikan aset bangsa

  5. Pemerintah bertanggung jawab dalam pengendalian pertambahan penduduk

Pembahasan Soal:

Paragraf di atas membahas banyaknya jumlah penduduk di Indonesia. Banyaknya jumlah penduduk dapat mengakibatkan kesulitan tertentu bagi pemerintah. Seperti yang tertulis pada kalimat empat, kesulitan tersebut adalah beban berat negara dalam mengelola populasi yang besar dan naiknya angka kelahiran. Terlebih lagi, pembangunan negara dapat terhambat karena pertumbuhan penduduk yang semakin membengkak. Pemerintah harus menyesuaikan agenda pembangunan dengan bertambahnya jumlah penduduk. Dapat disimpulkan, kesulitan pemerintah dalam menjalankan pembangunan adalah akibat dari bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia. Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Utami

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 18 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Agar menjadi paragraf yang kohesif, penggunaan konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut Keraf (2001: 87) paragraf kohesif merupakan paragraf yang memiliki kesatuan semua kalimat yang membangunnya secara bersama- sama menyatakan suatu hal atau tema tertentu.

Pada paragraf eksplanasi di atas, konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat nomor 4 adalah oleh karena itu, kata tersebut tepat digunakan karena kalimat nomor 4 bersifat menyimpulkan sesuatu dan kalimat nomor 5 adalah agar,  kata tersebut tepat digunakan karena kalimat nomor 5 memiliki makna tujuan, sehingga menjadi:

  1. Oleh karena itu, kita sudah semestinya membantu menormalkan iklim yang berubah akibat ulah manusia.
  2. Hal ini dilakukan agar anak cucu kita kelak tidak menderita akibat kesalahan yang kita lakukan saat ini.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Roni tidak pernah mengerjakan tugas yang diberikan guru. Dia pun sering terlambat datang ke sekolah. Kalaupun sampai di sekolah, dia sering tidur di kelas. Jika guru menerangkan dia tidak mau mencatat...

Pembahasan Soal:

Paragraf tersebut membahas tentang kemalasan Roni saat belajar di sekolah. Untuk melengkap paragraf di atas, dapat dilihat kalimat sebelumnya yaitu Menjelang ulangan dia akan sibuk meminjam catatan teman-temannya. Itu pun kalau dia ingat akan ada ulangan. Kalimat yang dapat melengkapi paragraf tersebut dapat berupa akibat dari Roni yang tidak ingat jika ada ulangan yaitu ia akan menyontel pekerjaan temannya. Dalam pilihan jawaban tersebut yang merupakan kalimat akibat adalah C. 

0

Roboguru

kalimat yang tepat Untuk melanjutkan teks di atas adalah …

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah paragraf atau teks yang memuat sebuah informasi tentang proses suatu fenomena, baik fenomena alam maupun sains dan kehidupan sosial dan budaya.

Menulis teks eksplanasi biasa menggunakan pola pengembangan, salah satunya adalah pola pengembangan kausalitas. Teks eksplanasi di atas menggunakan pola pengembangan kausalitas, kalimat dua adalah sebab, yaitu Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan dengan Australia.

Sehingga, kalimat yang tepat untuk melanjutkan teks di atas adalah kalimat yang merupakan sebab. Kalimat Karenanya terdapat kemiripan spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah Indonesia bagian timur dengan wilayah Australia, merupakan kalimat sebab, ditandai konjungsi karena.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses "mengapa" dan "bagaimana" kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Suatu kejadian baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

Salah satu pola pengembangan dalam teks eksplanasi adalah adanya penggunaan paragraf sebab akibat, yaitu salah satu paragraf yang pengembangannya dari pola pikir paragraf induktif dimana kalimat utama diletakkan di akhir paragraf atau sering disebut juga dengan kesimpulan.

Pada paragraf sebab akibat ini, biasanya diawali dengan kalimat-kalimat khusus yang merupakan sebab lalu pada bagian akhir paragraf disimpulkan ke dalam kalimat umum yang merupakan akibat.

Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah pilihan E yang berbunyi "Selokan itu menjadi kotor, penuh sampah, dan berbau menyengat." karena merupakan kalimat akibat yang berkesinambungan dengan kalimat sebelumnya, yaitu "Namun, kenyataannya selokan itu juga dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga yang bermukim di sepanjang selokan tersebut. Tidak ada kesadaran mereka untuk memelihara dan membersihkannya."


Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

0

Roboguru

Mengapa terjadinya tsunami? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Struktur teks eksplanasi yaitu: 

  1. Pernyataan Umum
    Di bagian pernyataan umum ini, sebuah teks eksplanasi menjelaskan tentang gambaran umum fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. 
  2. Urutan Sebab Akibat
    Setelah mengetahui secara umum fenomena yang akan dibahas, pada bagian ini dijelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. 
  3. Interpretasi
    Interpretasi dalam teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai penarikan kesimpulan. 

Paragraf di atas merupakan bagian penutup dari teks eksplanasi tentang tsunami, sedangkan proses terjadinya tsunami terdapat pada bagian urutan sebab-akibat. Berikut penjelasan mengapa tsunami bisa terjadi?

Tsunami bisa terjadi karena dasar laut mengalami kerusakan bentuk dan secara vertikal mengubah posisi air yang datar. Gerakan vertikal yang besar dari patahan bumi dapat terjadi pada lapisan bumi. Gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami. Patahan dasar laut menyebabkan equalibrum air menjadi terganggu. Semakin besar daerah patahan yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang di hasilkan. Gelombang besar yang mengalir deras ke daratan inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.

Dengan demikian, tunami terjadi karena adanya gempa bumi di dasar laut. Gempa bumi tersebut menghasilkan gelombang besar yang membanjiri daratan.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved