Roboguru

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah ...

Pertanyaan

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah ...

  1. Sebaiknya warga sekitar selokan diimbau agar tidak mengotori selokan itu

  2. Pemerintah setempat wajib menyadarkan warga sekitar selokan

  3. Hargailah jasa orang-orang yang telah membangun selokan tersebut

  4. Selokan yang kotor merugikan petani yang memanfaatkan air selokan itu

  5. Selokan itu menjadi kotor, penuh sampah, dan berbau menyengat

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses "mengapa" dan "bagaimana" kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Suatu kejadian baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

Salah satu pola pengembangan dalam teks eksplanasi adalah adanya penggunaan paragraf sebab akibat, yaitu salah satu paragraf yang pengembangannya dari pola pikir paragraf induktif dimana kalimat utama diletakkan di akhir paragraf atau sering disebut juga dengan kesimpulan.

Pada paragraf sebab akibat ini, biasanya diawali dengan kalimat-kalimat khusus yang merupakan sebab lalu pada bagian akhir paragraf disimpulkan ke dalam kalimat umum yang merupakan akibat.

Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah pilihan E yang berbunyi "Selokan itu menjadi kotor, penuh sampah, dan berbau menyengat." karena merupakan kalimat akibat yang berkesinambungan dengan kalimat sebelumnya, yaitu "Namun, kenyataannya selokan itu juga dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga yang bermukim di sepanjang selokan tersebut. Tidak ada kesadaran mereka untuk memelihara dan membersihkannya."


Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Musuh kita saat beristirahat di kamar tidur bukan hanya nyamuk. Kutu busuk juga menjadi musuh yang harus diusir dan dicegah agar tidak mengganggu istirahat kita. Kutu busuk pandai menyembunyikan diri....

Pembahasan Soal:

Simpulan merupakan kalimat yang merupakan hasil akhir dari peristiwa-peristiwa yang dibahas dalam sebuah teks. Teks tersebut membahas keberadaan kutu busuk yang dapat mengganggu kita. Penulis dalam tulisannya ingin mengajak pembaca agar memiliki kesadaran akan pentingnya hidup sehat dengan membersihkan tempat tidur agar terhindar dari kutu busuk. Dengan demikian, kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf adalah "Oleh karena itu, membersihkan tempat tidur harus menjadi agenda rutin demi kesehatan tubuh kita." Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Urutan kalimat tersebut yang tepat adalah ….

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan proses 'mengapa' dan 'bagaimana' kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi.

Urutan kalimat tersebut yang tepat adalah (4), (3), (2), (1).

Urutan tersebut yaitu diawali dengan definisi gempa (4) gempa bumi adalah getaran yang terjadi karena pergerakan lapisan bumi, setelah itu dilanjutkan dengan lokasi rawan gempa (3) gempa bumi sering terjadi di daerah gunung yang berapi, kemudian dilanjutkan dengan pernyataan hal yang perlu dilakukan penduduk yang berada di wilayah rawan gempa  (2) penduduk dekat gunung berapi harus selalu waspada, diakhiri dengan tujuan dari kewaspadaan tersebut 1) agar selalu terhindar dari bencana alam gempa bumi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Tuliskan teks eksplanasi dengan menentukan satu topik menarik di sekitar Anda. Anda boleh memilih fenomena yang akan dijelaskan, yaitu fenomena sosial ataukah fenomena alam.

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi menjelaskan proses (bagaimana) dan sebab (mengapa) terjadinya suatu peristiwa atau fenomena, baik alam maupun sosial. Aspek-aspek yang dijelaskan saling memenuhi dan menunjukkan hubungan kausalitas. Langkah-langkah memproduksi teks eksplanasi adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan topik teks yang menarik.
  2. Membuat rancangan atau kerangka teks.
  3. Mengumpulkan referensi untuk mendukung penjelasan.
  4. Mengembangkan teks dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. Struktur teks eksplanasi terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi, dan simpulan. Sedangkan, kebahasaan dalam teks eksplanasi terdapat keta kerja pasif, kopula, kata ganti benda, konjungsi temporal, konjungsi kausalitas, keterangan waktu, dan istilah-istilah keilmiahan.
  5. Menyunting teks.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam membuat teks eksplanasi, yakni memiliki wawasan yang luas agar dapat menyajikan penjelasan yang terperinci dan mendalam.

Dengan demikian, buatlah teks eksplanasi mengenai fenomena banjir, misalnya. Fenomena banjir bisa berkaitan dengan fenomena alam dan fenomena sosial. Tuliskan teks eksplanasi sesuai dengan ketentuan tersebut atau seperti pada kerangka berikut.

  1. Judul: Terjadinya Banjir, Anda bisa memilih judul yang lebih menarik lagi.
  2. Pernyataan umum: berilah penjelasan awal tentang definisi banjir.
  3. Deretan penjelas: uraikanlah lebih terperinci mengapa banjir bisa terjadi.
  4. Interpretasi: kemukakanlah hasil tafsiran Anda secara objektif yang berdasarkan pada teori mengenai fenomena banjir, misalnya tentang kelakuan masyarakat yang membuang sampah sembarangan sebagai salah satu penyebab banjir.
  5. Simpulan: bagian ini bersifat opsional, Anda bisa menguraikan kembali seluruh isi teks secara lebih singkat.space  

0

Roboguru

Perhatikan kerangka teks eksplanasi berikut!   Proses terjadinya gempa bumi Penyebab terjadinya gempa bumi Definisi gempa bumi Akibat gempa bumi Simpulan terjadinya gempa bumi Jika dikemban...

Pembahasan Soal:

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

1

Roboguru

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk keempat terbesar di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat. Menurut Sensus Penduduk 2010, penduduk Indonesia berjumlah 237,6 juta. Jumlah pen...

Pembahasan Soal:

Paragraf di atas membahas banyaknya jumlah penduduk di Indonesia. Banyaknya jumlah penduduk dapat mengakibatkan kesulitan tertentu bagi pemerintah. Seperti yang tertulis pada kalimat empat, kesulitan tersebut adalah beban berat negara dalam mengelola populasi yang besar dan naiknya angka kelahiran. Terlebih lagi, pembangunan negara dapat terhambat karena pertumbuhan penduduk yang semakin membengkak. Pemerintah harus menyesuaikan agenda pembangunan dengan bertambahnya jumlah penduduk. Dapat disimpulkan, kesulitan pemerintah dalam menjalankan pembangunan adalah akibat dari bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia. Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved