Roboguru

Pertanyaan

Indonesia memilih bersikap netral dan tidak mencampuri urusan dalam negeri-negara lain. Pernyataan tersebut sesuai pelaksanaan politik luar negeri Indonesia, yaitu ....

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

  bersikap netral dan tidak mencampuri urusan dalam negeri-negara lain merupakan bentuk dari politik luar negeri Indonesia, yaitu politik bebas aktif.

Pembahasan

Dalam pergaulan internasional, Indonesia menerapkan politik luar negeri bebas aktif. Politik luar negeri bebas aktif merupakan cara Indonesia menempatkan diri dalam kerja sama dengan negara-negara lain. Dalam politik luar negeri bebas aktif, Indonesia tidak hanya bersikap netral, tetapi juga aktif dalam upaya menciptakan perdamaian dunia. Upaya ini ditunjukkan dengan bebas menjalin persahabatan ataupun interaksi dengan semua negara atas dasar saling menghargai. 

Dengan demikian,  bersikap netral dan tidak mencampuri urusan dalam negeri-negara lain merupakan bentuk dari politik luar negeri Indonesia, yaitu politik bebas aktif.

69

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Dalam sidang Badan Pekerja KNIP di Yogyakarta pada 2 September 1948 Mohammad Hatta menyampaikan pidato berjudul "Mendayung Antara Dua Karang". Melalui pidato tersebut, Mohammad Hatta menegaskan bahwa ...

134

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia