Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ikatan yang terdapat dalam aluminium klorida ( AlCl 3 ​ ) danfosfina ( PH 3 ​ ) adalah kovalen, Tentukan bentuk molekul aluminium klorida. Tentukan bentuk molekul fosfina. Apakah bentuk melokul keduanya sama? Jika berbeda apapenyebabnya?

Ikatan yang terdapat dalam aluminium klorida () dan fosfina () adalah kovalen, 

  1. Tentukan bentuk molekul aluminium klorida.
  2. Tentukan bentuk molekul fosfina.
  3. Apakah bentuk melokul keduanya sama? Jika berbeda apa penyebabnya?

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

bentuk molekul AlCl 3 ​ adalah segitiga sama sisi; bentuk molekul PH 3 ​ adalahpiramida trigonal; bentuk keduanya berbeda karena PH 3 ​ memiliki 1 PEB sedangkan AlCl 3 ​ tidak.

bentuk molekul  adalah segitiga sama sisi; bentuk molekul  adalah piramida trigonal; bentuk keduanya berbeda karena  memiliki 1 PEB sedangkan  tidak.

Iklan

Pembahasan

Dalam penentuan bentuk geometri molekul, diperlukan struktur lewis dari senyawa tersebut untuk menentukan jumlah PEI dan PEB. PEI adalah pasangan elektron yang digunakan untuk berikatan sedangkan PEB adalah pasangan elektron bebas yang tidak digunakan untuk berikatan. Rumus umum tipe molekul adalah AXE ,dengan A adalah atom pusat X jumlah PEI dan E jumlah PEB. Untuk mengetahui bentuk molekul AlCl 3 ​ dan PH 3 ​ maka perlu menentukan struktur lewis dari molekul-molekul tersebut. Konfigurasi elektron Al, Cl, Pdan H 13 ​ Al = 2 8 3 (elektron valensi 3) 17 ​ Cl = 2 8 7 (elektron valensi 7) 1 ​ H = 1 (elektron valensi 1) 15 ​ P = 2 8 5 (elektron valensi 5) a. Bentuk molekul AlCl 3 ​ Menentukan struktur lewis AlCl 3 ​ : AlCl 3 ​ memiliki 3 PEI (dot berwarna biru) dan tidak memiliki PEB, sehingga tipe molekulnya adalah AX 3 ​ dan bentuk molekulnya adalah segitiga sama sisi. b. Bentuk molekul PH 3 ​ Menentukan struktur lewis PH 3 ​ : PH 3 ​ memiliki 3 PEI (dot berwarna biru) dan 1PEB (dot berwarna merah), sehingga tipe molekulnya adalah AX 3 ​ E dan bentuk molekulnya adalah piramida trigonal. c. Struktur keduanya berbeda karena memiliki tipe molekul yang berbeda. Tipe molekul memiliki rumus umum AXE ,dengan A adalah atom pusat X jumlah PEI dan E jumlah PEB. Seperti yang telah digambarkan pada struktur lewis AlCl 3 ​ memiliki 3 PEI dan tidak memiliki PEB; sedangkan PH 3 ​ memiliki 3 PEI dan 1 PEB. Ada tidaknya PEB iitulah yang menyebabkan bentuk molekul AlCl 3 ​ dan PH 3 ​ berbeda. PEB memiliki gaya tolak menolak lebih besar daripada PEI sehingga PEB menempati ruang yang lebih luas daripada PEI. Jadi, bentuk molekul AlCl 3 ​ adalah segitiga sama sisi; bentuk molekul PH 3 ​ adalahpiramida trigonal; bentuk keduanya berbeda karena PH 3 ​ memiliki 1 PEB sedangkan AlCl 3 ​ tidak.

Dalam penentuan bentuk geometri molekul, diperlukan struktur lewis dari senyawa tersebut untuk menentukan jumlah PEI dan PEB. PEI adalah pasangan elektron yang digunakan untuk berikatan sedangkan PEB adalah pasangan elektron bebas yang tidak digunakan untuk berikatan. Rumus umum tipe molekul adalah , dengan A adalah atom pusat X jumlah PEI dan E jumlah PEB.

Untuk mengetahui bentuk molekul  dan  maka perlu menentukan struktur lewis dari molekul-molekul tersebut.

Konfigurasi elektron Al, Cl, P dan H

 (elektron valensi 3)

 (elektron valensi 7)

 (elektron valensi 1)

 (elektron valensi 5)

a. Bentuk molekul 

Menentukan struktur lewis :

 memiliki 3 PEI (dot berwarna biru) dan tidak memiliki PEB, sehingga tipe molekulnya adalah  dan bentuk molekulnya adalah segitiga sama sisi.

b. Bentuk molekul 

Menentukan struktur lewis :



 memiliki 3 PEI (dot berwarna biru) dan 1 PEB (dot berwarna merah), sehingga tipe molekulnya adalah  dan bentuk molekulnya adalah piramida trigonal.

c. Struktur keduanya berbeda karena memiliki tipe molekul yang berbeda.

Tipe molekul memiliki rumus umum ,  dengan A adalah atom pusat X jumlah PEI dan E jumlah PEB. Seperti yang telah digambarkan pada struktur lewis  memiliki 3 PEI dan tidak memiliki PEB; sedangkan  memiliki 3 PEI dan 1 PEB. Ada tidaknya PEB iitulah yang menyebabkan bentuk molekul  dan  berbeda. PEB memiliki gaya tolak menolak lebih besar daripada PEI sehingga PEB menempati ruang yang lebih luas daripada PEI.

Jadi, bentuk molekul  adalah segitiga sama sisi; bentuk molekul  adalah piramida trigonal; bentuk keduanya berbeda karena  memiliki 1 PEB sedangkan  tidak.

Latihan Bab

Pendahuluan Ikatan Kimia

Teori Ikatan Lewis

Ikatan Ion

Ikatan Kovalen

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dengan menggunakan teori domain elektron, ramalkan bentuk geometri molekul/ion di bawah ini. (Gunakan bantuan tabel periodik unsur.) AsF 5 ​

308

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia