Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perkirakan bentuk molekul senyawaberikut berdasarkan teori domain elektron (nomor atom masing-masing unsur bisa dilihat di tabel periodik unsur). BeCl 2 ​

Perkirakan bentuk molekul senyawa berikut berdasarkan teori domain elektron (nomor atom masing-masing unsur bisa dilihat di tabel periodik unsur).

space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

bentuk molekul BeCl 2 ​ adalah linear.

bentuk molekul  adalah linear.space

Iklan

Pembahasan

Bentuk molekul dapat diketahui dengan teori VSEPR dan teori domain elektron. Pada teori domain elektron yang dilakukan untuk mengetahui bentuk molekul adalah dengan menentukan domain elektron ikatan dan domain elektron bebas. Ikatan kovalen tunggal, ranggap dua, dan rangkap tiga dianggap sebagai satu domain elektron ikatan, sedangkan 1 pasangan elektron bebas dianggap sebagai satu domain elektron bebas. Untuk menentukan hal tersebut maka langkahnya adalah sebagai berikut. Langkah 1. Menuliskan konfigurasi elektron untuk setiap unsur. 4 ​ Be = 1 s 2 2 s 2 17 ​ Cl = [ Ne ] 3 s 2 3 p 5 Langkah 2. Menggambarkan struktur lewis untuk molekul BeCl 2 ​ Pada molekul tersebut, elektron valensi untuk Beadalah 2 sedangkan Cl adalah 7, Be seharusnyaakan melepaskan 2buah elektron untuk memenuhi aturan duplet, tetapi pada molekul ini terjadi pengecualian aturan oktet/duplet sehingga khusus untuk Be pada senyawa BeCl 2 ​ tidak memilki elektron valensi 2 atau 8 setelah berikatan denganCl akan membutuhkan 1 elektron.Meskipun tidak memenuhi aturan oktet/duplet pada kenyataannya molekul ini tetap ada dengan ikatan kovalen sehinggastrukturlewisnya adalah: Langkah 3. Menentukan jumlah domain elektron ikatan dan domain elektron bebas pada atom pusat Berdasarkan gambaran tersebut, terdapat 2Domain Elektron Ikatan yang ditandai dengan pasangan elektron yang disimbolkan dengan titik dan silang. Sedangkan Domain Elektron Bebas pada atom pusattidak ada pada molekul ini. Langkah 4 . Menentukan rumus domain ikatan dan bentuk molekul. Rumus domain ikatan dituliskan dengan format AX n ​ E m ​ dengan keterangan: A = simbol atom pusat X = simbol domain elektron ikatan n = jumlah domain elektron ikatan E =simbol domain elektron bebas m =jumlah domain elektron bebas Sehingga rumus domain elektronnya adalah AX 2 ​ E 0 ​ ,domain elektron tersebut bentuk molekulnya adalah linear . Jadi, bentuk molekul BeCl 2 ​ adalah linear.

Bentuk molekul dapat diketahui dengan teori VSEPR dan teori domain elektron. Pada teori domain elektron yang dilakukan untuk mengetahui bentuk molekul adalah dengan menentukan domain elektron ikatan dan domain elektron bebas. Ikatan kovalen tunggal, ranggap dua, dan rangkap tiga dianggap sebagai satu domain elektron ikatan, sedangkan 1 pasangan elektron bebas dianggap sebagai satu domain elektron bebas. Untuk menentukan hal tersebut maka langkahnya adalah sebagai berikut.

Langkah 1. Menuliskan konfigurasi elektron untuk setiap unsur.



Langkah 2. Menggambarkan struktur lewis untuk molekul 

Pada molekul tersebut, elektron valensi untuk Be adalah 2 sedangkan Cl adalah 7, Be seharusnya akan melepaskan 2 buah elektron untuk memenuhi aturan duplet, tetapi pada molekul ini terjadi pengecualian aturan oktet/duplet sehingga khusus untuk Be pada senyawa tidak memilki elektron valensi 2 atau 8 setelah berikatan dengan Cl akan membutuhkan 1 elektron. Meskipun tidak memenuhi aturan oktet/duplet pada kenyataannya molekul ini tetap ada dengan ikatan kovalen sehingga struktur lewisnya adalah:



Langkah 3. Menentukan jumlah domain elektron ikatan dan domain elektron bebas pada atom pusat

Berdasarkan gambaran tersebut, terdapat 2 Domain Elektron Ikatan yang ditandai dengan pasangan elektron yang disimbolkan dengan titik dan silang. Sedangkan Domain Elektron Bebas pada atom pusat tidak ada pada molekul ini.

Langkah 4. Menentukan rumus domain ikatan dan bentuk molekul.

Rumus domain ikatan dituliskan dengan format



dengan keterangan:

A = simbol atom pusat
X = simbol domain elektron ikatan 
n = jumlah domain elektron ikatan
E = simbol domain elektron bebas
m = jumlah domain elektron bebas

Sehingga rumus domain elektronnya adalah , domain elektron tersebut bentuk molekulnya adalah linear.

Jadi, bentuk molekul  adalah linear.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dengan menggunakan teori domain elektron, ramalkan bentuk geometri molekul/ion di bawah ini. (Gunakan bantuan tabel periodik unsur.) AsF 5 ​

6

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia