Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikiut ini!


    Seekor anjing yang berjalan sambil menggigit seonggok daging segar yang cukup besar. Ia sangat senang dengan daging segar yang cukup besar. Ia sangat senang dengan daging yang ada di dalam gigitannya itu.
    Di tengah jalan, ia menyusuri sebuah sungai dan tak sengaja melihat bayangan di sungai. Ia memandangi ada sosok seekor anjing yang juga sedang menggigit seonggok daging yang nampak lebih besar di mulutnya. Tanpa menyadari bahwa sosok di sungai itu adalah bayangan dari dirinya sendiri, dengan serakahnya, ia meraih daging yang ada di mulut bayangannnya sendiri.
    Tak heran jika ia harus kehilangan dagingnya yang tercebur ke dalam sungai. Karena keserakahannnya, ia sendiri harus merugi dan tidak jadi menikmati daging segar yang tadinya sudah ada di dalam gigitan mulutnya.space 

Identifikasilah teks fiksi di atas berdasarkan strukturnya!

Identifikasilah teks fiksi di atas berdasarkan strukturnya!space 

Iklan

N. Fatimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Jawaban

teks tersebut terdiri dari 5 bagian yaitu orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda.

teks tersebut terdiri dari 5 bagian yaitu orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda.space 

Iklan

Pembahasan

Cerita fiksi adalah sebuah karya satra yang bersifat imajinasi atau khayalan dari penulis dan bukan kejadian yang sebenarnya.Cerita fisksi memiliki struktur sebagai berikut Abstrak. Yaitu bagian yang berisi sebuah cerita singkat dari cerita keseluruhan atau berisi cerita inti sebuah teks cerita fiksi. Bagian ini bersifat opsional, boleh ada boleh tidak. Orientasi. Bagian ini menjelaskan tentang tema, latar belakang tema, serta tokoh dalam novel. Bagian ini biasanya terletak pada bagian awal cerita dan menjadi penjelas dari cerita fiksi dalam novel. Komplikasi. Bagian yang berisi tentang permasalahan-permasalahan yang mulai dihadapi para tokoh dalam cerita. Evaluasi. Yaitu bagian dari cerita yang berisi tentang pembahasan pemecahan atau penyelesaian masalah yang dihadapi para tokoh, namun belum berakhir. Resolusi. Yaitu bagian yang berisi inti pemecahan masalah dari masalah yang dihadapi para tokoh. Koda (reorientasi). Yaitu bagian yang berisi amanat cerita atau pesan moral yang dipetik dari cerita fiksi. Hasil identifikasi struktur dari teks fiksi di atas sebagai berikut. Bagian abstrak Tidak terdapat abstrak pada teks di atas. Bagian orientasi Seekor anjing yang berjalan sambil menggigit seonggok daging segar yang cukup besar. Ia sangat senang dengan daging segar yang cukup besar. Ia sangat senang dengan daging yang ada di dalam gigitannya itu. Bagian komplikasi Di tengah jalan, ia menyusuri sebuah sungai dan tak sengaja melihat bayangan di sungai. Ia memandangi ada sosok seekor anjing yang juga sedang menggigit seonggok daging yang nampak lebih besar di mulutnya. Bagian evaluasi Tanpa menyadari bahwa sosok di sungai itu adalah bayangan dari dirinya sendiri, dengan serakahnya, ia meraih daging yang ada di mulut bayangannnya sendiri. Bagian resolusi Tak heran jika ia harus kehilangan dagingnya yang tercebur ke dalam sungai. Bagian koda Karena keserakahannnya, ia sendiri harus merugi dan tidak jadi menikmati daging segar yang tadinya sudah ada di dalam gigitan mulutnya. Jadi, teks tersebut terdiri dari 5 bagian yaitu orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda .

Cerita fiksi adalah sebuah karya satra yang bersifat imajinasi atau khayalan dari penulis dan bukan kejadian yang sebenarnya. Cerita fisksi memiliki struktur sebagai berikut

  1. Abstrak. Yaitu bagian yang berisi sebuah cerita singkat dari cerita keseluruhan atau berisi cerita inti sebuah teks cerita fiksi. Bagian ini bersifat opsional, boleh ada boleh tidak.
  2. Orientasi. Bagian ini menjelaskan tentang tema, latar belakang tema, serta tokoh dalam novel. Bagian ini biasanya terletak pada bagian awal cerita dan menjadi penjelas dari cerita fiksi dalam novel.
  3. Komplikasi. Bagian yang berisi tentang permasalahan-permasalahan yang mulai dihadapi para tokoh dalam cerita.
  4. Evaluasi. Yaitu bagian dari cerita yang berisi tentang pembahasan pemecahan atau penyelesaian masalah yang dihadapi para tokoh, namun belum berakhir.
  5. Resolusi. Yaitu bagian yang berisi inti pemecahan masalah dari masalah yang dihadapi para tokoh.
  6. Koda (reorientasi). Yaitu bagian yang berisi amanat cerita atau pesan moral yang dipetik dari cerita fiksi.

Hasil identifikasi struktur dari teks fiksi di atas sebagai berikut.

  1. Bagian abstrak
    Tidak terdapat abstrak pada teks di atas.
  2. Bagian orientasi
    Seekor anjing yang berjalan sambil menggigit seonggok daging segar yang cukup besar. Ia sangat senang dengan daging segar yang cukup besar. Ia sangat senang dengan daging yang ada di dalam gigitannya itu.
  3. Bagian komplikasi
    Di tengah jalan, ia menyusuri sebuah sungai dan tak sengaja melihat bayangan di sungai. Ia memandangi ada sosok seekor anjing yang juga sedang menggigit seonggok daging yang nampak lebih besar di mulutnya.
  4. Bagian evaluasi
    Tanpa menyadari bahwa sosok di sungai itu adalah bayangan dari dirinya sendiri, dengan serakahnya, ia meraih daging yang ada di mulut bayangannnya sendiri.
  5. Bagian resolusi
    Tak heran jika ia harus kehilangan dagingnya yang tercebur ke dalam sungai.
  6. Bagian koda
    Karena keserakahannnya, ia sendiri harus merugi dan tidak jadi menikmati daging segar yang tadinya sudah ada di dalam gigitan mulutnya.

Jadi, teks tersebut terdiri dari 5 bagian yaitu orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Cerita Pendek

Unsur Intrinsik Teks Cerita Pendek

Unsur Ekstrinsik Teks Cerita Pendek

Kebahasaan Teks Cerita Pendek

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

34

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tahapan alur penggalan novel di atas adalah ....

7rb+

4.7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia