Pertanyaan

Baca cerita fantasi berikut ini dengan saksama!


Kisah Pemburu dan Anjingnya

    Hiduplah seorang pemburu dengan anjingnya yang setia bernama Berto. Anjing tersebut sangat setia kepada tuannya senang maupun susah. Pada pagi hari yang cerah, sang pemburu pergi ke hutan dengan membawa tombak untuk berburu rusa, Berto pun mengikuti pemburu tersebut ke hutan untuk membantunya. Mereka berjalan ke mana pun sampai ke tengah hutan dan akhirnya mereka menemukan rusa, mereka diam-diam mendekat dan melempar tombak tersebut. Mereka berhasil menangkap rusa tersebut dan membawanya menuju desa.

    Ketika kembali ke desa, mereka bertemu dengan seekor beruang besar yang lapar. Beruang tersebut berlari menuju pemburu untuk dijadikan mangsanya, dengan cepat sang pemburu melindungi diri dengan tombaknya. Berto tidak tinggal diam, dengan cepat Berto berlari menuju beruang tersebut dan menggigit beruang tersebut dengan keras, namun beruang tersebut menghiraukannya. Saat pemburu menahan serangan beruang tersebut, tombak tersebut patah karena tak dapat menahan beruang tersebut. Sang pemburu segera mencari senjata dan menemukan batu yang berada di belakangnya untuk melindungi diri dari serangan beruang tersebut.

    Di sisi lain, Berto yang sedang berusaha untuk melindungi tuannya, ia tiba-tiba terlempar menuju semak-semak karena pukulan beruang, Berto akhirnya terjatuh dan secara tidak sengaja, ia menemukan sebuah pedang, Berto menggigit pedang tersebut dan berlari menuju tuannya yang sedang berusaha melindungi diri dari beruang. Berto menggigit pedang tersebut dan memberikan pedang tersebut kepada sang pemburu. Sang pemburu mengambil pedang tersebut dari anjingnya, Berto dan langsung mengayunkan pedang tersebut ke arah beruang.

    "WUUUSH ... "

    Seketika beruang tersebut mati karena serangan pedang dari pemburu tersebut. Sang pemburu sangat Lelah, begitu juga dengan Berto, mereka beristirahat sejenak di bawah pohon yang rindang. Ketika hari menjelang malam, sang pemburu segera pulang dengan membawa beruang tersebut untuk dijual di pasar nanti. Ia bahagia mempunyai anjing yang sangat setia padanya.

(Sumber: cerita karangan Wira Arya Yudhayana yang dimuat di http://cerpenmu.com/cerpen-fantasi-fiksi/kisah-pemburu-dan-anjingnya.html)space 

Identifikasi kata ganti-kata ganti pada teks di atas! Sebutkan pula menggantikan subjek atau objek apa kata ganti tersebut! Kerjakan di kertas terpisah!

Identifikasi kata ganti-kata ganti pada teks di atas! Sebutkan pula menggantikan subjek atau objek apa kata ganti tersebut! Kerjakan di kertas terpisah!space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kata ganti yang terdapat pada cerita fantasi di atas antara lain -nya, mereka , dan ia . Kata ganti tersebut termasuk jenis kata ganti kepemilikan dan kata ganti orang. Kata ganti tersebut menggantikan subjek Berto dan sang pemburu.

kata ganti yang terdapat pada cerita fantasi di atas antara lain -nya, mereka, dan ia. Kata ganti tersebut termasuk jenis kata ganti kepemilikan dan kata ganti orang. Kata ganti tersebut menggantikan subjek Berto dan sang pemburu.space 

Pembahasan

Cerita fantasi merupakan sebuah karangan yang bersifat imajinatif dan ditandai dengan penokohan, setting, maupun konflik yang tidak realistis. Kata ganti atau pronomina merupakan salah satu kaidah kebahasaan yang digunakan dalam cerita fantasi. Kata ganti dapat dibedakan menjadi kata ganti orang seperti, aku, dia, kita, kamu; kata ganti petunjuk, seperti itu, ini, sana, sini, situ, ke sana, ke sini, ke situ, di sana, di sini, di situ ; kata ganti penanya, seperti apa, kapan, mengapa, siapa, (di, ke, dari) mana, berapa , bagaimana ; kata ganti kepunyaan, seperti -ku, -mu, -nya, kami, mereka. Pada cerita fantasi di atas dapat ditemukan penggunaan kata ganti, di antaranya menghiraukannya, mereka, ia . Ketiga kata ganti tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikut: Menghiraukannya Berto tidak tinggal diam, dengan cepat Berto berlari menuju beruang tersebut dan menggigit beruang tersebut dengan keras, namun beruang tersebut menghiraukan nya .(paragraf 2) Kata -nya merupakan jenis kata ganti kepemilikan. Kata tersebut menggantikan Berto. Mereka Sang pemburu sangat Lelah, begitu juga dengan Berto, mereka beristirahat sejenak di bawah pohon yang rindang . (paragraf 5) Kata mereka merupakan jenis kata ganti orang. Kata tersebut menggantikan subjek sang pemburu dan Berto. Ia Di sisi lain, Berto yang sedang berusaha untuk melindungi tuannya, ia tiba-tiba terlempar menuju semak-semak (paragraf 3) Kata ia merupakan jenis kata ganti orang. Kata tersebut menggantikan subjek Berto. Dengan demikian, kata ganti yang terdapat pada cerita fantasi di atas antara lain -nya, mereka , dan ia . Kata ganti tersebut termasuk jenis kata ganti kepemilikan dan kata ganti orang. Kata ganti tersebut menggantikan subjek Berto dan sang pemburu.

Cerita fantasi merupakan sebuah karangan yang bersifat imajinatif dan ditandai dengan penokohan, setting, maupun konflik yang tidak realistis.

Kata ganti atau pronomina merupakan salah satu kaidah kebahasaan yang digunakan dalam cerita fantasi. Kata ganti dapat dibedakan menjadi kata ganti orang seperti, aku, dia, kita, kamu; kata ganti petunjuk, seperti itu, ini, sana, sini, situ, ke sana, ke sini, ke situ, di sana, di sini, di situkata ganti penanya, seperti apa, kapan, mengapa, siapa, (di, ke, dari) mana, berapabagaimana; kata ganti kepunyaan, seperti  -ku, -mu, -nya, kami, mereka. 

Pada cerita fantasi di atas dapat ditemukan penggunaan kata ganti, di antaranya menghiraukannya, mereka, ia. Ketiga kata ganti tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikut:

  1. Menghiraukannya
    Berto tidak tinggal diam, dengan cepat Berto berlari menuju beruang tersebut dan menggigit beruang tersebut dengan keras, namun beruang tersebut menghiraukannya. (paragraf 2)
    Kata -nya merupakan jenis kata ganti kepemilikan. Kata tersebut menggantikan Berto.
  2. Mereka
    Sang pemburu sangat Lelah, begitu juga dengan Berto, mereka beristirahat sejenak di bawah pohon yang rindang. (paragraf 5)
    Kata mereka merupakan jenis kata ganti orang. Kata tersebut menggantikan subjek sang pemburu dan Berto.
  3. Ia
    Di sisi lain, Berto yang sedang berusaha untuk melindungi tuannya, ia tiba-tiba terlempar menuju semak-semak (paragraf 3)
    Kata ia merupakan jenis kata ganti orang. Kata tersebut menggantikan subjek Berto.

Dengan demikian, kata ganti yang terdapat pada cerita fantasi di atas antara lain -nya, mereka, dan ia. Kata ganti tersebut termasuk jenis kata ganti kepemilikan dan kata ganti orang. Kata ganti tersebut menggantikan subjek Berto dan sang pemburu.space 

137

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kata ganti Kami menggantikan subjek ....

20

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia