Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hubungan yang benar antara nama, sumber, dan fungsi vitamin berikut ini adalah ....

Hubungan yang benar  antara  nama,  sumber,  dan  fungsi  vitamin berikut ini  adalah .... space 

  1.  space 

  2. space 

  3.  space 

  4.  space 

  5.  space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah A.

pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

Iklan

Pembahasan

Vitamin B merupakan gabungan dari 15 macam lebih vitamin. Vitamin ini sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B akan menyebabkan kelemahan saraf dan penyakit, seperti penyakit beri-beri. Vitamin B banyak jenisnya, antara lain vitamin B1, B2, niasin, B6, asam pantotenat, para amino, asam benzoat, biotin, kolin, B11, dan B12. Berikut beberapa fungsi vitamin B: Vitamin B1, fungsi vitamin B1 adalah Sebagai koenzim dari enzim yang diperlukan pada metabolisme karbohidrat, memengaruhi keseimbangan air di dalam tubuh, memelihara nafsu makan yang sehat dan fungsi pencernaan. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B1 adalah kacang-kacangan, kulit ari beras, hati, jantung, ginjal, otak, kuning telur, ragi, wortel, dan gandum. Vitamin B2, fungsi vitamin B2 adalah berperan pentingdalam pembuatan berbagai reaksi biologis di dalam tubuh, membebaskan energi dari metabolisme (karbohidrat, lemak, dan protein), memindahkan rangsangan sinar ke saraf mata, dan memelihara jaringan kulit sekitar mulut. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B2 adalah ragi, telur, hati, ginjal, jantung, dan otak. Vitamin B3, fungsinya adalah mencegah penyakit pellagra, untuk pertumbuhan dan perbanyakan sel, dan memelihara pencernaan. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B3 adalah sayuran hijau, kacang, kentang, tomat, bayam, hati, telur, daging, ginjal, ragi, dan ikan. Vitamin B6, fungsinya adalah berperan dalam pertumbuhan, kesehatan kulit,dan pembuatan darah, memelihara keseimbangan unsur fosfor dan sodium. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B6 adalah sayuran, ragi, hati, ginjal, daging, susu, kuning telur, dan ikan. Vitamin B12, fungsinya penting dalam metabolisme semua sel untuk pertumbuhan jaringan dan pembentukan sel darah. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B12 adalah daging, unggas, ikan, telur, susu, keju, hati , udang, dan kerang. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Vitamin B merupakan gabungan dari 15 macam lebih vitamin. Vitamin ini sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B akan menyebabkan kelemahan saraf dan penyakit, seperti penyakit beri-beri.  Vitamin  B banyak jenisnya, antara  lain  vitamin  B1, B2, niasin, B6, asam  pantotenat, para amino, asam  benzoat,  biotin, kolin, B11, dan B12. Berikut beberapa fungsi vitamin B:

  1. Vitamin  B1, fungsi vitamin B1 adalah Sebagai koenzim dari enzim yang diperlukan pada metabolisme karbohidrat, memengaruhi  keseimbangan  air di dalam tubuh, memelihara nafsu makan yang sehat dan fungsi pencernaan. Bahan makanan yang banyak mengandung  vitamin B1 adalah kacang-kacangan, kulit ari  beras,  hati,  jantung, ginjal, otak, kuning telur,  ragi,  wortel, dan  gandum.
  2. Vitamin  B2, fungsi vitamin B2 adalah berperan penting dalam pembuatan berbagai reaksi biologis di dalam tubuh, membebaskan  energi  dari metabolisme  (karbohidrat, lemak, dan protein), memindahkan rangsangan  sinar  ke  saraf  mata, dan memelihara jaringan  kulit sekitar  mulut. Bahan  makanan yang  banyak  mengandung  vitamin  B2 adalah  ragi,  telur, hati,  ginjal, jantung, dan  otak.
  3. Vitamin B3, fungsinya adalah mencegah  penyakit pellagra, untuk pertumbuhan dan  perbanyakan  sel, dan memelihara pencernaan. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B3 adalah sayuran  hijau, kacang, kentang, tomat, bayam, hati, telur, daging, ginjal, ragi, dan  ikan.
  4. Vitamin B6, fungsinya adalah berperan dalam pertumbuhan, kesehatan kulit, dan pembuatan darah, memelihara keseimbangan unsur fosfor dan sodium. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B6 adalah sayuran, ragi, hati,  ginjal, daging,  susu, kuning telur, dan ikan.
  5. Vitamin B12, fungsinya penting dalam metabolisme semua sel untuk pertumbuhan jaringan dan pembentukan sel darah. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B12 adalah daging, unggas, ikan, telur, susu, keju, hati , udang,  dan kerang.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

Latihan Bab

Gizi dan Zat Makanan

Saluran dan Kelenjar Pencernaan

Energi dan Menu Sehat

Gangguan pada Sistem Pencernaan dan Upaya Pencegahannya

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

27rb+

Wahyu Agung

Mudah dimengerti Makasih ❤️ Bantu banget Ini yang aku cari! Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa saja macam-macam vitamin B? Tuliskan lengkap dengan fungsinya masing-masing!

320

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia