Iklan

Iklan

Pertanyaan

Homo erectus dianggap sebagai manusia purba yang memiliki intelegensi cukup tinggi. Salah satu indikator yang mendukung pernyataan tersebut, adalah ...

Homo erectus dianggap sebagai manusia purba yang memiliki intelegensi cukup tinggi. Salah satu indikator yang mendukung pernyataan tersebut, adalah ...

  1. Mampu membuat peralatan sederhana dari batu dan tulang

  2. Mengenal teknik berburu dan mengolah makanan

  3. Mampu menciptakan dan menggunakan api

  4. Memiliki tulang tengkorak berukuran kecil

  5. Mampu berjalan dan berdiri tegak

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

opsi jawaban benar adalah C.

opsi jawaban benar adalah C.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Teori evolusi manusia memilikisegala dinamika dan kontroversinya, meski demikian, terlepas dari itu, Eugene Dubois yang merupakan dokter Belanda, pada tahun 1891, di Desa Trinil, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menemukan beberapa rangkaian fosil manusia purba yang meliputi tulang bagian rahang atas, tulang kaki dan tengkorak, kemudian diberi nama Pithecanthropus erectus. Homo erectus, yang secara harfiah berarti Manusia yang Berdiri Tegak, merupakan jenis manusia purba yang telah punah dari genus homo. Dalam konteks penemuannya, terutama di Pulau Jawa oleh Eugene Dubois pada tahun 1891 itu, adalah fosil Pithecanthropus erectus, merupakan dugaan yang mendukung Teori Evolusi, dalam arti telah ditemukannya mata rantai yang hilang (missing link). Adapun beberapa karakteristik fisik kehidupan Homo erectus: (1) volume otak berkisar 750-900 cc, (2) tinggi bada maksimal 180 cm, (3) hidung tebal, (4) postur tubuh tegak, (5) alat kunyah dan geraham kuat, dan (6) tonjolan di kening sangat terlihat. Meskipun secara fisik Homo erectus menyerupai manusia modern Homo sapiens, kenyataanya, volume otak mereka lebih kecil ketimbang dari jenis Homo sapiens tetapi lebih besar dari jenis hominini sebelumnya seperti Australopithecus. Dengan begitu, secara perkembangan dalam hidupnya, mereka adalah spesies pertama yang dapat membuat api dan telah mengenal cara mengumpulkan makanan dan berburu bahan makanan yang tersedia dari alam. Jadi, opsi jawaban benar adalah C.

Teori evolusi manusia memiliki segala dinamika dan kontroversinya, meski demikian, terlepas dari itu, Eugene Dubois yang merupakan dokter Belanda, pada tahun 1891, di Desa Trinil, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menemukan beberapa rangkaian fosil manusia purba yang meliputi tulang bagian rahang atas, tulang kaki dan tengkorak, kemudian diberi nama Pithecanthropus erectus.
Homo erectus, yang secara harfiah berarti Manusia yang Berdiri Tegak, merupakan jenis manusia purba yang telah punah dari genus homo. Dalam konteks penemuannya, terutama di Pulau Jawa oleh Eugene Dubois pada tahun 1891 itu, adalah fosil Pithecanthropus erectus, merupakan dugaan yang mendukung Teori Evolusi, dalam arti telah ditemukannya mata rantai yang hilang (missing link). Adapun beberapa karakteristik fisik kehidupan Homo erectus: (1) volume otak berkisar 750-900 cc, (2) tinggi bada maksimal 180 cm, (3) hidung tebal, (4) postur tubuh tegak, (5) alat kunyah dan geraham kuat, dan (6) tonjolan di kening sangat terlihat.
Meskipun secara fisik Homo erectus menyerupai manusia modern Homo sapiens, kenyataanya, volume otak mereka lebih kecil ketimbang dari jenis Homo sapiens tetapi lebih besar dari jenis hominini sebelumnya seperti Australopithecus. Dengan begitu, secara perkembangan dalam hidupnya, mereka adalah spesies pertama yang dapat membuat api dan telah mengenal cara mengumpulkan makanan dan berburu bahan makanan yang tersedia dari alam. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13

Nana

Mudah dimengerti

FAIRUS INDRI JAYANTI

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Homo erectus dianggap telah memiliki kemampuan inteligensi yang tinggi. Tunjukan bukti yang mendukung pernyataan tersebut!

33

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia