Roboguru

Hewan-hewan asli Indonesia yang dilindungi, antara lain ....

Pertanyaan

Hewan-hewan asli Indonesia yang dilindungi, antara lain ....  

  1. singa, tapir, dan rusa 

  2. anoa, komodo, dan orang utan 

  3. lumba-lumba, singa, dan burung merak 

  4. kura-kura, badak bercula satu, dan gajah 

  5. macan tutul, burung cenderawasih, dan banteng 

Pembahasan Soal:

Persebaran fauna di Indonesia yakni sebagai berikut.

  1. Fauna asiatis (fauna Indonesia barat)
    Terletak di wi layah Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali, dibatasi garis Wallace yang membentang antara Selat Lombok dan Selat Makassar. Contoh beberapa hewan Indonesia bagian barat yaitu harimau, beruang, gajah, badak, banteng, orang utan, siamang, monyet ekor panjang, owa, tapir, dan kera gibon.
  2. Fauna australis (fauna Indonesia timur)
    Terletak di Pulau Papua dan sekitarnya, dibatasi garis Weber yang terbentang antara Laut Timor, Laut Banda, Laut Seram, dan Laut Halmahera. Beberapa contoh hewan Indonesia bagian timur, yaitu kanguru pohon, tikus berkantung, musang berkantung, burung kasuari, cenderawasih, dan burung kakak tua berjambul merah atau berjambul putih.
  3. Fauna peralihan (fauna Indonesia tengah)
    Fauna Indonesia tengah meliputi wilayah Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Kepulauan Maluku. Letaknya di antara garis Wallace dan garis Weber. Fauna endemik pada daerah in i adalah anoa, babi rusa, burung maleo, dan komodo.

Selain klasifikasi berdasarkan letaknya, terdapat juga hewan endemik Indonesia yakni Anoa, Babirusa, Komodo, dan Orang utan.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Rocky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Karakteristik bioma flora dan fauna di Indonesia....

Pembahasan Soal:

Fauna di Indonesia terbagi menjadi 3 zona fauna, yaitu sebagai berikut :

  1. zona Indonesia barat ; zona ini disebut juga dengan zona Asiatis karena merupakan hewan-hewan tipe Asiatis. Contoh fauna yang ada adalah harimau, gajah, orang utan, dan sebagainya.
  2. zona Indonesia tengah ; zona ini disebut juga dengan zona Peralihan karena merupakan peralihan antara hewan-hewan tipe Asiatis dan tipe Australis. Contoh fauna yang ada adalah komodo, anoa, babi rusa, dan sebagainya.
  3. zona Indonesia timur ; zona ini disebut juga dengan zona Australis karena merupakan hewan-hewan tipe Australis. Contoh fauna yang ada adalah kanguru, cenderawasih, dan sebagainya.

Flora di Indonesia mayoritas dipengaruhi oleh tiga jenis bioma, yakni sebagai berikut :

  1. Bioma hutan hujan tropis ; dicirikan dengan hutan lebat yang banyak turun hujan, kerapatan antar pohon sangat rapat.
  2. Bioma hutan musim ; dicirikan dengan hutan agak lebat dengan curah hujan yang jarang, kerapatan antar pohon agak renggang.
  3. Bioma sabana ; padang rumput yang diselilingi tanaman belukar dan pohon-pohon.

 

0

Roboguru

Mengapa pembagian flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga kelompok? Apa bukti bahwa pembagian flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga?

Pembahasan Soal:

Flora dan dauna di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu fauna Indonesia bagian barat (tipe Asiatis), fauna Indonesia bagian tengah  (tipe peralihan), dan fauna Indonesia bagian timur (tipe Australis). Secara geologi, Indonesia terletak diantara dua paparan, yaitu Paparan Sunda dan Paparan Sahul. Berdasarkan sejarah waktu geologi sebelum kala glasial, Indonesia bagian barat (Kalimantan, Sumatera, dan Jawa) pernah bersatu dengan Benua Asia, sedangkan di bagian timur (Papua) dulunya bersatu dengan Benua Australia. Keberadaan Paparan Sahul dan Paparan Sunda memiliki arti penting dalam keanekaragaman hayati di Indonesia. Hal itu menyebabkan flora dan fauna Indonesia dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan garis Wallace dan Weber. 

Selain itu hal tersebut juga menjadi bukti bahwa pembagian flora dan fauna dikelompokkan menjadi tiga. Pada wilayah Indonesia bagian barat yang termasuk bagian Paparan Sunda, flora-faunanya memiliki kesamaan dengan flora-fauna di Benua Asia. Pada wilayah Indonesia bagian timur yang termasuk bagian paparan Sahul, flora-faunanya memiliki kesamaan dengan flora-fauna di Benua Australia. Sementara untuk wilayah Indonesia bagian tengah yang tidak termasuk bagian Paparan Sunda maupun Sahul, flora-faunanya sebagian besar khas Indonesia, tidak memiliki kesamaan dengan flora-fauna di Benua Asia, maupun di Benua Australia.

0

Roboguru

Jelaskan tentang 3 zonasi fauna di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Indonesia memiliki keanekaragaman jenis fauna yang dibedakan berdasarkan garis Wallacea dan garis Weber. Berdasarkan A.R. Wallacea dan M. W Carl Weber kelompok fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu:

Tipe Asiatis
Kelompok hewan asiatis tersebar di wilayah Indonesia bagian barat. Daerah yang termasuk kelompok ini yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan merupakan pulau-pulau yang berada bagian barat yang dibatasi oleh Selat Makassar dan Selat Lombok. Contoh fauna tipe asiatis yaitu:

  • Jenis mamalia, contohnya ajah, badak bercula satu, harimau, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet,kukang dan lainnya.
  • Jenis reptil, contohnya buaya, kura-kura, ular, biawak, trenggiling, dan lainnya.
  • Jenis burung, contohnya burung hantu, elang, jalak, merak, kutilang, ungags, dan lainnya.
  • Jenis ikan, contohnya ikan air tawar dan pesut.

Tipe Austaralis
Kelompok hewan Australis tersebar di wilayah Papua dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Contoh fauna tipe australis yaitu:

  • Jenis mamalia, contohnya kanguru, wallaby, beruang, nokdiak (landak Papua), opossum laying (pemanjat berkantung), kuskus, dan kelelawar.
  • Jenis reptil, contohnya buaya, biawak, ular, kadal, kura-kura.
  • Jenis amfibia, contohnya katak pohon, katak terbang, katak air.
  • Jenis burung, contohnya nuri, raja udang, cendrawasih, kasuari, dan namudur.

Tipe Peralihan
Tipe peralihan tersebar di wilayah Indonesia bagian tengah, yaitu Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Tipe peralihan diantaranya:

  • Jenis mamalia, contohnya anoa, babi rusa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, beruang, tarsius, monyet seba, kuda, sapi, banteng
  • Jenis reptil, contohnya biawak, komodo, buaya, soa-soa, ular.
  • Jenis amfibia, contohnya katak pohon, katak terbang, katak air.
  • Jenis burung, contohnya burung dewata, rangkong, kakatua, nuri, merpati, maleo, mandar, raja udang dan lainnya. 

0

Roboguru

Tuliskan persebaran flora dan fauna di Indonesia berdasarkan pengamatan Alfred Russel Wallace, Max Carl Wilhelm Weber, dan Richard Lydekker.

Pembahasan Soal:

Persebaran flora dan fauna di Indonesia berdasarkan pengamatan Alfred Russel Wallace, Max Carl Wilhelm Weber, dan Richard Lydekker sebagai berikut:

  1. Flora dan fauna di wilayah Indonesia bagian barat (tipe Asiatis). Zonasi tipe Asiatis dibagi oleh garis Wallace, sebuah garis khayal utara-selatan yang terletak di antara Kalimantan dan Sulawesi dan di antara Bali dan Lombok. Contoh Fauna adalah Harimau, Singa, Gajah, Monyet, dan Badak. Contoh flora adalah Anggrek, Raflesia, Bunga Bangkai, Jati, dll.
  2. Wilayah peralihan. Pengamatan zona ini dilakukan oleh Weber sehingga batas timur wilayah ini diberi nama garis Weber. Wilayah peralihan ini mencakup Timor, Sulawesi, Sumba, Sumbawa, dan Lombok. WIlayah ini mengasilkan flora fauna edemik (hanya ditemukan di tempat ini saja). Contoh Fauna Komodo, Burung Maleo, Babi Rusa, dan Tapir. Contoh flora adalah Matoa, Cendana, dan Eboni
  3. Flora dan fauna di wilayah Indonesia bagian timur (tipe Australis). Richard Lydekker mengemukakan sebuah garis sebagai batas dari kawasan timur yang berbeda dengan Weber. Garis Lydekker ini ditarik berdasarkan batas kedalaman laut di Dangkalan Sahul dan terletak di antara Maluku dan Papua. Oleh karena itu, wilayah hewan tipe australis hanya berada di Pulau Papua dan kepulauan kecil di sekitarnya. Contoh Fauna adalah cendrawasih dan koala, contoh fauna adalah pohon kayu putih dan lontar 

0

Roboguru

Fauna yag tersusun dari nomor 3-1 adalah ....

Pembahasan Soal:

Persebaran fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu tipe asiatis, tipe peraliha dan tipe australis. Gambar di atas menunjukkan wilayah persebaran pada masing-masing tipe fauna di Indonesia.

  1. Nomor 1 menunjukkan wilayah Banten yang termasuk ke dalam kelompok hewan tipe asiatis. Hewan tipe asiatis diantaranya yaitu utan, gibon, gajah, badak bercula satu, harimau, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet, kukang.
  2. Nomor 2 menunjukkan wilayah Sulawesi, yang termasuk kedalam tipe peralihan. Hewan tipe peralihan diantaranya yaitu anoa, babi rusa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, beruang, tarsius, monyet seba, kuda, sapi, banteng.
  3. Nomor 3 menunjukkan daerah Papua yang termasuk wilayah dengan tipe fauna australis. Hewan tipe australis diantaranya yaitu koala, kanguru, wallaby, beruang, nokdiak (landak Papua), opossum laying (pemanjat berkantung), kuskus, dan kelelawar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved