Roboguru

Gunung Kidul merupakan salah satu daerah yang memiliki kondisi alam berupa tanah kapur, karena kondisi tanah yang berupa tanah kapur berakibat pada minimnya cadangan air yang dimiliki beberapa wilayah

Gunung Kidul merupakan salah satu daerah yang memiliki kondisi alam berupa tanah kapur, karena kondisi tanah yang berupa tanah kapur berakibat pada minimnya cadangan air yang dimiliki beberapa wilayah yang ada di Gunung kidul.

Dari permasalahan tersebut potensi pangan apakah yang sesuai untuk wilayah di Gunung Kidul? blank

Jawaban:

Gunung Kidul adalah salah satu daerah yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kondisi fisik Gunung kidul berupa kawasan karst yang terbentuk dari proses pelarutan batuan kapur. Bentang alam ini dikenal sebagai Kawasan Karst Pegunungan Sewu. Secara hidrologis daerah ini sulit akan air sehingga potensi pangan yang cocok dengan kondisi geografi daerah Gunung Kidul adalah tanaman palawija. Tanaman palawija tidak memerlukan banyak air dan dapat ditanaman dalam kondisi tanah kering dan cuaca kemarau. Contoh tanaman palawija adalah kacang tanah, kacang kedelai, jagung, kacang panjang, kacang tunggak, singkong, ubi jalar.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved