RoboguruRoboguru
SD

Bagaimanakah persebaran sumber bahan pangan di Indonesia?

Pertanyaan

Bagaimanakah persebaran sumber bahan pangan di Indonesia?space

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Persebaran sumber bahan pangan di Indonesia dipengaruhi oleh Iklim (Kelembapan, suhu, curah hujan, dan lamanya penyinaran), kondisi tanah, serta kemampuan manusia dalam mengolah tanah.

  • Pertanian dan Perkebunan. Indonesia merupakan negara agraris yang didukung dengan kondisi iklim tropis karena letaknya berada dekat dengan garis katulistiwa sehingga memiliki intensitas curah hujan dan penyinaran matahari yang baik untuk tumbuh kembang tanaman. Daerah yang menjadi sentra produksi padi ialah Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan. Daerah yang menjadi sentra produksi jagung ialah Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Lampung Daerah utama penghasil kacang tanah adalah Pulau Jawa dan Sulawesi.  Daerah penghasil utama sayur-sayuran adalah Dataran tinggi karo. Daerah penghasil ubi rambat dan kedelai banyak tersebar di Pulau Jawa, NTT, Lampung dan Papua. Sedangkan sentra produksi ubi kayu adalah Provinsi  Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera Utara .
  • Perikanan. Perikanan merupakan subsektor pertanian yang mempunyai peranan sangat penting bagi peningkatan kesejahteraan penduduk, khususnya para nelayan. Persebaran potensi dan produk peri kanan di Indonesia, antara lain daerah Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.
  • Peternakan. Hewan ternak di Indonesia terdiri atas hewan ternak besar, antara lain sapi dan kerbau, hewan ternak kecil, antara lain kambing dan domba; serta hewan ternak unggas, antara lain ayam, itik, dan puyuh. Hampir di seluruh pelosok perdesaan di Indonesia kita temukan hewan ternak yang di pelihara penduduk. Hal itu menunjukkan bahwa hewan ternak memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan oleh setiap penduduk di Indonesia.space

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Selama ini ada beberapa kebutuhan pokok yang diimpor seperti garam, bawang merah, dan beras. Sementara potensi pertanian Indonesia sangat melimpah. Bagaimana menurutmu untuk mengatasi permasalahan ter...

754

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia