Roboguru

Gunakan teori pasangan elektron untuk memperkirakan bentuk dari molekul-molekul berikut! ICl4−​

Pertanyaan

Gunakan teori pasangan elektron untuk memperkirakan bentuk dari molekul-molekul berikut!

I Cl subscript 4 to the power of minus sign 

Pembahasan:

Perkiraan bentuk molekul dari ion I Cl subscript 4 to the power of minus sign dengan menggunakan teori pasangan elektron adalah segiempat planar.

Bentuk molekul (geometri molekul) adalah kedudukan atom-atom dalam molekul.  Pembentukan ikatan antar atom untuk membentuk molekul melibatkan elektron-elektron di kulit terluar. Bentuk molekul dapat diramalkan dengan lambang atau struktur Lewisnya.

Menurut struktur Lewis, terdapat dua jenis pasangan elektron dalam molekul, yaitu pasangan elektron yang digunakan tintuk berikatan (PEl) dan pasangan elektron bebas (PEB). Untuk penyederhanaan, rumus molekul yang memiliki pasangan elektron bebas ditulis dengan rumus AXE, dengan A adalah atom pusat, X adalah jumlah elektron yang terikat pada atom pusat, dan E adalah pasangan elektron bebas.

Untuk dapat menjawab soal di atas, maka terlebih dahulu perlu dibuat struktur Lewis senyawanya. Sebelum menentukan struktur Lewis, maka dibuat juga konfigurasi elektron dari unsur-unsur penyusun senyawanya. Ion I Cl subscript 4 to the power of minus sign terdiri dari unsur iodin (I) dan klorin (Cl). Konfigurasi elektron kedua unsur tersebut adalah sebagai berikut.


table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Cl presubscript 17 end cell equals cell open square brackets Ne presubscript 10 close square brackets space 3 italic s squared space 3 italic p to the power of 5 end cell row cell I presubscript 53 end cell equals cell open square brackets Kr presubscript 36 close square brackets space 5 italic s squared space 4 italic d to the power of 10 space 5 italic p to the power of 5 space end cell end table 


Berdasarkan konfigurasi elektronnya, dapat diketahui bahwa unsur I dan Cl keduanya memiliki elektron valensi berjumlah 7. Pada ion I Cl subscript 4 to the power of minus sign, unsur I berikatan dengan 4 buah atom Cl dan membentuk ion dengan muatan -1. Dengan demikian, maka 4 buah elektron valensi unsur I berikatan dengan masing-masing 1 buah elektron valensi atom F yang membutuhkan 1 elektron untuk mencapai kestabilan. Atom I juga mencapai kestabilan dengan menyerap 1 buah elektron dan membentuk ion dengan muatan -1. Struktur Lewis dari ion I Cl subscript 4 to the power of minus sign adalah sebagai berikut.


 


Berdasarkan struktur Lewis di atas, dapat diketahui bahwa pada atom pusat, yaitu I 4 buah elektronnya telah digunakan berikatan kovalen, dan memiliki 2 pasang elektron bebas (PEB). Dengan demikian rumus AXE-nya adalah italic A italic X subscript 4 italic E subscript 2 dan akan memiliki bentuk molekul segiempat planar.space

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

B. Rohmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 15 November 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Gunakan teori pasangan elektron untuk memperkirakan bentuk dari molekul-molekul berikut! BeCl2​

0

Roboguru

Perkirakan bentuk molekul senyawa berikut berdasarkan teori domain elektron (nomor atom masing-masing unsur bisa dilihat di tabel periodik unsur). PCl3​

0

Roboguru

Molekul suatu senyawa memiliki PEI = 3 dan PEB = 2, bentuk molekul dan gambar bentuk paling yang mungkin adalah...

0

Roboguru

Dengan menggunakan teori domain elektron, ramalkan bentuk geometri molekul/ion di bawah ini. (Gunakan bantuan tabel periodik unsur.) I3−​

0

Roboguru

Menurut teori tolakan pasangan elektron, data hubungan antara jumlah pasangan elektron dengan bentuk molekul berikut yang tidak benar adalah . . . .

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved