Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tentukan bentuk molekul yang mungkin dari: a. BF 3 ​ b. NF 3 ​

Tentukan bentuk molekul yang mungkin dari:space 

a.  

b.  space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

bentuk molekul adalah segitiga planar (menurut teori hibridisasi dan teori VSEPR) dan bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi adalah tetrahedral, sedangkan berdasarkan teori VSEPRbentuk molekul adalah trigonal piramida.

bentuk molekul B F subscript 3 adalah segitiga planar (menurut teori hibridisasi dan teori VSEPR) dan bentuk molekul N F subscript 3 berdasarkan teori hibridisasi adalah tetrahedral, sedangkan berdasarkan teori VSEPR bentuk molekul N F subscript 3 adalah trigonal piramida.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Bentuk molekul dapat ditentukan berdasarkan teori VSEPR dan teori hibridisasi. Bentuk molekul untuk a. berdasarkan teori VSEPR Bentuk molekul dapat diramalkan berdasarkan teori domain elektron, dengan menggambarkan terlebih dahulu struktur Lewisnya. Terdapat 3 pasangan elektron ikatan (PEI) dan tidak ada pasangan elektron bebas (PEB) maka domain elektronnya adalah . Berdasarkan teori VSEPR, menunjukkan bentuk molekul adalah segitiga planar. b. berdasarkan teori hibridisasi Boron ( ) merupakan unsur dengan nomor atom 5, sehingga konfigurasinya adalah: Berdasarkan teori hibridisasi bentuk molekul dapat dijelaskan dengan menggambarkan masing-masing orbital pada elektron valensi yaitu . Hibridisasi adalah , maka bentukmolekul adalah segitiga planar. Bentuk molekul untuk a. berdasarkan teori VSEPR Bentuk molekul juga dapat diramalkan berdasarkan teori domain elektron, dengan menggambarkan terlebih dahulu struktur Lewisnya. Terdapat 3 pasangan elektron ikatan (PEI) dan 1 pasangan elektron bebas (PEB) maka domain elektronnya adalah . Berdasarkan teori VSEPR, menunjukkanbentuk molekul adalah trigonal piramida. b. berdasarkan teori hibridisasi Nitrogen ( ) merupakan unsur dengan nomor atom 7 sehingga konfigurasinya: Berdasarkan teori hibridisasi bentuk molekul dapat dijelaskan dengan menggambarkan masing-masing orbital pada elektron valensi yaitu sebagai berikut: Hibridisasi adalah , maka bentuk molekul adalah tetrahedral. Jadi, bentuk molekul adalah segitiga planar (menurut teori hibridisasi dan teori VSEPR) dan bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi adalah tetrahedral, sedangkan berdasarkan teori VSEPRbentuk molekul adalah trigonal piramida.

Bentuk molekul dapat ditentukan berdasarkan teori VSEPR dan teori hibridisasi.

Bentuk molekul untuk B F subscript 3 

a. berdasarkan teori VSEPR

Bentuk molekul B F subscript 3 dapat diramalkan berdasarkan teori domain elektron, dengan menggambarkan terlebih dahulu struktur Lewisnya.

  

Terdapat 3 pasangan elektron ikatan (PEI) dan tidak ada pasangan elektron bebas (PEB) maka domain elektronnya adalah AX subscript 3. Berdasarkan teori VSEPR, AX subscript 3 menunjukkan bentuk molekul B F subscript 3 adalah segitiga planar.space 

b. berdasarkan teori hibridisasi

Boron (B) merupakan unsur dengan nomor atom 5, sehingga konfigurasinya adalah: 

Br presubscript 5 presuperscript blank colon space 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 1  

Berdasarkan teori hibridisasi bentuk molekul B F subscript 3 dapat dijelaskan dengan menggambarkan masing-masing orbital pada elektron valensi B yaitu 2 s squared space 2 p to the power of 1.

 

Hibridisasi B F subscript 3 adalah sp squared, maka bentuk molekul B F subscript 3 adalah segitiga planar.space 

Bentuk molekul untuk N F subscript 3  

a. berdasarkan teori VSEPR

Bentuk molekul N F subscript 3 juga dapat diramalkan berdasarkan teori domain elektron, dengan menggambarkan terlebih dahulu struktur Lewisnya.

   

Terdapat 3 pasangan elektron ikatan (PEI) dan 1 pasangan elektron bebas (PEB) maka domain elektronnya adalah  AX subscript 3 E. Berdasarkan teori VSEPR, AX subscript 3 E menunjukkan bentuk molekul N F subscript 3 adalah trigonal piramida.space 

b. berdasarkan teori hibridisasi

Nitrogen (N) merupakan unsur dengan nomor atom 7 sehingga konfigurasinya:

N presubscript 7 presuperscript blank colon space 1 s squared space 2 s squared space 2 p cubed   

Berdasarkan teori hibridisasi bentuk molekul N F subscript 3 dapat dijelaskan dengan menggambarkan masing-masing orbital pada elektron valensi N yaitu 2 s squared space 2 p cubed sebagai berikut:space 

  

Hibridisasi N F subscript 3 adalah sp cubed, maka bentuk molekul N F subscript 3 adalah tetrahedral. space 

Jadi, bentuk molekul B F subscript 3 adalah segitiga planar (menurut teori hibridisasi dan teori VSEPR) dan bentuk molekul N F subscript 3 berdasarkan teori hibridisasi adalah tetrahedral, sedangkan berdasarkan teori VSEPR bentuk molekul N F subscript 3 adalah trigonal piramida.

Latihan Bab

Pendahuluan Ikatan Kimia

Teori Ikatan Lewis

Ikatan Ion

Ikatan Kovalen

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

86

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan orbital hibrida dan bentuk molekul SF 4 ​ (nomor atom S = 16 dan F = 9).

809

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia