Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gunakan teori pasangan elektron untuk memperkirakan bentuk dari molekul-molekul berikut! BeCl 2 ​

Gunakan teori pasangan elektron untuk memperkirakan bentuk dari molekul-molekul berikut!

 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dengan menggunakan teori pasangan elektron, perkiraan bentuk molekul dari senyawa adalah bentuk linier.

dengan menggunakan teori pasangan elektron, perkiraan bentuk molekul dari senyawa Be Cl subscript 2 adalah bentuk linier.

Iklan

Pembahasan

Bentuk molekul (geometri molekul) adalah kedudukan atom-atom dalam molekul . Geometri molekul dapat diramalkan berdasarkan gaya elektrostatis antar elektron yang terlibat dalam pembentukan ikatan. Pembentukan ikatan antar atom untuk membentuk molekul melibatkan elektron-elektron di kulit terluar. Pada senyawa kovalen, ikatan kimia berupa sepasang elektron yang dipakai bersama sehingga bentuk molekul ditentukan oleh kedudukan pasangan elektron. Bentuk molekul dapat diramalkan dengan lambang atau struktur Lewisnya . Menurut struktur Lewis, selain sepasang elektron yang digunakan untuk berikatan, juga digambarkan pasangan elektron yang tidak berikatan. Pasangan elektron yang tidak digunakan untuk berikatan disebut pasangan elektron bebas (PEB). Dengan demikian, ada dua jenis pasangan elektron dalam molekul, yaitu pasangan elektron yang digunakan tintuk berikatan (PEl) dan pasangan elektron bebas (PEB). Untuk penyederhanaan, rumus molekul yang memiliki pasangan elektron bebas ditulis dengan rumus AXE , dengan A adalah atom pusat , X adalah jumlah elektron yang terikat pada atom pusat , dan E adalah pasangan elektron bebas . Untuk dapat menjawab soal di atas, maka terlebih dahulu perlu dibuat struktur Lewis senyawanya. Sebelum menentukan struktur Lewis, maka dibuat juga konfigurasi elektron dari unsur-unsur penyusun senyawanya. Senyawa terdiri dari unsur berilium(Be) dan klorin (Cl). Konfigurasi elektron kedua unsur tersebut adalah sebagai berikut. 4 ​ Be 17 ​ Cl ​ = = ​ 1 s 2 2 s 2 [ 10 ​ Ne ] 3 s 2 3 p 5 ​ Berdasarkan konfigurasi elektronnya, dapat diketahui bahwa unsur Bememiliki elektron valensi berjumlah 2, dan unsur Clmemiliki elektron valensi berjumlah 7. Pada senyawa , unsur Beberikatan dengan 2buah atom Cl. Dengan demikian, maka setiap elektron valensi unsur Beberikatan dengan elektron valensi atom Clyang membutuhkan 1 elektron untuk mencapai kestabilan. Struktur Lewis dari senyawa adalah sebagai berikut. Berdasarkan struktur Lewis di atas, dapat diketahui bahwa pada atom pusat, yaitu Besemua elektronnya telah digunakan berikatan ion, sehingga tidak memiliki pasangan elektron bebas (PEB). Dengan demikian rumusAXE-nya adalah A X 2 ​ dan akan memiliki bentuk molekul linier . Jadi, dengan menggunakan teori pasangan elektron, perkiraan bentuk molekul dari senyawa adalah bentuk linier.

Bentuk molekul (geometri molekul) adalah kedudukan atom-atom dalam molekul. Geometri molekul dapat diramalkan berdasarkan gaya elektrostatis antar elektron yang terlibat dalam pembentukan ikatan. Pembentukan ikatan antar atom untuk membentuk molekul melibatkan elektron-elektron di kulit terluar. Pada senyawa kovalen, ikatan kimia berupa sepasang elektron yang dipakai bersama sehingga bentuk molekul ditentukan oleh kedudukan pasangan elektron. Bentuk molekul dapat diramalkan dengan lambang atau struktur Lewisnya.

Menurut struktur Lewis, selain sepasang elektron yang digunakan untuk berikatan, juga digambarkan pasangan elektron yang tidak berikatan. Pasangan elektron yang tidak digunakan untuk berikatan disebut pasangan elektron bebas (PEB). Dengan demikian, ada dua jenis pasangan elektron dalam molekul, yaitu pasangan elektron yang digunakan tintuk berikatan (PEl) dan pasangan elektron bebas (PEB). Untuk penyederhanaan, rumus molekul yang memiliki pasangan elektron bebas ditulis dengan rumus AXE, dengan A adalah atom pusat, X adalah jumlah elektron yang terikat pada atom pusat, dan E adalah pasangan elektron bebas.

Untuk dapat menjawab soal di atas, maka terlebih dahulu perlu dibuat struktur Lewis senyawanya. Sebelum menentukan struktur Lewis, maka dibuat juga konfigurasi elektron dari unsur-unsur penyusun senyawanya. Senyawa Be Cl subscript 2 terdiri dari unsur berilium (Be) dan klorin (Cl). Konfigurasi elektron kedua unsur tersebut adalah sebagai berikut.


 


Berdasarkan konfigurasi elektronnya, dapat diketahui bahwa unsur Be memiliki elektron valensi berjumlah 2, dan unsur Cl memiliki elektron valensi berjumlah 7. Pada senyawa Be Cl subscript 2, unsur Be berikatan dengan 2 buah atom Cl. Dengan demikian, maka setiap elektron valensi unsur Be berikatan dengan elektron valensi atom Cl yang membutuhkan 1 elektron untuk mencapai kestabilan. Struktur Lewis dari senyawa Be Cl subscript 2 adalah sebagai berikut.


 


Berdasarkan struktur Lewis di atas, dapat diketahui bahwa pada atom pusat, yaitu Be semua elektronnya telah digunakan berikatan ion, sehingga tidak memiliki pasangan elektron bebas (PEB). Dengan demikian rumus AXE-nya adalah  dan akan memiliki bentuk molekul linier.

Jadi, dengan menggunakan teori pasangan elektron, perkiraan bentuk molekul dari senyawa Be Cl subscript 2 adalah bentuk linier.

83

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui dua unsur berikut. 6 12 ​ X dan 17 35 , 5 ​ Y Jika kedua unsur tersebut saling berikatan memenuhi kaidahoktet, data dalam tabel berikut yang benar adalah ...

743

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia