Roboguru

Gerakan Permesta sulit ditumpas dibanding pemberontakan lainnya sebab ...

Pertanyaan

Gerakan Permesta sulit ditumpas dibanding pemberontakan lainnya sebab ...

  1. Mendapat bantuan dari Amerika Serikat

  2. Memiliki pengikut yang sangat banyak

  3. Medan pertempuran sangat sulit

  4. Permesta memiliki pengaruh yang sangat kuat di daerah lain

Pembahasan Soal:

Perjuangan Semesta atau Perjuangan Rakyat Semesta yang biasa disingkat Permesta adalah sebuah gerakan militer di Indonesia. Gerakan ini dideklarasikan oleh pemimpin militer dan sipil Indonesia bagian timur pada tanggal 2 Maret 1957. Pusat gerakan ini mulanya berada di Makassar yang pada waktu itu merupakan ibu kota Sulawesi.

Upaya pemerintah dalam memadamkan pemberontakan Permesta terus dilakukan. Pada awalnya dengan menempuh jalan damai. Namun, karena tidak diindahkan maka pemerintah mengerahkan operasi militer untuk menumpas pemberontakan Permesta. Dalam operasi militer ini, TNI menangkap Allen Pope, pilot berkebangsaan Amerika yang bekerja membantu AUREV (Angkatan Udara Revolusi) yang merupakan angkatan udara Permesta. Tertangkapnya Allen Pope membuat keterlibatan Amerika Serikat membantu Permesta terbuka. Akhirnya Amerika Serika menghentikan bantuan ini dan Permesta menjadi lebih mudah dikalahkan. Pemimpin Permesta, Ventje Sumual menyerah tanpa syarat pada 1961 dan mendekam di Rumah Tahanan Militer di Jakarta, dan ditahan sampai naiknya Presiden Soeharto.space

Dengan demikian, salah satu faktor yang menyebabkan Permesta sulit dipadamkan karena mendapat bantuan dari pihak Amerika dalam hal persenjataan.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada 1957 Panglima Tentara dan Territorium VII Letkol Ventje Sumual menyatakan daerah Indonesia bagian timur dalam keadaan bahaya. Pernyataan Letkol Ventje Sumual tersebut bertujuan . ...

Pembahasan Soal:

Pada 2 Maret 1957 Panglima Tentara dan Territorium VI I Letkol Ventje Sumual memproklamasikan Piagam Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta) di Makassar. Piagam tersebut ditandatangani oieh 51 tokoh. Wilayah gerakan Permesta meliputi Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku. Untuk memperlancar gerakan tersebut, daerah Indonesia bagian timur dinyatakan dalam keadaan bahaya.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Pada tanggal 18 September 1948, Muso melakukan pemberontakan terhadap pemerintah Republik Indonesia di Madiun. Pemberontakan tersebut mempunyai tujuan. Sebutkan tujuan pemberontakan tersebut!

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI Madiun meletus pada tanggal 18 September 1948. Pemberontakan tersebut dipimpin oleh Muso dengan tujuan mengganti dasar negara menjadi komunis serta mendirikan Republik Soviet Indonesia. Pemberontakan PKI Madiun juga didukung oleh mantan Perdana Menteri Indonesia, yakni Amir Sjarifudin dengan mendirikan Front Demokrasi Rakyat atau FDR. Namun, jalannya pemberontakan PKI Madiun tidak berlangsung lama. Hal tersebut ditandai dengan tertembaknya Muso oleh prajurit Indonesia serta tertangkapnya sejumlah pemimpin pemberontakan, tak terkecuali Amir Sjarifudin.

Dengan demikian, tujuan pemerontakan PKI Madiun adalah mengganti dasar negara menjadi komunis serta mendirikan Republik Soviet Indonesia.

0

Roboguru

Pada masa revolusi PKI menjadi partai oposisi dan bergabung dengan Front Demokrasi Rakyat. Tokoh yang mendirikan Front Demokrasi Rakyat adalah ...

Pembahasan Soal:

Pada masa revolusi, PKI menjadi salah satu kekuatan politik yang berpengaruh dalam pemerintahan Republik Indonesia. PKI mampu menempatkan kader-kadernya untuk duduk dalam pemerintahan, salah satunya Amir Sjarifuddin. Namun, tersingkirnya golongan kiri dari pemerintahan justru menimbulkan ancaman bagi kedaulatan Republik Indonesia. PKI menjadi partai oposisi dan bergabung dengan Front Demokrasi Rakyat (FDR) yang didirikan Amir Sjarifuddin pada Februari 1948. 

Dengan demikian tokoh yang mendirikan Front Demokrasi Rakyat adalah Amir Sjarifuddin.

0

Roboguru

Pemberontakan yang dipimpin oleh Kapten Westerling, Andi Aziz, dan Soumokil dilatar-belakangi oleh permasalahan yang sama. Masalah tersebut terkait dengan keinginan untuk mempertahankan negara berbent...

Pembahasan Soal:

Pemberontakan APRA dipimpin oleh Kapten Raymond Westerling. Ia merupakan seorang prajurit militer Belanda yang dikirim untuk membantu koordinasi tawanan Sekutu di Indonesia. Gerakan APRA bertujuan mempertahankan bentuk negara federal di Indonesia dan memiliki tentara sendiri di negara-negara bagian RIS. Pemberontakan Andi Aziz muncul sebagai bentuk ketidakpuasan daerah terhadap kebijakan Rekonstruksi dan Rasionalisasi Angkatan Perang (RERA) . Dalam kebijakan tersebut, pemerintah Indonesia harus mengintegrasikan anggota KNIL ke dalam Angkatan Perang Republik Indonesia (APRIS). Pemberontakari RMS dipelopori oleh Christian Robert Steven Soumokil mantan Jaksa Agung Negara Indonesia Timur (NIT). Pemberontakan RMS tidak hanya menentang pembubaran NlT, tetapi juga menghendaki Republik Maluku Selatan menjadi negara merdeka.

Dengan demikian tiga pemberontakan terjadi untuk mempertahankan negara berbentuk Federal yaitu Republik Indonesia Serikat (RIS).space space

0

Roboguru

Pemberontakan DI/TII terjadi dibeberapa provinsi, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) adalah pemberontakan yang dipimpin oleh Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo pada tahun 1948 dan berusaha mendirikan negara berpaham Islam di Jawa Barat. Pemberontakan ini kemudian diikuti oleh pemberontakan serupa di Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah.

Dengan demikian, pemberontakan DI/TII terjadi dibeberapa provinsi, yaitu Jawa Barat, Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved