Iklan

Iklan

Pertanyaan

Garam kalium asetat dibuat dengan mencampurkan 300 mL larutan KOH 0,09 M Kedalam larutan CH 3 ​ COOH 0,09 M. JIka K a = 1 , 8 × 1 0 − 5 . Hitunglah pH dari larutan tersebut?

Garam kalium asetat dibuat dengan mencampurkan 300 mL larutan 0,09 M Kedalam larutan 0,09 M. JIka Ka begin mathsize 14px style C H subscript 3 C O O H end style = . Hitunglah pH dari larutan tersebut?space

Iklan

N. Malahayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Syiah Kuala

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pH larutan yang terbentuk adalah 8+log 5.

pH larutan yang terbentuk adalah 8+log 5.

Iklan

Pembahasan

pH merupakan konsentrasi dari ion hidrogen yang menyatakan tentang tingkat keasaman atau tingkat kebasaan suatu larutan. Pada umumnya reaksi antara larutan antara asam dan basa akan menghasilkan garam, sifat dari garam biasanya mengikuti larutan yang bersifat kuat. Misalkan garam yang berasal dari reaksi asam kuat dan basa lemah maka akan menjadi garam yang dominan bersifat asam, begitu pula sebaliknya. Sementara garam yang dihasilkan dari reaksi asam kuat dan basa kuat biasanya bersifat netral. Reaksi asam lemah dan basa lemah, garamnya akan mempunyai sifat berdasarkan nilaiKa danKbdari senyawa tersebut. Untuk menentukan pH campuran, cara menyelesaikannya adalah sebagai berikut: Persamaan reaksi asam-basa: Pada reaksi asam-basa diatas, mmol dan mmol habis bereaksi maka yang terbentuk hidrolisis garam. Dan campuran larutan berasal dari basakuat dengan asamlemah makapH yang terbentuk adalah pH garam bersifat basa. Rumus untuk menentukan pH garam basaadalah : Jadi, pH larutan yang terbentuk adalah 8+log 5.

pH merupakan konsentrasi dari ion hidrogen yang menyatakan tentang tingkat keasaman atau tingkat kebasaan suatu larutan. Pada umumnya reaksi antara larutan antara asam dan basa akan menghasilkan garam, sifat dari garam biasanya mengikuti larutan yang bersifat kuat. Misalkan garam yang berasal dari reaksi asam kuat dan basa lemah maka akan menjadi garam yang dominan bersifat asam, begitu pula sebaliknya. Sementara garam yang dihasilkan dari reaksi asam kuat dan basa kuat biasanya bersifat netral. Reaksi asam lemah dan basa lemah, garamnya akan mempunyai sifat berdasarkan nilai Ka dan Kb dari senyawa tersebut.

Untuk menentukan pH campuran, cara menyelesaikannya adalah sebagai berikut : 

begin mathsize 14px style mol space K O H double bond M cross times V equals 0 comma 09 cross times 300 equals 27 space mmol mol space C H subscript 3 C O O H double bond M cross times V equals 0 comma 09 cross times 300 equals 27 space mmol end style

Persamaan reaksi asam-basa:

Pada reaksi asam-basa diatas, mmol begin mathsize 14px style C H subscript 3 C O O H end style dan mmol begin mathsize 14px style K O H end style habis bereaksi maka yang terbentuk hidrolisis garam. Dan campuran larutan berasal dari basa kuat dengan asam lemah maka pH yang terbentuk adalah pH garam bersifat basa. Rumus untuk menentukan pH garam basa adalah :

Error converting from MathML to accessible text. 

Jadi, pH larutan yang terbentuk adalah 8+log 5.

235

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebanyak 150 mL larutan NaOH 0,1 M direaksikan dengan 100 mL larutan H 2 ​ SO 4 ​ 0,1 M. a. Tuliskan persamaan reaksi setaranya. b. Tentukan pereaksi pembatasnya. c. Hitunglah pH larutan.

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia