Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambarkan kurva demand full inflation dan cost push inflation!

Gambarkan kurva demand full inflation dan cost push inflation! space

Iklan

S. Anugrah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Atma Jaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Demand pull inflation adalah inflasi yang terjadi akibat kenaikan permintaan. Kurva demand pull inflation yakni: Dari kurva tersebut bahwa saat permintan pertama (D 0 ), dan penawaran (S) maka keseimbangan harga berada di titik E 0. Kemudian permintaan bertambah menjadi D 1 sementara penawaran (S) tetap maka titik keseimbangan berubah di titik E 1 . Dapat dilihat bahwa titik E 0 menjadi titik E 1 , harga keseimbangan naik. Harga keseimbangan naik ini yang disebut demand pull inflation. Sementara itu, cost push inflation adalah inflasi yang disebabkan oleh adanya kenaikan biaya produksi. Misalnya harga tempe naik karena harga kacang kedelai sebagai bahan baku tempe juga naik. Bentuk kurva cost push inflation yakni: Dari kurva tersebut terlihat bahwa penawaran menurun dari S 0 ke S 1. Penurunan penawaran ini terjadi akibat kenaikan biaya produksi. Sementara permintaan tetap. Sebelum terjadi kenaikan biaya produksi keseimbangan terjadi pada titik E 0. Kemudian setelah biaya produksi meningkat maka keseimbangan bergeser ke titik E 1. Jika perubahan titik E 0 ke E 1 maka harga barang menjadi naik. Kenaikan harga ini yang disebut cost push inflation.

Demand pull inflation adalah inflasi yang terjadi akibat kenaikan permintaan. Kurva demand pull inflation yakni:



 

Dari kurva tersebut bahwa saat permintan pertama (D0), dan penawaran (S) maka keseimbangan harga berada di titik E0. Kemudian permintaan bertambah menjadi D1 sementara penawaran (S) tetap maka titik keseimbangan berubah di titik E1. Dapat dilihat bahwa titik E0 menjadi titik E1, harga keseimbangan naik. Harga keseimbangan naik ini yang disebut demand pull inflation.

Sementara itu, cost push inflation adalah inflasi yang disebabkan oleh adanya kenaikan biaya produksi. Misalnya harga tempe naik karena harga kacang kedelai sebagai bahan baku tempe juga naik.

Bentuk kurva cost push inflation yakni:



Dari kurva tersebut terlihat bahwa penawaran menurun dari S0 ke S1. Penurunan penawaran ini terjadi akibat kenaikan biaya produksi. Sementara permintaan tetap. Sebelum terjadi kenaikan biaya produksi keseimbangan terjadi pada titik E0. Kemudian setelah biaya produksi meningkat maka keseimbangan bergeser ke titik E1. Jika perubahan titik E0 ke E1 maka harga barang menjadi naik. Kenaikan harga ini yang disebut cost push inflation. space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

64

Aldo Yehezkiel Pramudya

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini jenis-jenis inflasi. Inflasi ringan. Inflasi sedang. Inflasi dari luar negeri. Inflasi dari dalam negeri. Inflasi karena tarikan permintaan. Inflasi karena desakan bia...

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia