Roboguru

Indeks harga pengguna Malaysia naik 4.4% Indeks harga pengguna (IHP) yang merupakan alat untuk mengukur kadar inflasi di peringkat tempatan telah meningkat sebanyak 4.4% pada bulan April 2017 berbanding dengan tahun sebelumnya, Berdasarkan keterangan daripada Jabatan Perangkaan Malaysia, keadaan ini disebabkan oleh kenaikan dalam kos pengangkutan dalam makanan. Menurut tinjauan Reuters, kadar inflasi berlegar-legar di bawah 4.5 peratus dalam ramalan kadar tahunan turun daripada 5.1 peratus pada Mac yang menjadi kadar tertinggi dalam tempoh lapan tahun. Kos pengangkutan pada bulan April meningkat 16.7 peratus disebabkan kenaik api manakala harga makanan dan minuman bukan alkohol meningkat 4.1 peratus. harga bahan (Dipetik dan disesaikan daripada: www.mulaysiakini.com.my) Nyatakan jenis inflasi dalam petikan di atas.!

Pertanyaan

Indeks harga pengguna Malaysia naik 4.4%

Indeks harga pengguna (IHP) yang merupakan alat untuk mengukur kadar inflasi di peringkat tempatan telah meningkat sebanyak 4.4% pada bulan April 2017 berbanding dengan tahun sebelumnya, Berdasarkan keterangan daripada Jabatan Perangkaan Malaysia, keadaan ini disebabkan oleh kenaikan dalam kos pengangkutan dalam makanan. Menurut tinjauan Reuters, kadar inflasi berlegar-legar di bawah 4.5 peratus dalam ramalan kadar tahunan turun daripada 5.1 peratus pada Mac yang menjadi kadar tertinggi dalam tempoh lapan tahun. Kos pengangkutan pada bulan April meningkat 16.7 peratus disebabkan kenaik api manakala harga makanan dan minuman bukan alkohol meningkat 4.1 peratus. harga bahan (Dipetik dan disesaikan daripada: www.mulaysiakini.com.my)

Nyatakan jenis inflasi dalam petikan di atas.!

  1. ..... 

  2. ..... 

Pembahasan Soal:

Inflasi rendah yaitu inflasi yang mudah untuk dikendalikan dan belum begitu mengganggu perekonomian suatu negara. Terjadi kenaikan harga barang/jasa secara umum, biasanya di bawah 10% per tahun dan dapat dikendalikan.

Jadi berdasarkan kasus diatas, jenis inflasinya adalah inflasi ringan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan potongan artikel berita berikut!   Ekonom PT Bank Permata Tbk. Josua Pardede memperkirakan inflasi Juli 2018 mencapai 0,25% (mtm) atau 3,16% (yoy) atau meningkat tipis dari inflasi tahunan...

Pembahasan Soal:

Inflasi berdasarkan asalnya dibedakan menjadi imported inflation dan domestic inflation. Inflasi berdasarkan penyebabnya yaitu akibat kenaikan permintaan (demand pull inflation) dan akibat kenaikan biaya produksi (cost push inflation). Berdasarkan artikel tersebut inflasi disebabkan oleh kenaikan harga impor pakan ayam, sehingga berdasarkan asalnya disebut imported inflation. Apabila ditinjau berdasarkan penyebabnya adalah cost push inflation karena pakan ayam yang diimpor termasuk ke dalam biaya produksi.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin C.undefined 

Roboguru

Uraikan jenis-jenis inflasi!

Pembahasan Soal:

Inflasi adalah gejala kenaikan harga barang-barang secara umum dan terus menerus. 
Berikut jenis jenis inflasi:

  1. Jenis inflasi berdasarkan tingkat keparahannya terbagi ke dalam 4 macam, yaitu:
    • Inflasi ringan/merayap (creeping inflation) inflasi ini ditandai dengan peningkatan laju inflasi yang rendah. Biasanya, kurang dari 10% setahun.
    • Inflasi sedang (galloping inflation) inflasi ini sedikit lebih tinggi dibandingkan inflasi ringan. Lajunya berkisar antara 10-30% per tahun. Jenis inflasi ini ditandai dengan kenaikan harga yang cukup besar dalam waktu yang singkat.
    • Inflasi berat (high inflation) inflasi ini adalah yang tergolong berat. Mencakup laju mulai dari 30-100% setahun. Pada tingkat ini, harga kebutuhan masyarakat naik secara signifikan dan sulit dikendalikan.
    • Inflasi sangat berat (hyperinflation) inflasi ini sangat dirasakan karena terjadi secara besar-besaran dan mencapai lebih dari 100% setahun. Indonesia pun pernah mengalami hiperinflasi ini. Bahkan mencapai 600% di tahun 1998. Penyebabnya, karena terjadinya pencetakan uang secara besar-besaran demi menutup defisit anggaran pada waktu itu.
       
  2. Jenis Inflasi Berdasarkan Asalnya
    • Domestic inflation. Inflasi jenis ini biasanya diawali dengan adanya defisit dalam APBN. Jika pemerintah memutuskan untuk membiayai APBN dengan melakukan pencetakan uang baru, maka akan meningkatkan jumlah uang yang beredar. Meningkatnya jumlah uang yang beredar ini akan cenderung meningkatkan harga-harga kebutuhan. Akhirnya, timbul inflasi dalam negeri.
    • Imported inflation. Inflasi ini timbul karena naiknya harga-harga kebutuhan di luar negeri atau di negara-negara mitra dagang. Karena harga kebutuhan di luar negeri meningkat, otomatis harga barang tersebut pada saat dijual kembali di Indonesia juga akan menjadi tinggi.
       
  3. Jenis Inflasi Berdasarkan Penyebabnya
    Berdasarkan sebabnya terbagi menjadi 3 macam, yaitu:
    • Demand Pull Inflation. Inflasi ini terjadi akibat adanya sebuah permintaan (demand) yang tidak imbang dengan peningkatan jumlah penawaran produksi. Hal tersebut mengakibatkan kenaikan harga barang sesuai dengan hukum permintaan yakni apabila permintaan tinggi sedangkan penawaran tetap maka harga akan naik.
    • Cost Push Inflation. Inflasi yang penyebabnya adalah kenaikan biaya produksi yang disebabkan oleh kenaikan biaya input atau biaya faktor produksi.
    • Bottle Neck Inflation. Inflasi yang penyebabnya adalah faktor permintaan atau faktor penawaran.  
Roboguru

Apa yang dimaksud dengan cost push inflation dan demand pull inflation?

Pembahasan Soal:

Terjadinya inflasi disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya:

  1. Tarikan permintaan (demand pull inflation).
    Inflasi ini disebabkan permintaan atau daya tarik masyarakat yang tinggi pada suatu barang atau jasa, yang mana biasanya dipicu dari banyaknya jumlah uang yang beredar di pasar, sehingga permintaan jadi tinggi dan memicu perubahan tingkat harga. Peningkatan permintaan ini menyebabkan harga faktor produksi meningkat.
  2. Desakan (tekanan) produksi atau distribusi (cost push inflation).
    Inflasi ini disebabkan dorongan kenaikan biaya produksi dalam jangka waktu tertentu secara terus-menerus. Biasanya inflasi jenis ini dipengaruhi desakan biaya faktor produksi yang terus meningkat, kelangkaan produksi, atau kelangkaan distribusi.  
Roboguru

Inflasi yang terjadi karena kenaikan biaya produksi akibat tuntutan kenaikan gaji karyawan sehingga produsen menaikkan harga jual barang disebut. . .

Pembahasan Soal:

JAWABAN D

PEMBAHASAN

Inflasi disebabkan oleh dua faktor:

  1. Demand pull inflation: adanya kenaikan permintaan agregat yang lebih besar dibandingkan dengan penawaran agregat atas barang dan jasa.
  2. Cost push inflation: adanya kenaikan biaya produksi/biaya pengadaan barang dan jasa yang menyebabkan perusahaan mengurangi penawaran ke pasar.
Roboguru

Perhatikan potongan artikel berita berikut!   Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi Mei 2019 mencapai 0,68%. Inflasi ini dipicu oleh pergerakan harga bahan pangan yang...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan artikel tersebut, kenaikan harga bahan makanan selama Ramadan disebabkan karena adanya kenaikan permintaan (cost push inflation). Semakin tinggi suatu permintaan terhadap barang atau jasa maka akan mendorong kenaikan harga barang atau jasa tersebut. Berikut adalah kurva yang menggambarkan proses terjadinya demand pull inflation. Kenaikan permintaan menyebabkan kurva permintaan bergeser ke kanan (dari D1 ke D2) sedangkan penawarannya tetap, sehingga mengakibatkan terjadinya kenaikan harga (dari P1 ke P2), atau dapat di;ihat da;am bentuk kurva seperti di bawah ini.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin D.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved