Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan potongan artikel berita berikut! Bisnis.com ,JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi Mei 2019 mencapai 0,68%. Inflasi ini dipicu oleh pergerakan harga bahan pangan yang bergejolak sebesar 1,45% dan harga transportasi angkutan udara akibat pola musiman Ramadan dan Lebaran.Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan bahwa bahan makanan seperti cabai merah, ayam ras dan bawang putih mengalami kenaikan permintaan sepanjang bulan Ramadan. (Sumber: https://ekonomi.bisnis.com/read/20190610/9/932269/inflasi-mei-tak-sesuai-ekspektasi-bi-optimistis-sasaran-inflasi-aman ) Berdasarkan artikel berita tersebut, berikut adalah kurva yang menggambarkan inflasi di bulan Mei 2019 adalah ….

Perhatikan potongan artikel berita berikut!
 

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi Mei 2019 mencapai 0,68%. Inflasi ini dipicu oleh pergerakan harga bahan pangan yang bergejolak sebesar 1,45% dan harga transportasi angkutan udara akibat pola musiman Ramadan dan Lebaran. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan bahwa bahan makanan seperti cabai merah, ayam ras dan bawang putih mengalami kenaikan permintaan sepanjang bulan Ramadan.

(Sumber: https://ekonomi.bisnis.com/read/20190610/9/932269/inflasi-mei-tak-sesuai-ekspektasi-bi-optimistis-sasaran-inflasi-aman)


Berdasarkan artikel berita tersebut, berikut adalah kurva yang menggambarkan inflasi di bulan Mei 2019 adalah …. 

  1. undefined 

  2. undefined 

  3. undefined 

  4. undefined 

  5. undefined 

Iklan

K. Kusnandar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah poin D.

jawaban yang benar adalah poin D.undefined 

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan artikel tersebut, kenaikan harga bahan makanan selama Ramadan disebabkan karena adanya kenaikan permintaan ( cost push inflation ). Semakin tinggi suatu permintaan terhadap barang atau jasa maka akan mendorong kenaikan harga barang atau jasa tersebut. Berikut adalah kurva yang menggambarkan proses terjadinya demand pull inflation . Kenaikan permintaan menyebabkan kurva permintaan bergeser ke kanan (dari D1 ke D2) sedangkan penawarannya tetap, sehingga mengakibatkan terjadinya kenaikan harga (dari P1 ke P2), atau dapat di;ihat da;am bentuk kurva seperti di bawah ini. Jadi, jawaban yang benar adalah poin D.

Berdasarkan artikel tersebut, kenaikan harga bahan makanan selama Ramadan disebabkan karena adanya kenaikan permintaan (cost push inflation). Semakin tinggi suatu permintaan terhadap barang atau jasa maka akan mendorong kenaikan harga barang atau jasa tersebut. Berikut adalah kurva yang menggambarkan proses terjadinya demand pull inflation. Kenaikan permintaan menyebabkan kurva permintaan bergeser ke kanan (dari D1 ke D2) sedangkan penawarannya tetap, sehingga mengakibatkan terjadinya kenaikan harga (dari P1 ke P2), atau dapat di;ihat da;am bentuk kurva seperti di bawah ini.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin D.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan potongan artikel berita berikut! Ekonom PT Bank Permata Tbk. Josua Pardede memperkirakan inflasi Juli 2018 mencapai 0,25% (mtm) atau 3,16% (yoy) atau meningkat tipis dari inflasi tahun...

1

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia