Roboguru
SD

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ....

Pertanyaan

Bacalah teks berikut.


Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) harus bekerja keras terkait dengan makin maraknya iklan yang tidak masuk akal. YLKI sebaiknya terlibat aktif dalam penentuan kelayakan iklan yang akan ditayangkan di media massa. Iklan tidak boleh hanya mempertimbangkan faktor bisnis dan daya pikat konsumen. Iklan juga harus mempertimbangkan faktor agama, moral, budaya, dan pendidikan.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ....

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

gagasan pokok pada teks di atas adalah Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) harus bekerja lebih keras lagi dalam menangani iklan yang tidak masuk akal.space 

Pembahasan

Gagasan pokok atau gagasan utama dalam teks eksposisi adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Gagasan utama biasanya ditemukan pada kalimat utama. Kalimat utama biasanya ditemukan di awal atau akhir paragraf.

Teks tersebut adalah tentang Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yang harus bekerja lebih keras lagi dalam penanganan iklan. Dijelaskan lebih lanjut tentang kriteria iklan yang baik, yaitu iklan harus mempertimbangkan faktor agama, moral, budaya, dan pendidikan.

Gagasan pokok pada teks di atas adalah soal YLKI yang harus bekerja keras. Lalu terdapat gagasan pendukung yang menjelaskan lebih detail tentang kriteria iklan yang baik.

Dengan demikian, gagasan pokok pada teks di atas adalah Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) harus bekerja lebih keras lagi dalam menangani iklan yang tidak masuk akal.space 

75

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan yang disebut dengan kalimat utama!

13

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia