Iklan

Iklan

Pertanyaan

Faktor penyebab bangsa Belanda melakukan penjelajahan samudra untuk mencari sumber rempah-rempah adalah....

Faktor penyebab bangsa Belanda melakukan penjelajahan samudra untuk mencari sumber rempah-rempah adalah....space 

  1. Langkanya komoditas rempah-rempah di pasaran Eropaspace 

  2. Adanya persaingan perdagangan dengan lnggrisspace 

  3. Terputusnya hubungan perdagangan dengan Portugis karena dikuasai oleh Spanyolspace 

  4. Terputusnya hubungan perdagangan dengan Spanyol akibat perang selama 80 tahunspace 

  5. Adanya penemuan baru dalam bidang navigasi di Belanda yang memperlancar pelayaranspace 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Belanda menemui kesulitan untuk mendapatkan rempah-rempah. Belanda harus berusaha untuk mendapatkan rempah-rempah seperti yang telah dilakukan Portugis dan Spanyol. Orang-orang Belanda mulai mencari jalan untuk pergi ke dunia Timur atau Hindia Timur.

Belanda menemui kesulitan untuk mendapatkan rempah-rempah. Belanda harus berusaha untuk mendapatkan rempah-rempah seperti yang telah dilakukan Portugis dan Spanyol. Orang-orang Belanda mulai mencari jalan untuk pergi ke dunia Timur atau Hindia Timur. 

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah C. Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: Setelah Portugis dan Spanyol mulai melakukan penjelajahan samudera pada abad XV untuk menemukan benua penghasil rempah-rempah, Belanda pun mengikutinya. Peta, navigasi, keadaan samudera juga didapatkanBelanda dari Portugis. Selain itu, pada abad XV Belandamasih menjadi vasal (daerah bawahan) Spanyol. Berbagai gerakan terus dilakukan Belanda untuk melepaskan diri dari Spanyol yang kemudian dikenal Revolusi 80 tahun. Revolusi ini dimulai tahun 1566. Di tengah-tengah revolusi, kegiatan perdagangan orang-orang Belanda di Eropa terutama di pusat perdagangan di Lisabon (Portugal), terus berkembang dan masih berjalan normal. Belanda juga tidak menemui kesulitan untuk mendapatkan rempah-rempah di Lisabon. Tetapi pada saat Portugis berada di bawah kekuasaan Spanyol, maka Belanda dilarang lagi berdagang di Lisabon. Dengan demikian, Belanda menemui kesulitan untuk mendapatkan rempah-rempah. Belanda harus berusaha untuk mendapatkan rempah-rempah seperti yang telah dilakukan Portugis dan Spanyol. Orang-orang Belanda mulai mencari jalan untuk pergi ke dunia Timur atau Hindia Timur.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah C.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: 

Setelah Portugis dan Spanyol mulai melakukan penjelajahan samudera pada abad XV untuk menemukan benua penghasil rempah-rempah, Belanda pun mengikutinya. Peta, navigasi, keadaan samudera juga didapatkan Belanda dari Portugis. Selain itu, pada abad XV Belanda  masih menjadi vasal (daerah bawahan) Spanyol. Berbagai gerakan terus dilakukan Belanda untuk melepaskan diri dari Spanyol yang kemudian dikenal Revolusi 80 tahun. Revolusi ini dimulai tahun 1566. Di tengah-tengah revolusi, kegiatan perdagangan orang-orang Belanda di Eropa terutama di pusat perdagangan di Lisabon (Portugal), terus berkembang dan masih berjalan normal. Belanda juga tidak menemui kesulitan untuk mendapatkan rempah-rempah di Lisabon. Tetapi pada saat Portugis berada di bawah kekuasaan Spanyol, maka Belanda dilarang lagi berdagang di Lisabon. Dengan demikian, Belanda menemui kesulitan untuk mendapatkan rempah-rempah. Belanda harus berusaha untuk mendapatkan rempah-rempah seperti yang telah dilakukan Portugis dan Spanyol. Orang-orang Belanda mulai mencari jalan untuk pergi ke dunia Timur atau Hindia Timur. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

11

Manda

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang termasuk peraturan pendidikan zaman kolonial Belanda adalah ... Goroe Ordonante Wilde Scholen Ordonantie Toezight-Ordonantie Particulier Onderwijs Koeli Ordonantie

21

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia