Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dita bergegas datang ke rumah Todi untuk memberikan pertolongan kepada keluarga Todi yatang sedang mengalami musibah, rumahnya tertimbun tanah longsor. Tindakan tersebut sesuai dengan ajaran agama agar berbuat baik pada sesama. Interaksi antara Dita, Todi, dan keluarganya dipengaruhi oleh ....

Dita bergegas datang ke rumah Todi untuk memberikan pertolongan kepada keluarga Todi yatang sedang mengalami musibah, rumahnya tertimbun tanah longsor. Tindakan tersebut sesuai dengan ajaran agama agar berbuat baik pada sesama. Interaksi antara Dita, Todi, dan keluarganya dipengaruhi oleh ....

  1. pola perilaku

  2. identifikasi

  3. order sosial

  4. keajegan

  5. tertib sosial

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Interaksi antara Dita, Todi, dan keluarganya dipengaruhi oleh faktor Order sosial, karena ada penekanan tindakan tersebut sesuai dengan ajaran agama agar berbuat baik pada sesama . Order sosial merupakan sistem norma dan nilai sosial yang berkembang, diakui dan dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat dan dijadikan pedoman dalam bertindak. Sehingga tindakan yang dilakukan Dita kepada Todi dan keluarganya berpedoman pada sistem nilai dn norma pada agama yang mengajarkan untuk berbuat baik pada sesama. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu : Pola perilaku merupakan corak hubungan yang tetap atau ajek dalam interaksi sosial Identifikasi merupakan kajian dalam faktor yang mempengaruhi interaksi sosial. identifikasi adalah suatu proses peniruan kepada tokoh yang di idolakan secara keseluruhan atau identik sama. Tertib sosial, merupakan kondisi kehidupan dalam masyarakat yang aman, teratur serta dinamis yang ditandai dengan setiap individu berperilaku sesuai dengan hak dn kewajibannya. Sebagai contoh Masyarakat desa tercipta kondisi tertib karena anggotanya berperilaku sesuai status dan perannya. Keajegan, merupakan kondisi keteraturan yang tetap dan tidak berubah karena individu konsisten menjalankan nilai dan norma. Sebagai contoh Joni selalu mencium tangan kedua orangtuanya ketika pergi atau pulang ke rumah.

Interaksi antara Dita, Todi, dan keluarganya dipengaruhi oleh faktor Order sosial, karena ada penekanan tindakan tersebut sesuai dengan ajaran agama agar berbuat baik pada sesama. Order sosial merupakan sistem norma dan nilai sosial yang berkembang, diakui dan dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat dan dijadikan pedoman dalam bertindak. Sehingga tindakan yang dilakukan Dita kepada Todi dan keluarganya berpedoman pada sistem nilai dn norma pada agama yang mengajarkan untuk berbuat baik pada sesama.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu :

  • Pola perilaku merupakan corak hubungan yang tetap atau ajek dalam interaksi sosial
  • Identifikasi merupakan kajian dalam faktor yang mempengaruhi interaksi sosial. identifikasi adalah suatu proses peniruan kepada tokoh yang di idolakan secara keseluruhan atau identik sama.
  • Tertib sosial, merupakan kondisi kehidupan dalam masyarakat yang aman, teratur serta dinamis yang ditandai dengan setiap individu berperilaku sesuai dengan hak dn kewajibannya. Sebagai contoh Masyarakat desa tercipta kondisi tertib karena anggotanya berperilaku sesuai status dan perannya.
  • Keajegan, merupakan kondisi keteraturan yang tetap dan tidak berubah karena individu konsisten menjalankan nilai dan norma. Sebagai contoh Joni selalu mencium tangan kedua orangtuanya ketika pergi atau pulang ke rumah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

88

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sekolah meerapkan disiplin tinggi dan memiliki tata tertib yang jelas sebagai acuan bagi siswa dalam bertingkah laku selama berada di lingkungan sekolah. Setiap terjadi pelanggaran maka diterapkan san...

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia