Roboguru

Disajikan beberapa larutan berikut.  Larutan CO(NH2)2 0,25 M  Larutan MgCl2 0,2 M Larutan NaOH 0,25 M  Larutan C6H12O6 0,5 M  Larutan K3PO4 0,1 M Pada suhu yang sama pasangan larutan yang isotonik ditunjukkan oleh angka ....

Pertanyaan

Disajikan beberapa larutan berikut. 

  1. Larutan CO(NH2)2 0,25 M 
  2. Larutan MgCl2 0,2 M
  3. Larutan NaOH 0,25 M 
  4. Larutan C6H12O6 0,5 M 
  5. Larutan K3PO4 0,1 M

Pada suhu yang sama pasangan larutan yang isotonik ditunjukkan oleh angka ....space 

  1. 1) dan 2)space 

  2. 1) dan 3)space 

  3. 2) dan 5)space 

  4. 3) dan 4)space 

  5. 4) dan 5)space 

Pembahasan Soal:

Larutan dikatakan isotonik jika larutan-larutan tersebut mempunyai tekanan osmotik/konsentrasi zat terlarut yang sama. Konsentrasi larutan-larutan tersebut sebagai berikut.
 

MCO(NH2)20,25MMMgCl20,2MMNaOH0,25MMC6H12O60,5MMK3PO40,1M===========0,25M(nonelektrolit)M×i0,2M×30,6MM×i0,25M×20,5M0,5M(nonelektrolit)M×i0,1M×40,4M 
 

Berdasarkan hasil di atas, larutan yang memiliki konsentrasi zat terlarut sama adalah larutan 3) dan 4). Maka, pasangan larutan yang isotonik ditunjukkan oleh angka 3) dan 4).

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Khikmatun

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cairan infus merupakan salah satu contoh penggunaan prinsip tekanan osmotik dalam kehidupan sehari-hari. Jika tekanan osmotik darah manusia pada suhu 37∘C adalah 7,7 atm. Berapakah massa glukosa yang ...

Pembahasan Soal:

Larutan isotonik merupakan larutan-larutan yang memiliki tekanan osmotik sama. Glukosa memiliki rumus molekul C6H12O6 dan termasuk zat nonelektrolit.

Massa glukosa yang harus dilarutkan dapat ditentukan menggunakan rumus tekanan osmotik sebagai berikut.


RTMrC6H12O6πglukosaππ7,7g============0,082Latmmol1K137C+273=310K6(ArC)+12(ArH)+6(ArO)6(12)+12(1)+6(16)180πdarahM×R×TMrg×mL1000×R×T180g×2501000×0,082×3100,082×310×47,7×180101,68138613,63g


Dengan demikian, massa glukosa yang harus dilarutkan untuk membuat 250 mL larutan cairan infus yang isotonik dengan darah manusia adalah 13,63 g.

Cairan infus yang dibuat harus isotonik dengan darah, karena jika larutan yang dibuat isotonis maka air yang masuk dan keluar dinding sel akan setimbang (terjadi kesetimbangan dinamis). Namun, jika cairan infus yang konsentrasinya lebih tinggi (hipertonik) dimasukkan ke dalam sel darah merah, air akan keluar dari dalam sel dan sel akan mengerut. Sebaliknya, jika cairan infus yang konsentrasinya lebih rendah (hipotonik) dimasukkan ke dalam sel darah merah, air akan masuk ke dalam sel dan sel akan menggembung dan pecah (plasmolisis). Kondisi ini membahayakan pasien.

Dengan demikian, alasan mengapa cairan infus yang dibuat harus isotonik dengan darah adalah seperti penjelasan diatas. 

0

Roboguru

Untuk membuat 200 mL larutan urea yang isotonik dengan larutan NaCl 0,1 M; diperlukan urea () sebanyak ….

Pembahasan Soal:

Larutan yang isotonik memiliki tekanan osmotik yang sama.undefinedMaka dari itu, untuk dapat mengetahui massa urea yang diperlukan digunakan persamaan tekanan osmotik sebagai berikut :

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell italic pi subscript urea end cell equals cell italic pi subscript NaCl end cell row cell italic M subscript urea cross times italic R cross times italic T end cell equals cell italic M subscript NaCl cross times italic R cross times italic T cross times italic i end cell row cell italic m subscript urea over 60 cross times fraction numerator 1.000 over denominator 200 end fraction space M end cell equals cell 0 comma 1 space M cross times left curly bracket 1 plus left parenthesis 2 minus sign 1 right parenthesis 1 right curly bracket end cell row cell italic m subscript urea end cell equals cell 2 comma 4 space gram end cell end table end style 

Berdasarkan perhitungan diperoleh massa urea yang diperlukan untuk membuat laruran urea 200 mL yang isotonik dengan Na Cl space 0 comma 1 space M sebesar 2,4 gram.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar ilustrasi komposisi larutan berikut!    Pernyataan yang tepat untuk kedua larutan tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Sifat koligatif ialah sifat-sifat fisik larutan yang bergantung kepada konsentrasi partikel zat terlarut, akan tetapi tidak pada jenisnya. Larutan elektrolit memiliki sifat koligatif yang lebih besar dari pada larutan non elektrolit berkonsentrasi sama dikarenakan larutan elektrolit memiliki jumlah partikel terlarut yang lebih banyak. Ada empat sifat koligatif larutan, yaitu: penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis.

Jika ke dalam air dilarutkan sejumlah zat terlarut yang sukar menguap sehingga terbentuk larutan:

  1. maka tekanan uap larutan tersebut akan lebih rendah dari pada tekanan uap air murni.
  2. maka titik didih larutan tersebut akan lebih tinggi dari pada titik didih air murni.
  3. maka titik beku larutan tersebut akan lebih rendah dari pada titik beku air murni.
  4. maka tekanan osmotik larutan tersebut akan sebanding dengan banyaknya jumlah partikel zat terlarut.

Jika kita perhatikan gambar ilustrasi pada soal, maka kita dapat menghitung bahwa larutan A memiliki zat terlarut yang lebih banyak dibanding larutan B.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Larutan yang isotonik dengan larutan NaCl 0,3 M adalah ....

Pembahasan Soal:

Larutan isotonik artinya larutan-larutan yang memiliki tekanan osmotik sama. Rumus dari tekanan osmotik larutan (π) adalah sebagai berikut.


(nonelektrolit)π=M×R×T(elektrolit)π=M×R×T×i


Dalam rumus tekanan osmotik untuk larutan elektrolit terdapat faktor van't Hoff (i) karena adanya ion-ion yang terurai. Nilai i dapat ditentukan dengan rumus yaitu: i=1+(n1)α, dimana n merupakan jumlah ion dan α merupakan derajat ionisasi. Senyawa asam kuat, basa kuat, dan garam yang mudah larut dalam air terionisasi sempurna sehingga nilai α=1. Jika α=1, maka nilai i=n.

Langkah pertama yaitu tentukan terlebih dahulu besarnya tekanan osmotik dari larutan NaCl 0,3 M.


NaCliπ====Na++Cln=2M×R×T×i0,3×R×T×20,6RTatm


Langkah selanjutnya, tentukan senyawa yang memiliki tekanan osmotik sama (0,6 RT atm)


K2CrO4iπ====2K++CrO42n=3M×R×T×i0,2×R×T×30,6RTatm


Terdapat kesalahan / typo pada senyawa di opsi B, senyawa yang benar adalah K2CrO4. Dengan demikian, larutan isotonik dengan larutan NaCl 0,3 M adalah K2CrO4 0,2 M.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Tekanan osmotik rata-rata dari darah adalah 7,7 atm . Berapakah konsentrasi glukosa  agar isotonik (tekanan sama) dengan darah?

Pembahasan Soal:

Tekanan osmotik (pi) merupakan tekanan yang diperlukan untuk mempertahankan agar pelarut tidak berpindah dari larutan encer ke larutan pekat. Isotoni artinya larutan yang memiliki tekanan osmotik sama.

Tekanan osmotik dapat dirumuskan sebagai berikut.


table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row pi equals cell M middle dot R middle dot T end cell row blank blank cell Keterangan colon end cell row pi equals cell tekanan space osmotik space open parentheses atm close parentheses end cell row M equals cell konsentrasi forward slash kemolaran space larutan space left parenthesis mol space L to the power of negative sign 1 end exponent right parenthesis end cell row R equals cell tetapan space gas space ideal space left parenthesis 0 comma 082 space L space atm space mol to the power of negative sign 1 end exponent space K to the power of negative sign 1 end exponent right parenthesis end cell row T equals cell suhu space left parenthesis K equals degree C plus 273 right parenthesis end cell end table


Dengan demikian, agar glukosa isotonis dengan darah maka konsentrasinya yaitu :


table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell pi subscript glukosa end cell equals cell pi subscript darah end cell row cell M subscript glukosa middle dot R middle dot T end cell equals cell pi subscript darah end cell row cell M subscript glukosa middle dot 0 comma 082 middle dot left parenthesis 25 plus 273 right parenthesis end cell equals cell 7 comma 7 end cell row cell M subscript glukosa middle dot 0 comma 082 middle dot 298 end cell equals cell 7 comma 7 end cell row cell M subscript glukosa end cell equals cell fraction numerator 7 comma 7 over denominator 24 comma 44 end fraction end cell row blank equals cell 0 comma 32 space M end cell end table


Jadi, konsentrasi glukosa open parentheses C subscript 6 H subscript 12 O subscript 6 close parentheses agar isotonik (tekanan sama) dengan darah adalah 0,32 M.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved