Iklan

Iklan

Pertanyaan

Diketahui nomor atom H = 1, C = 6, dan N = 7. Pernyataan benar untuk molekul HCN adalah ... Memiliki struktur molekul linear Bersifat polar Berdasarkan struktur Lewis, ada ikatan rangkap 3 pada C dan N Atom pusat C tidak memiliki elektron bebas (SNMPTN 2011)

Diketahui nomor atom H = 1, C = 6, dan N = 7. Pernyataan benar untuk molekul  adalah ...

  1. Memiliki struktur molekul linearspace
  2. Bersifat polarspace
  3. Berdasarkan struktur Lewis, ada ikatan rangkap 3 pada C dan Nspace
  4. Atom pusat C tidak memiliki elektron bebasspace

(SNMPTN 2011)space

  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.space

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.space

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.space

  4. HANYA 4 yang benar.space

  5. SEMUA pilihan benar.space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.space

Iklan

Pembahasan

Struktur ruang suatu molekul dapat diramalkan berdasarkan adanya Pasangan Elektron lkatan (PEl) dan Pasangan Elektron Bebas (PEB) pada kulit terluar dari atom pusat di dalam molekul tersebut. Pasangan elektron yang terdapat pada kulit terluar dari suatu atom pusat memiliki muatan sejenis sehingga terjadi suatu gaya tolak-menolak. Pasangan-pasangan elektron ini akan memperkecil gaya tolak-menolak tersebut dengan membentuk suatu susunan tertentu. Teori ini dikenal sebagai Teori Tolakan Pasangan Elektron Kulit Valensi atau Teori VSEPR ( Valence Shell Electron Pair Repulsion ). Untuk dapat menjawab soal di atas, terlebih dahulu perlu dibuat struktur Lewis dari senyawa HCN agar dapat mengetahui banyaknya PEI dan PEB pada atom pusatnya. Struktur Lewis dari senyawa HCN adalah sebagai berikut. Berdasarkan struktur Lewis senyawa HCN di atas, terlihat bahwa pada atom pusat senyawa HCN , yaitu atom C, tidak terdapat pasangan elektron bebas (PEB). Dari struktur Lewis di atas juga menunjukkan bahwa terbentuk ikatan kovalen rangkap 3 antara atom C dengan N. Senyawa HCN memiliki bentuk molekul linier dengan sudut ikatan 18 0 ∘ . Senyawa yang memiliki bentuk molekul linier, biasanya akan bersifat nonpolar, dikarenakan tidak adanya PEB pada atom pusatnya. Tetapi pada kenyataannya, senyawa HCN merupakan senyawa yang bersifat polar. Hal ini disebabkan karena perbedaan keelektronegatifan antara unsur-unsur penyusunnya. Nilai keelektronegatifan dari atom H, C, dan N berturut-turut adalah 2,1; 2,5; dan 3;0. Jika dihitung perbedaan keelektrobegatifan dari atom H dan C adalah sebesar 0,4; sedangkanperbedaan keelektrobegatifan dari atom Cdan Nadalah sebesar 0,5. Perbedaan keelektronegatifan tersebut menyebabkan atom H dan C memiliki kecenderungan tertarik ke arah atom N yang memiliki keelektronegatifan terbesar. Kecenderungan elektron atom H dan C tertarik ke arah atom N menyebabkan distribusi elektron menjadi tidak merata, sehingga menyebabkan molekul HCN bersifat polar. Dengan demikian, makapernyataan benar untuk molekul HCN adalah pernyataan pada poin 1, 2, 3, dan 4 atau semua benar. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Struktur ruang suatu molekul dapat diramalkan berdasarkan adanya Pasangan Elektron lkatan (PEl) dan Pasangan Elektron Bebas (PEB) pada kulit terluar dari atom pusat di dalam molekul tersebut. Pasangan elektron yang terdapat pada kulit terluar dari suatu atom pusat memiliki muatan sejenis sehingga terjadi suatu gaya tolak-menolak. Pasangan-pasangan elektron ini akan memperkecil gaya tolak-menolak tersebut dengan membentuk suatu susunan tertentu. Teori ini dikenal sebagai Teori Tolakan Pasangan Elektron Kulit Valensi atau Teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repulsion).

Untuk dapat menjawab soal di atas, terlebih dahulu perlu dibuat struktur Lewis dari senyawa  agar dapat mengetahui banyaknya PEI dan PEB pada atom pusatnya. Struktur Lewis dari senyawa  adalah sebagai  berikut.


 


Berdasarkan struktur Lewis senyawa  di atas, terlihat bahwa pada atom pusat senyawa , yaitu atom C, tidak terdapat pasangan elektron bebas (PEB). Dari struktur Lewis di atas juga menunjukkan bahwa terbentuk ikatan kovalen rangkap 3 antara atom C dengan N. Senyawa  memiliki bentuk molekul linier dengan sudut ikatan . Senyawa yang memiliki bentuk molekul linier, biasanya akan bersifat nonpolar, dikarenakan tidak adanya PEB pada atom pusatnya. Tetapi pada kenyataannya, senyawa  merupakan senyawa yang bersifat polar. Hal ini disebabkan karena perbedaan keelektronegatifan antara unsur-unsur penyusunnya.

Nilai keelektronegatifan dari atom H, C, dan N berturut-turut adalah 2,1; 2,5; dan 3;0. Jika dihitung perbedaan keelektrobegatifan dari atom H dan C adalah sebesar 0,4; sedangkan perbedaan keelektrobegatifan dari atom C dan N adalah sebesar 0,5. Perbedaan keelektronegatifan tersebut menyebabkan atom H dan C memiliki kecenderungan tertarik ke arah atom N yang memiliki keelektronegatifan terbesar. Kecenderungan elektron atom H dan C tertarik ke arah atom N menyebabkan distribusi elektron menjadi tidak merata, sehingga menyebabkan molekul  bersifat polar.space

Dengan demikian, maka  pernyataan benar untuk molekul  adalah pernyataan pada poin 1, 2, 3, dan 4 atau semua benar.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space

341

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Atom Cl ( Z = 17) dapat berikatan dengan F ( Z = 9) membentuk ClF 3 ​ , pernyataan yang benar untuk ClF 3 ​ adalah ... Bersifat kovalen polar Memiliki geometri berbentuk T Mempunyai intera...

6rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia