Iklan

Iklan

Pertanyaan

Diberikan tabel sifat 2 buah zat sebagai berikut: Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa....

Diberikan tabel sifat 2 buah zat sebagai berikut:



Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa .... space 

  1.  space 

  2.  space 

  3.  space 

  4.  space 

  5. space 

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Pada ikatan ionik terjadi gaya Coloumb sehingga pada senyawa ionik diperlukan energi lebih besar untuk mengalahkan gaya tersebut. Hal ini menyebabkan titik didih dan titik leleh senyawa ionik lebih tinggi daripada senyawa kovalen. Senyawa ionik umumnya memiliki titik didih dan titik leleh diatas 800 ∘ C , sedangkan senyawa kovalen titik didihnya dibawah 200 ∘ C . Berdasarkan kelarutannya dalam air, senyawa ionik dan senyawa kovalen polar cenderung mudah larut dalam pelarut air (polar)sedangkan senyawa kovalen nonpolar cenderung larut dalam pelarut nonpolar dan tidak larut dalam air. Ditinjau dari daya hantar listriknya, senyawa ion dalam bentuk lelehan dan larutan dapat menghantarkan listrik karena ion-ionnya bergerak bebas sehingga dalam padatan tidak dapat menghantarkan listrik. Senyawa kovalen polar dapat menghantarkan listrik hanya dalam bentuk larutannya saja, sedangkan senyawa kovalen nonpolar tidak dapat menghantarkan listrik dalam bentuk apapun. Dengan demikian, berdasarkan data tabel diatas dapat disimpulkan bahwa zat X adalah senyawa ionik dan zat Y adalah senyawa kovalen nonpolar. Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Pada ikatan ionik terjadi gaya Coloumb sehingga pada senyawa ionik diperlukan energi lebih besar untuk mengalahkan gaya tersebut. Hal ini menyebabkan titik didih dan titik leleh senyawa ionik lebih tinggi daripada senyawa kovalen. Senyawa ionik umumnya memiliki titik didih dan titik leleh diatas , sedangkan senyawa kovalen titik didihnya dibawah .

Berdasarkan kelarutannya dalam air, senyawa ionik dan senyawa kovalen polar cenderung mudah larut dalam pelarut air (polar) sedangkan senyawa kovalen nonpolar cenderung larut dalam pelarut nonpolar dan tidak larut dalam air.

Ditinjau dari daya hantar listriknya, senyawa ion dalam bentuk lelehan dan larutan dapat menghantarkan listrik karena ion-ionnya bergerak bebas sehingga dalam padatan tidak dapat menghantarkan listrik. Senyawa kovalen polar dapat menghantarkan listrik hanya dalam bentuk larutannya saja, sedangkan senyawa kovalen nonpolar tidak dapat menghantarkan listrik dalam bentuk apapun.

Dengan demikian, berdasarkan data tabel diatas dapat disimpulkan bahwa zat X adalah senyawa ionik dan zat Y adalah senyawa kovalen nonpolar.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space 

Latihan Bab

Pendahuluan Ikatan Kimia

Teori Ikatan Lewis

Ikatan Ion

Ikatan Kovalen

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sekelompok siswa dengan ketua Dhania mendapat tugas untuk membandingkan titik leleh/titik didih dari senyawa CH 4 ​ , senyawa Cl 2 ​ O , dan senyawa Al 2 ​ O 3 ​ secara eksperimen. Bantulah kelompok D...

93

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia