Roboguru

Pertanyaan

Di kota besar seperti Jakarta, masuknya pendatang berdampak pada tergesernya dominasi penduduk asli. Dalam penyelenggaraan kekuasaan melibatkan para pendatang sehingga membentuk komposisi baru di masyarakat yang berupa...

  1. mayoritas dominan

  2. minoritas dominan

  3. komposisi seimbang

  4. fragmentasi sosial

  5. pribumi dan pendatang

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Sebagai kota metropolitan, Jakarta selalu diserbu pendatang baru tiap tahunnya. Hal ini berdampak pada tergesernya penduduk asli. Penyelenggaraan kekuasaanpun menjadi terbuka bagi semua pihak termasuk pendatang. Keadaan seperti ini mengakibatkan terciptanya konfigurasi komposisi seimbang dalam masyarakat. Komposisi seimbang berarti kondisi dimana masyarakat terdiri atas sejumlah komunitas atau etnik yang mempunyai kekuatan (jumlah individu dalam kelompok) kompetitif yang kurang lebih seimbang.

Sementara itu mayoritas dominan merupakan masyarakat majemuk yang terdiri atas sejumlah komunitas etnik dengan kekuatan kompetitif tidak seimbang. Dimana salah satu kekuatan kompetitif lebih besar daripada kelompok lainnya, atau suatu kelompok etnik mayoritas mendominasi kompetisi sehingga posisi kelompok-kelompok yang lain menjadi kecil.

Sedangkan minoritas dominan merupakan suatu masyarakat dimana satu kelompok etnik minoritas mempunyai keunggulan kompetitif yang luas sehingga mendominasi kehidupan politik atau ekonomi masyarakat.

Yang terakhir, fragmentasi kelompok merupakan masyarakat yang terdiri atas sejumlah kelompok etnik, tetapi semuanya dalam jumlah yang kecil sehingga tidak ada satu kelompok pun yang mempunyai posisi politik atau ekonomi yang dominan. Masyarakat demikian ini biasanya sangat stabil, tapi masih mempunyai potensi konflik karena rendahnya kemampuan coalition building.

6

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Cara yang tepat untuk membentuk sistem pemerintahan yang kuat pada negara yang memiliki rakyat multikultural yaitu dengan dibentuk koalisi etnik. Bentuk konfigurasi pemerintahan yang dimasud adalah .....

57

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia