Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di dalam masyarakat yang nilai dan normanya dipatuhi, menjadikan masing-masing warga menjalankan tugas sesuai dengan status sosialnya. Pemimpinnya bisa menegakkan peraturan dengan baik dan konsisten yang membuat hubungan antara rakyat dengan pemimpin harmonis. Unsur yang berpengaruh terhadap keteraturan sosial tersebut adalah …

Di dalam masyarakat yang nilai dan normanya dipatuhi, menjadikan masing-masing warga menjalankan tugas sesuai dengan status sosialnya. Pemimpinnya bisa menegakkan peraturan dengan baik dan konsisten yang membuat hubungan antara rakyat dengan pemimpin harmonis. Unsur yang berpengaruh terhadap keteraturan sosial tersebut adalah …

  1. order

  2. pola

  3. keajegan

  4. kebiasaan

  5. dinamika sosial

Iklan

P. Nabilah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kondisi keteraturan sosial tersebut tergolong sebagai order.

kondisi keteraturan sosial tersebut tergolong sebagai order.

Iklan

Pembahasan

Keteraturan sosial adalah kondisi sosial yang stabil dan hubungan sosial antarindividu atau masyarakat yang harmonis. Terdapat empat unsur keteraturan sosial. Terpenuhinya keempat unsur tersebut berarti terciptanya keteraturan dalam masyarakat. Berikut adalah unsur-unsur terciptanya keteraturan sosial: Tertib sosial: keadaan masyarakat dengan kehidupan tertib dan teratur sebagai hasil dari interaksi sosial yang berjalan harmonis. Sebagai contoh, seorang pendatang melapor kepada ketua RT setempat sebelum keliling kampung meminta sumbangan pembangunan masjid. Order: sistem nilai dan norma yang berlaku dan dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat. Sebagai contoh, masyarakat desa yang melakukan kerja bakti membersihkan got atau selokan di kampungnya. Keajegan: keteraturan sosial yang reguler atau rutin sebagai hasil dari interaksi sosial yang mengalami pelembagaan. Contoh, seorang anak yang rutin pergi ke sekolah untuk belajar. Seorang pegawai yang rutin pergi ke kantor untuk melayani masyarakat. Pola: corak hubungan sosial yang tetap dalam kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, musyarawah yang digunakan masyarakat (warga) dalam menyelesaikan berbagai masalah. Berdasarkan pada soal, penegakan peraturan dengan baik dan konsisten dijalankan oleh pemimpin dengan masyarakat sehingga membuat hubungan keduanya harmonis. Hal tersebut terjadi karena setiap anggota masyarakat menjalankan tugasnya sesuai dengan status sosial serta mematuhi nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Dengan demikian, kondisi keteraturan sosial tersebut tergolong sebagai order.

Keteraturan sosial adalah kondisi sosial yang stabil dan hubungan sosial antarindividu atau masyarakat yang harmonis. Terdapat empat unsur keteraturan sosial. Terpenuhinya keempat unsur tersebut berarti terciptanya keteraturan dalam masyarakat. Berikut adalah unsur-unsur terciptanya keteraturan sosial:

  • Tertib sosial: keadaan masyarakat dengan kehidupan tertib dan teratur sebagai hasil dari interaksi sosial yang berjalan harmonis. Sebagai contoh, seorang pendatang melapor kepada ketua RT setempat sebelum keliling kampung meminta sumbangan pembangunan masjid.
  • Order: sistem nilai dan norma yang berlaku dan dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat. Sebagai contoh, masyarakat desa yang melakukan kerja bakti membersihkan got atau selokan di kampungnya.
  • Keajegan: keteraturan sosial yang reguler atau rutin sebagai hasil dari interaksi sosial yang mengalami pelembagaan. Contoh, seorang anak yang rutin pergi ke sekolah untuk belajar. Seorang pegawai yang rutin pergi ke kantor untuk melayani masyarakat.
  • Pola: corak hubungan sosial yang tetap dalam kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, musyarawah yang digunakan masyarakat (warga) dalam menyelesaikan berbagai masalah.

Berdasarkan pada soal, penegakan peraturan dengan baik dan konsisten dijalankan oleh pemimpin dengan masyarakat sehingga membuat hubungan keduanya harmonis. Hal tersebut terjadi karena setiap anggota masyarakat menjalankan tugasnya sesuai dengan status sosial serta mematuhi nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Dengan demikian, kondisi keteraturan sosial tersebut tergolong sebagai order.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sekolah meerapkan disiplin tinggi dan memiliki tata tertib yang jelas sebagai acuan bagi siswa dalam bertingkah laku selama berada di lingkungan sekolah. Setiap terjadi pelanggaran maka diterapkan san...

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia