Roboguru

Di bawah ini termasuk ciri-ciri folklore, kecuali ....

Pertanyaan

Di bawah ini termasuk ciri-ciri folklore, kecuali ....

  1. Bersifat tradisional

  2. Bersifat anomin 

  3. Hadir dalam versi yang monoton

  4. Menjadi milik bersama

  5. Penyebarannya secara lisan

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Folklor merupakan kebudayaan suatu kolektif, yang tersebar dan diwariskan secara turun-temurun, diantara kolektif macam apa saja, secara tradisional dalam versi yang berbeda, baik dalam bentuk lisan maupun contoh yang disertai dengan gerak isyarat atau alat pembantu pengingat. Folklor memiliki beberapa ciri, yakni penyebarannya secara lisan, bersifat tradisional, menjadi milik bersama, bersifat anomin, bersifat pralogis, bersifat polos dan lugu, memiliki versi yang berbeda-beda, serta berfungsi sebagai alat pendidik, pelipur lara, protes sosial, dan proyeksi keinginan terpendam.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Foklore, Legenda dan Mitolog!

Pembahasan Soal:

Folklore atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan istilah folklor, merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mengulas serta membahas mengenai kebudayaan. Folklor terdiri dari dua suku kata yaitu folk dan lore. Dundes menjelaskan (dalam Danandjaja, 1997) folk adalah sekumpulan manusia dengan ciri-ciri fisik, budaya serta sosial yang sama sehingga dapat kenali dari kelompok yang lain. Ciri-ciri pengenalan fisik yang disebutkan dapat berupa bahasa, mata pencaharian, warna kulit, bahasa atau logat, dan kepercayaan. Folklor dapat diartikan sebagai sekelompok orang (suku) yang mempunyai tradisi yang diakui oleh bersama serta diwariskan ke setiap generasinya. Foklor juga dapat diartikan sebagai tradisi lisan dari suatu masyarakat yang tersebra atau diwariskan secara turun-temurun.

Legenda adalah prosa rakyat yang dianggap oleh yang punya cerita sebagai suatu kejadian yang sungguh-sungguh pernah terjadi. Legenda sering dianggap sebagai “sejarah” kolektif (folk history). Meskipun dianggap sebagai sejarah tetapi kisahnya tidak tertulis maka legenda dapat mengalami distorsi sehingga seringkali dapat jauh berbeda dengan kisah aslinya. Legenda diwariskan secara turun temurun, biasanya berisi petuah atau petunjuk mengenai yang benar dan yang salah. Dalam legenda dimunculkan pula berbagai sifat dan karakter manusia dalam menjalani kehidupannya yaitu sifat yang baik dan yang buruk, sifat yang benar dan yang salah untuk selanjutnya dijadikan pedoman bagi generasi selanjutnya.

Mitologi berasal dari kata Mite yang berarti cerita yang memiliki latar belakang sejarah, dipercayai oleh masyarakat sebagai cerita yang benar-benar terjadi, dianggap suci, banyak mengandung hal-hal gaib, dan umumnya ditokohi oleh dewa atau setengah dewa. Mitologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang kesusastraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci, kehidupan para dewa, dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Cerita-cerita yang terkandung dalam mite bukanlah sejarah tetapi didalamnya terdapat unsur-unsur sejarahnya.

Dengan demikian, foklore adalah tradisi lisan dari suatu masyarakat yang tersebra atau diwariskan secara turun-temurun, legenda adalah prosa rakyat yang dianggap oleh yang punya cerita sebagai suatu kejadian yang sungguh-sungguh pernah terjadi, dan mitologi adalah kesusastraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci, kehidupan para dewa, dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan.

Roboguru

Jelaskan yang dimaksud dengan folklore dan kemukakan ciri-cirinya!

Pembahasan Soal:

Folklor berasal dari bahasa Inggris folklore, folk artinya 'rakyat' dan lore artinya 'tradisi' atau 'ilmu pengetahuan'. Folklor adalah bagian dari kebudayaan suatu masyarakat yang bersifat tradisional, tersebar, dan diwariskan secara lisan dan turun-temurun. Jenis folklor ada dua, lisan dan tulisan. Contoh folklor lisan adalah bahasa rakyat, teka-teki, puisi rakyat, cerita prosa rakyat, dan nyanyian rakyat, sedangkan contoh folklor nonlisan seperti arsitektur rakyat, kerajinan tangan rakyat, pakaian dan perhiasan tradisional, makanan dan minuman tradisional, dan musik tradisional. Ciri-ciri folklor adalah sebagai berikut.

  • Penyebaran dan pewarisannya dilakukan secara lisan.
  • Bersifat tradisional, artinya terikat dalam bentuk dan aturan yang baku.
  • Bersifat anonim, artinya nama penciptanya tidak diketahui.
  • Memiliki gaya bahasa yang berlebihan (hiperbola).
  • Mempunyai fungsi penting dalam kehidupan bersama dalam suatu masyarakat, seperti sebagai hiburan, pendidikan nilai, untuk protes sosial, bahkan untuk mengungkapkan keinginan yang terpendam.
  • Merupakan milik bersama masyarakat pendukungnya.

Dengan demikian, folklor adalah bagian dari kebudayaan masyarakat yang diwariskan secara turun-temurun dan mempunyai beberapa ciri khas. Ciri-ciri folklor diantaranya adalah penyebarannya secara lisan, bersifat tradisional, anonim, dan gaya bahasanya berlebihan.

Roboguru

Tradisi masyarakat Indonesia yang sudah mengenal tulisan diketahui dari penemuan ….

Pembahasan Soal:

Folklore merupakan tradisi kolektif masyarakat yang diwariskan secara turun menurun. Dengan adanya folklore, dapat dilihat kebudayaan suatu suku bangsa sebelum adanya pengaruh kebudayaan asing. Kebudayaan tersebut misalnya kepercayaan, pandangan hidup, adat istiadat, dan cara berpikir masyarakat. Folklore disampikan secara lisan dari mulut ke mulut. Folklor berfungsi sebagai alat pendidik, pelipur lara, protes sosial, dan proyeksi keinginan terpendam. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D. 

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan folklore?

Pembahasan Soal:

Hasil budaya dari masa pra aksara mengalami perkembangan, di akhir masa pra aksara manusia sudah mengenal beberapa budaya yang bentuknya non fisik. Berupa norma, kepercayaan, nilai-nilai hidup, dan lain sebagainya. Tentunya nilai-nilai atau pandangan hidup tidak hanya mereka miliki sendiri, tetapi juga milik generasi-generasi selanjutnya. Maka ada proses pewarisan budaya dengan lisan karena seperti yang kita ketahui masa itu belum mengenal tulisan. Sehingga dikenal dengan tradisi lisan, penyampaian nilai dan pandangan secara lisan ke lisan. Tradisi lisan ini terangkum dalam apa yang dinamakan dengan Folklore (bahasa Indonesia, Folklor). Kata Folklore berasal dari bahasa Inggris yaitu gabungan dari dua kata Folk dan Lore, yang masing-masing memiliki arti. Folk adalah rakyat dan Lore bermakna tradisi.  Folklore adalah bagian dari kebudayaan suatu masyarakat yang tersebar dan bersifat tradisional yang diwariskan secara lisan dan turun temurun. Adapun karakteristik folklore selain bersifat tradisional dan penyampaian secara lisan ialah bersifat anonim atau tidak diketahui nama penciptanya, kemudian memiliki gaya bahasa yang hiperbola (dilebih-lebihkan), dan dimiliki bersama oleh suatu masyarakat. Bentuk folklore antara lain:

  1. Mitos
  2. Dongeng
  3. Legenda
  4. Nyanyian rakyat
  5. Upacara keagaaman

 
Dengan demikian folklore adalah budaya manusia secara kolektif yang bersifat tradisional dan diturunkan secara lisan dari generasi satu ke generasi lainnya.

Roboguru

Ciri-ciri folklor yang tepat dari pernyataan berikut ini adalah ….

Pembahasan Soal:

Folklor merupakan kata serapan dari bahasa Inggris folklore. Folk berarti “rakyat” dan lore berarti “tradisi atau ilmu pengetahuan”. Ciri-ciri folklor adalah sebagai berikut:

  1. Penyebaran dan pewarisannya dilakukan secara lisan.
  2. Bersifat tradisional atau terikat dalam bentuk dan aturan yang baku.
  3. Bersifat anonim atau tidak diketahui nama penciptanya.
  4. Menggunakan gaya bahasa yang melebih-lebihkan atau menggunakan majas hiperbola (contohnya untuk menggambarkan kecantikan seseorang disampaikan dengan kata “wajahnya bersinar cerah seperti bulan purnama”).
  5. Menggunakan kalimat pembuka yang klise dengan kata-kata seperti “menurut empunya cerita” atau “menurut sahibul hikayat”, serta menutupnya dengan kata “demikianlah mereka hidup bahagia selamanya”.
  6. Memiliki fungsi sebagai hiburan, pendidikan nilai, menyampaikan protes sosial, dan bahkan menyampaikan keinginan terpendam.
  7. Merupakan milik bersama masyarakat pendukungnya.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved