Iklan

Iklan

Pertanyaan

Desa Suka Maju adalah suatu perkampungan yang masyarakatnya hidup dengan penuh kedamaian selama bertahun-tahun. Mereka, sebagian besar hidup dari sektor pertanian. Anak-anak, di samping membantu orangtuanya sebagai petani, juga dapat mengenyam pendidikan sampai SMA, karena desa tersebut letaknya tidak jauh dari ibu kota kecamatan.

Walaupun masyarakatnya sebagian besar petani, kesadaran orangtua terhadap pendidikan cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya angka putus sekolah atau dari jumlah anak usia sekolah yang tidak bersekolah.

Namun, ketenangan itu tiba-tiba terusik dengan kejadian bentrokan antarwarga. Bentrokan itu sendiri dipicu oleh adanya pemilihan kepala desa. Pendukung yang menang menyatakan bahwa pemilihan kepala desa sudah sesuai dengan prosedur dan hasilnya tidak dapat diganggu gugat. Sementara pendukung yang kalah menyatakan bahwa dalam pemilihan kepala desa telah terjadi kecurangan-kecurangan, termasuk di dalamnya beredar kabar adanya politik uang.

Kejadian itu cukup menggemparkan desa-desa di sekelilingnya. Bahkan, desa yang berbatasan secara langsung merasa keamanannya juga terancam. Untunglah pihak keamanan, dalam hal ini polisi cepat bertindak, sehingga tidak sampai terjadi pertumpahan darah. Menghadapi situasi yang demikian, maka para sesepuh atau tokoh-tokoh masyarakat mengambil inisiatif untuk mempertemukan pihak-pihak yang bertikai dan mencari jalan keluar yang terbaik, agar situasi kembali normal.

Dalam kerusuhan itu telah terjadi konflik. Konflik apakah yang telah terjadi dalam kerusuhan tersebut? Jelaskan jawabanmu dengan analisis!

Dalam kerusuhan itu telah terjadi konflik. Konflik apakah yang telah terjadi dalam kerusuhan tersebut? Jelaskan jawabanmu dengan analisis!

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Poin yang ditanyakan pada soal adalah terkait konflik atau pertentangan politik . Konflik adalah suatu proses sosial dimana orang perorangan atau kelompok manusia berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai ancaman atau kekerasan . Berdasarkan ilustrasi diatas, dalam kerusuhan tersebut telah terjadi konflik politik, dimana kerusuhan atau konflik terjadi karena adanya pertentangan politik antara kepentingan-kepentingan yang menyangkut kelompok pendukung yang kalah dan kelompok pendukung yang menang dalam pemilihan kepala desa. Kemudian adanya kontravensi terkait kabar adanya politik uang sehingga memicu ketegangan dan berubah menjadi bentrokan antarwarga dan mengganggu ketentraman warga masyarakatnya. Jawaban untuk soal ini adalah konflik politik.

Poin yang ditanyakan pada soal adalah terkait konflik atau pertentangan politik. Konflik adalah suatu proses sosial dimana orang perorangan atau kelompok manusia berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai ancaman atau kekerasan. Berdasarkan ilustrasi diatas, dalam kerusuhan tersebut telah terjadi konflik politik, dimana kerusuhan atau konflik terjadi karena adanya pertentangan politik antara kepentingan-kepentingan yang menyangkut kelompok pendukung yang kalah dan kelompok pendukung yang menang dalam pemilihan kepala desa. Kemudian adanya kontravensi terkait kabar adanya politik uang sehingga memicu ketegangan dan berubah menjadi bentrokan antarwarga dan mengganggu ketentraman warga masyarakatnya.

Jawaban untuk soal ini adalah konflik politik.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Lammaria Sitompul

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan secara singkat hubungan antara konflik, akomodasi, dan peranan masyarakat pada kasus tersebut!

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia