Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi terbentuknya antagonisme sosial!

Jelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi terbentuknya antagonisme sosial!undefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Antagonisme sosial merupakan suatu bentuk tindakan untuk menyingkirkan pihak lain. Antagonisme sosial dapat juga disebut dengan pertentangan sosial. Beberapa faktor yang mempengaruhi terbentuknya antagonisme sosial yaitu sebagai berikut : Pertentangan pribadi, tidak ada dua orang yang memiliki sifat, sikap, cita-cita, dan minat yang sama. Karena perbedaan-perbedaan ini mereka gagal mengakomodasi diri mereka sendiri yang dapat menimbulkan konflik di antara mereka. Pertentangan ras , hal ini disebabkan karena adanya perbedaan pada ciri fisik diantara individu.Contoh konflik ras adalah ras kulit putih dan kulit berwarna yang masih banyak menjadi pemantik berbagai konflik masa kini. Pertentangan antarkelas ,terjadi saat individu maupun kelompok berada pada tingkatan kelas masyarakat secara vertikal yang berbeda. Misalnya seperti antara buruh pabrik dengan pendiri pabrik yang menuntut kenaikan upah dan sebaliknya. Pertentangan politik , pertentangan yang disebabkan perbedaan kepentingan dalam memperoleh kekuasaan atau merumuskan kebijakan pemerintah. Pertentangan internasional , adalah pertentangan yang terjadi antara dua negara.

Antagonisme sosial merupakan suatu bentuk tindakan untuk menyingkirkan pihak lain. Antagonisme sosial dapat juga disebut dengan pertentangan sosial. Beberapa faktor yang mempengaruhi terbentuknya antagonisme sosial yaitu sebagai berikut :

  1. Pertentangan pribadi, tidak ada dua orang yang memiliki sifat, sikap, cita-cita, dan minat yang sama. Karena perbedaan-perbedaan ini mereka gagal mengakomodasi diri mereka sendiri yang dapat menimbulkan konflik di antara mereka.
  2. Pertentangan ras, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan pada ciri fisik diantara individu. Contoh konflik ras adalah ras kulit putih dan kulit berwarna yang masih banyak menjadi pemantik berbagai konflik masa kini.
  3. Pertentangan antarkelas, terjadi saat individu maupun kelompok berada pada tingkatan kelas masyarakat secara vertikal yang berbeda. Misalnya seperti antara buruh pabrik dengan pendiri pabrik yang menuntut kenaikan upah dan sebaliknya.
  4. Pertentangan politik, pertentangan yang disebabkan perbedaan kepentingan dalam memperoleh kekuasaan atau merumuskan kebijakan pemerintah.
  5. Pertentangan internasional, adalah pertentangan yang terjadi antara dua negara.undefined 

Latihan Bab

Kerjasama sebagai Bentuk Interaksi Asosiatif

Asimilasi dan Akulturasi sebagai Interaksi Asosiatif

Persaingan sebagai Interaksi Disosiatif

Kontravensi sebagai Interaksi Disosiatif

67

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut ini ! Pertentangan pribadi Pertentangan rasionalitas Pertentangan rasial Pertentangan nilai norma Pertentangan Internasional Berdasarkan pernyataan...

21

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia