Roboguru

Correct any errors by inserting "Can/Could" or "to be able to" when necessary! When he arrived in Africa no one tell Stanley if Livingstone was alive or dead, but after a long journey, we find him.

Pertanyaan

Correct any errors by inserting "Can/Could" or "to be able to" when necessary!


When he arrived in Africa no one tell Stanley if Livingstone was alive or dead, but after a long journey, we find him.

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kata-kata can, could, dan be able to adalah kata-kata yang digunakan untuk mengekspresikan kesanggupan atau kemampuan. Can dan could adalah modal yang memiliki arti yang sama, tetapi berbeda dalam hal tense: can digunakan untuk present tense dan could untuk past tense. Pola penggunaan can/could dalam kalimat positif dan negatif adalah S + can/could (+ not) + V1 (kata not ditambahkan hanya dalam kalimat negatif). Pola penggunaan can/could dalam pertanyaan Wh- dan Yes/No adalah (Wh-) + can/could + S + V1 (kata tanya Wh- hanya ditambahkan pada pertanyaan Wh-). Kata tell dapat ditambah baik dengan could maupun be able to karena maknanya mengekspresikan kemampuan/kesanggupan secara umum.

Berbeda dengan can/could, be able to bukan modal, meskipun sama-sama mengekspresikan kesanggupan atau kemampuan. Pola penggunaan be able to dalam kalimat positif dan negatif adalah  S + to be (+ not) + able to + V1 atau S + modal (+ not) + be able to +V1 (kata not hanya digunakan dalam kalimat negatif). Pola penggunaan be able to dalam pertanyaan Wh- dan Yes/No adalah (Wh-) + be + S + able to + V1 atau (Wh-) + modal + S + be able to + V1 (kata tanya Wh- hanya digunakan dalam pertanyaan Wh-). Kata find hanya dapat ditambah dengan be able to (could tidak bisa) karena maknanya mengekspresikan kemampuan/kesanggupan yang berkaitan dengan satu kejadian saja (tidak umum).


Jadi, jawaban yang benar untuk soal di atas adalah:

"When he arrived in Africa, no one could tell Stanley if Livingstone was alive or dead, but after a long journey, we were able to find him."

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Enty

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

The expression of ability below is true, except ____

Pembahasan Soal:

Soal ini meminta kita untuk memilih ekspresi yang bukan menunjukan kemampuan. Berikut ini terjemahan dari opsi jawaban A sampai D:

"A. Aku bisa menyetir mobil 2 tahun lalu sebelum aku mengalami kecelakaan, B. Aku bisa menyanyikan sebuah lagu, C. Aku bisa membaca Quran sekarang, D. Aku bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar saat aku di Australia dulu."

Dari terjemahan di atas, opsi jawaban A merupakan ekspresi yang bukan menunjukan kemampuan dikarenakan kalimat tersebut bermakna bahwa si pembicara tidak bisa lagi mengendarai mobil setelah ia mengalami kecelakaan.

Jadi jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Correct any errors by inserting "Can/Could" or "to be able to" when necessary! But with an effort, he make out what he said.

Pembahasan Soal:

Kata-kata can, could, dan be able to adalah kata-kata yang digunakan untuk mengekspresikan kesanggupan atau kemampuan. Dalam Bahasa Indonesia, kita umumnya menggunakan kata-kata seperti bisa, dapat, atau mampu.

Can dan could adalah modal yang memiliki arti yang sama, tetapi berbeda dalam hal tense: can digunakan untuk present tense dan could untuk past tense. Selain itu, could digunakan untuk menunjukkan possiblity (present and future). Pola penggunaan can/could dalam kalimat positif adalah  S + can/could + V1.

Berbeda dengan can/could, to be able to bukan modal, meskipun sama-sama mengekspresikan kesanggupan atau kemampuan. To be able to digunakan untuk menunjukkan ability serta past achievement. Pola penggunaan be able to dalam kalimat positif adalah  S + to be + able to + V1.

Konteks kalimat dalam soal adalah past tense lebih tepatnya kalimat tersebut menunjukkan past achievement karena dalam kalimat tersebut terdapat frasa "...what he said."


Jadi, jawaban yang benar untuk soal di atas adalah:

"But with an effort, he was able to make out what he said."

0

Roboguru

Correct any errors by inserting "Can/Could" or "to be able to" when necessary! We not afford to pay for our journey across Africa, but we make it in the end because bicycle firm lend us the money.

Pembahasan Soal:

Can merupakan salah satu modal verb yang menjelaskan kemampuan seseorang. Kata can sendiri digunakan dalam bentuk Simple Present Tense. Artinya, itu menjelaskan kemampuan seseorang yang dimilikinya saat ini saja.

Berbeda dengan can, kata could digunakan dalam Simple Past Tense. Fungsi could pun sama dengan can. Namun, could digunakan untuk mengekspresikan kemampuan yang sudah lampau.

Adapun, struktur kalimat can/could, sebagai berikut:

S + can/could (+ not) + V1 (kata not ditambahkan hanya dalam kalimat negatif). 

Contoh penggunaan can/could dalam kalimat:
The students can speak English really well.
Mary could write a novel.

Selanjutnya, adalah kata be able to. Meski kata be able to bukanlah modal verb, tetapi memiliki fungsi yang sama, yakni mengekspresikan kemampuan seperti kata can/could. Pola penggunaan be able to dalam kalimat positif dan negatif adalah  S + to be (+ not) + able to + V1 atau S + modal (+ not) + be able to +V1 (kata not hanya digunakan dalam kalimat negatif).

Contoh penggunaan be able to dalam kalimat:
The students were able to complete the test quickly.
Tina is able to speak Spanish.
Most students are not able to swim.

Meski begitu, terdapat penggunaan tertentu kata be able to dan can/could, ya. Contohnya, jika kita berhasil melakukan suatu kejadian khusus yang terjadi di masa lampau, kita tidak memakai kata could. Melainkan kita harus memakai kata was/were able to.

Contohnya:
She was able to get a good TV in the shop. 

Jika gagal melakukan suatu kegiatan tertentu di masa lampau, kita dapat menggunakan baik itu could maupun was/were able to.

Contohnya:
In spite of standing for hours, we could not get into the building.
In spite of standing for hours, we were not able to get into the building.

Pada soal, terlihat kata in the end yang artinya "pada akhirnya". Ini menjelaskan kalau kalimat pada soal terjadi di masa lampau.


Jadi, jawaban yang benar untuk soal di atas adalah:

"We could not afford to pay for our journey across Africa, but we were able to make it in the end because the bicycle firm could lend us the money."

0

Roboguru

Fill  in the blanks with the appropriate word(s)! Panji is a hard working boy. He study harder than his friends and he wants to be a great linguist. Once,  he read an English book three times but he ...

Pembahasan Soal:

“Once” pada kalimat bagian rumpang pertama artinya “Pernah sekali”. Kata tersebut menunjukkan kejadian pada masa lampau, sehingga modal verb yang tepat adalah couldn’t.  B dan D salah.

“isn’t” pada kalimat bagian rumpang kedua menunjukkan present ability, maka modal yang tepat adalah can’t. C salah. 

Kalimat rumpang yang terakhir bermakna ”Dia percaya bahwa dengan tidak  menyerah dia akan bisa mewujudkan mimpinya.”  Baik can dan will be able to dapat digunakan untuk  menyatakan kemampuan di masa depan. Namun, melalui metode eliminasi, kita tahu bahwa jawaban yang tepat adalah A karena jawaban kedua pada pilihan C tidak sesuai. Jadi, jawabannya adalah A.

0

Roboguru

Correct any errors by inserting "Can/Could" or "to be able to" when necessary! His handwriting was so bad that I not read his letter at first.

Pembahasan Soal:

Kata-kata can, could, dan be able to adalah kata-kata yang digunakan untuk mengekspresikan kesanggupan atau kemampuan. Dalam Bahasa Indonesia, kita umumnya menggunakan kata-kata seperti bisa, dapat, atau mampu.

Can dan could adalah modal yang memiliki arti yang sama, tetapi berbeda dalam hal tense: can digunakan untuk present tense dan could untuk past tense. Pola penggunaan can/could dalam kalimat positif dan negatif adalah  S + can/could (+ not) + V1 (kata not ditambahkan hanya dalam kalimat negatif). Pola penggunaan can/could dalam pertanyaan Wh- dan Yes/No adalah (Wh-) + can/could + S + V1 (kata tanya Wh- hanya ditambahkan pada pertanyaan Wh-)

Contoh penggunaan can/could dalam kalimat:
The students could (can) complete the test quickly.
The students could (can) not complete the test quickly.
We can (could) catch the plane on time.
We can (could) not be able to catch the plane on time.
Can (could) the students complete the test?
Can (could) we catch the plane on time?
What can (could) you do in a stressful situation?
What can (could) we do in an emergency?

Berbeda dengan can/could, be able to bukan modal, meskipun sama-sama mengekspresikan kesanggupan atau kemampuan. Pola penggunaan be able to dalam kalimat positif dan negatif adalah  S + to be (+ not) + able to + V1 atau S + modal (+ not) + be able to +V1 (kata not hanya digunakan dalam kalimat negatif). Pola penggunaan be able to dalam pertanyaan Wh- dan Yes/No adalah (Wh-) + be + S + able to + V1 atau (Wh-) + modal + S + be able to + V1 (kata tanya Wh- hanya digunakan dalam pertanyaan Wh-).

Contoh penggunaan be able to dalam kalimat:
The students were able to complete the test quickly.
The students were not able to complete the test quickly.
We may be able to catch the plane on time.
We may not be able to catch the plane on time.
Were the students able to complete the test?
Will we be able to catch the plane on time?
What are you able to do in a stressful situation?
What must we be able to do in an emergency?


Jadi, jawaban yang benar untuk soal di atas adalah:

"His handwriting was so bad that I could not read his letter at first."

"His handwriting was so bad that I was not able to read his letter at first."

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved