Roboguru
SD

Coba telaah unsur kebahasaan kata penghubung (konjungsi) beserta contoh kalimatnya, dua kalimat saja dan garisbawahi kata penghubungnya!

Pertanyaan

Baca dan simak teks berikut ini!


Adanya beberapa negara yang menerapkan adanya hukuman mati pada kasus-kasus tertentu, membuat Indonesia juga memiliki gagasan yang sama dan telah menerapkan nya pada beberapa kasus, salah satunya terorisme. Tentu perbuatan mereka yang melakukan terorisme juga merupakan tindakan yang keji, namun eksekusi mati bagi saya bukan lah solusi terbaik. Dilansir dari Amnesty Indonesia, saat ini tercatat ada 52 negara yang menerapkan eksekusi mati atau hukuman mati termasuk Indonesia, sebagai pencetak angka tertinggi dalam vonis hukuman mati selama 6 tahun terakhir yaitu sebanyak 96 vonis per Oktober 2020. Dimana vonis hukuman mati di Indonesia justru mengalami lonjakan setiap tahunnya, khususnya terjadinya lonjakan hampir 2 kali lipat pada tahun 2019 dari pada 2018. Hal ini saya rasa dapat menjadi bahan pertimbangan, untuk menemukan cara efektif lainnya, karena adanya hukuman eksekusi mati justru tidak membuat orang-orang jadi takut. Bagaimanapun sebagai negara yang menerapkan Pancasila, dimana sila pertama yaitu "Ketuhanan Yang Maha Esa", dimana semua warga negara Indonesia diwajibkan memiliki kepercayaan agama, dan setiap agama tentunya tidak membenarkan adanya eksekusi mati, karena kita semua tidak berhak atas hidup seseorang dan setiap orang memiliki hak dasarnya yaitu hak untuk hidup. undefined

Coba telaah unsur kebahasaan kata penghubung (konjungsi) beserta contoh kalimatnya, dua kalimat saja dan garisbawahi kata penghubungnya! undefined

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kata penghubung (konjungsi) dalam teks tersebut adalah konjungsi dan pada kalimat "Adanya beberapa negara yang menerapkan adanya hukuman mati pada kasus-kasus tertentu, membuat Indonesia juga memiliki gagasan yang sama dan telah menerapkannya pada beberapa kasus, salah satunya terorisme" dan konjungsi atau pada kalimat "Dilansir dari Amnesty Indonesia, saat ini tercatat ada 52 negara yang menerapkan eksekusi mati atau hukuman mati termasuk Indonesia, sebagai pencetak angka tertinggi dalam vonis hukuman mati selama 6 tahun terakhir yaitu sebanyak 96 vonis per oktober 2020."space

Pembahasan

Kata penghubung, disebut juga konjungsi adalah kata untuk menghubungkan kata-kata, ungkapan-ungkapan, atau kalimat-kalimat. Berdasarkan teks, kalimat yang menggunakan konjungsi adalah sebagai berikut.

  1. Kalimat Adanya beberapa negara yang menerapkan adanya hukuman mati pada kasus-kasus tertentu, membuat Indonesia juga memiliki gagasan yang sama dan telah menerapkannya pada beberapa kasus, salah satunya terorisme terdapat konjungsi dan.
    Kalimat tersebut terdapat konjungsi korelatif yaitu dan. Konjungsi tersebut digunakan untuk menggabungkan kejadian yang setara yaitu beberapa negara menerapkan hukuman mati dan Indonesia juga telah menerapkan dalam kasus terorisme.
  2. Kalimat Dilansir dari Amnesty Indonesia, saat ini tercatat ada 52 negara yang menerapkan eksekusi mati atau hukuman mati termasuk Indonesia, sebagai pencetak angka tertinggi dalam vonis hukuman mati selama 6 tahun terakhir yaitu sebanyak 96 vonis per oktober 2020 terdapat konjungsi atau.
    Konjungsi atau merupakan konjungsi disjungtif yang digunakan untuk menghubungkan dua unsur yang sederajat, dengan memilih salah satu hal dari dua hal tersebut. Unsur yang sederajat dalam kalimat tersebut adalah eksekuti mati, hukuman mati.

Dengan demikian, kata penghubung (konjungsi) dalam teks tersebut adalah konjungsi dan pada kalimat "Adanya beberapa negara yang menerapkan adanya hukuman mati pada kasus-kasus tertentu, membuat Indonesia juga memiliki gagasan yang sama dan telah menerapkannya pada beberapa kasus, salah satunya terorisme" dan konjungsi atau pada kalimat "Dilansir dari Amnesty Indonesia, saat ini tercatat ada 52 negara yang menerapkan eksekusi mati atau hukuman mati termasuk Indonesia, sebagai pencetak angka tertinggi dalam vonis hukuman mati selama 6 tahun terakhir yaitu sebanyak 96 vonis per oktober 2020."space

48

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Gagasan utama yang sesuai dengan isi paragraf kedua dalam teks tersebut adalah ....

405

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia