Roboguru

Cermatilah kalimat berikut!  Tanjakan Emen telah memakan banyak korban.  Kalimat tersebut termasuk kalimat bermakna ....

Pertanyaan

Cermatilah kalimat berikut! 


Tanjakan Emen telah memakan banyak korban. 


Kalimat tersebut termasuk kalimat bermakna ....space 

  1. denotasispace 

  2. sebenarnyaspace 

  3. konotasispace 

  4. ambiguspace 

  5. jelasspace 

Pembahasan Soal:

Kalimat dapat dibedakan menjadi kalimat bermakna denotasi dan konotasi. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat bermakna denotasi adalah makna kata atau kelompok kata yang didasarkan atas penunjukan yang lugas pada sesuatu di luar bahasa atau yang didasarkan atas konvensi tertentu dan bersifat objektif. denotasi adalah arti literal atau primer dari suatu kata. Biasanya makna denotasi sesuai dengan yang terdapat dalam kamus atau literatur lain. Tidak ada unsur makna lain atau makna tersembunyi yang terkandung di dalam denotasi. Jika suatu kalimat tidak memiliki makna ganda atau tidak ambigu maka kalimat tersebut adalah denotasi.

Sedangkan, makna konotasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kata yang mempunyai makna lain di baliknya atau sesuatu makna yang berkaitan dengan sebuah kata. Konotasi adalah suatu gagasan atau perasaan yang menyertai suatu kata di samping makna literal atau primernya. Dengan demikian konotasi dikenal sebagai makna afektif, mengacu pada aspek emosi dan asosiasi dari suatu istilah. Kesimpulannya, konotasi adalah gagasan atau perasaan yang menyertai suatu kata. Perasaan atau emosi ini bisa negatif atau positif.

Berdasarkan penjabaran di atas, maka kata memakan pada kalimat Tanjakan Emen telah memakan banyak korban, merupakan kalimat dengan makna konotasi. Kata memakan bukanlah makna literal atau sesuai kamus, namun ada aspek emosi dan pengasosian istilah pada keadaan tertentu. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. space 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved