Roboguru

Cara berpikir sejarah dengan mengutamakan waktu dikenal dengan istilah ...

Pertanyaan

Cara berpikir sejarah dengan mengutamakan waktu dikenal dengan istilah ...

  1. Sinkronik

  2. Periodisasi

  3. Diakronik

  4. Kausalitas

  5. Kolonialisme

Pembahasan Soal:

Pengungkapan peristiwa sejarah dilakukan dengan cara berpikir diakronik dan sinkronik. Cara berpikir sinkronik adalah cara berpikir sejarah yang mengutamakan ruang, tetapi terbatas dalam waktu. Sementara itu, cara berpikir diakronik adalah cara berpikir yang mengutamakan waktu, tetapi terbatas dalam ruang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sesuatu yang melintas, melalui atau melampaui batas waktu merupakan definisi dari ...

Pembahasan Soal:

Salah satu cara berpikir dalam sejarah, yaitu diakronik. Secara etimologi, diakronik berasal dari bahasa Yunani, dia dan chronos. Dia artinya melintas, melampaui, atau melalui, sementara chronos berarti waktu. Jadi, diakronik memiliki pemahaman sebagai sesuatu yang melintas, melampaui dan melalui dalam batasan-batasan waktu.
Dalam konteks cara berpikir sejarah, diakronik diartikan sebagai cara pandang terhadap peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu kejadian (kronologis). Sifatnya adalah memanjang dalam waktu tapi sempit dalam ruang, dalam arti memahami peristiwa sejarah tidak berdiri sendiri melainkan buah akibat dari peristiwa sejarah yang lain. Karena itu, ia lebih melihat peristiwa sejarah secara urutan waktu.

Jadi jawaban benar adalah C.

1

Roboguru

Perhatikan judul penelitian berikut, "Pergeseran Makna Tari Bedhaya Ketawang di Keraton Surakarta Hadiningrat Tahun 1920-2000".  Judul penelitian di atas menggunakan konsep diakronik, karena ...

Pembahasan Soal:

Sejarah merupakan pemahaman terhadap peristiwa di masa lalu. Adapun pemahaman terhadap sejarah, umumnya dikenal dengan dua pendekatan cara berpikir: (1) sinkronik, dan (2) diakronik. 
Cara berpikir sinkronik dalam sejarah, mengutamakan konsep ruang tetapi sempit dalam waktu, dalam arti memahami peristiwa sejarah dalam batasan waktu tertentu namun dikaji secara lebih mendalam dengan pendekatan ilmu sosial lain, seperti politik, ekonomi, budaya dan sosiologi. Sementara cara berpikir diakronik, merupakan cara berpikir yang khas sejarah, sebab memandang peristiwa sejarah dalam urutan waktu, memanjang dalam waktu menyempit dalam ruang, dalam arti melihat rentetan peristiwa sejarah sebagai sebab akibat, bahwa peristiwa yang satu tidak bisa lepas dari peristiwa yang lain. Cara berpikir diakronik erat kaitannya dengan kronologi, yakni pemahaman tentang urutan waktu kejadian. 
Dengan melihat konteks judul penelitian dalam soal, itu menggunakan konsep diakronik sebab memandang peristiwa dalam gerak waktu, yakni kajian tentang pergeseran makna tari Bedhaya ketawang dari tahun 1920-2000.

Jadi, opsi jawaban benar adalah E.

1

Roboguru

Dengan belajar sejarah, seseorang dapat berpikir secara runtut, teratur, dan berkesinambungan. Dengan demikian, sejarah mengajarkan cara berpikir ...

Pembahasan Soal:

Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari serangkaian peristiwa yang telah terjadi di masa lalu dalam kehidupan manusia. Kompleksnya peristiwa di masa lalu itu seringkali membuat pemahaman terhadap sejarah menjadi kabur. Meski begitu, agar lebih mudah memahaminya secara runut dan sistematis, dalam sejarah dikenal cara berpikir diakronik.

Secara etimologis, kata diakronik berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu dia yang artinya melintas, melampaui atau melalu, dan chronos yang artinya waktu. Jadi, dipahami bahwa diakronik artinya sesuatu yang melintas, melampaui atau melalui dalam batasan waktu. Dalam konteks cara berpikir, diakronik dalam sejarah erat kaitannya dengan kronologi, yakni pemahaman terhadap peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu kejadiannya. Hal ini dilakukan agar peristiwa sejarah menjadi runut, sistematis, dan berkesinambungan. Dengan kronologis, maka peristiwa sejarah  dapat dipahami berdasarkan urutan waktu kejadiannya.

Jadi, sejarah mengajarkan cara berpikir yang diakronik.

1

Roboguru

Salah satu berpikir sejarah yang memiliki pengertian perjalanan sepanjang waktu adalah….

Pembahasan Soal:

Cara berpikir diakronik sering dikaitkan dengan cara berpikir kronologis. Kronologis berasal dari bahasa Yunani, yaitu chronos yang berarti waktu dan logos yang berarti ilmu atau uraian. Jadi, kronologi adalah ilmu tentang waktu yang membantu dalam menyusun peristiwa-peristiwa sesuai dengan urutan waktu terjadinya. Ketika seseorang mampu berpikir dalam aspek diakronik, maka seseorang tersebut akan mampu berpikir secara runtut, teratur, juga berkesinambungan.

Berdasarkan pernyataan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Dalam mempelajari sejarah, kita memerlukan konsep berpikir yang tepat. Berikut ini yang termasuk konsep berpikir dalam sejarah adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam mempelajari sejarah, kita memerlukan konsep berpikir yang tepat. Terdapat dua konsep dalam berpikir sejarah, yakni sinkronik dan diakronik. Sinkronik merupakan konsep berpikir yang mempelajari sejarah dengan berbagai aspeknya pada waktu atau kurun waktu yang terbatas sehingga meneliti gejala-gejala secara meluas dalam ruang tetapi dalam kurun waktu yang terbatas. Sedangkan diakronik merupakan konsep berpikir yang menguraikan proses dan urutan kejadian suatu peristiwa sejarah secara kronologis.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved