Roboguru

Candi Roro Jonggrang terbentuk karena?

Pertanyaan

Candi Roro Jonggrang terbentuk karena?

Pembahasan Soal:

Candi Prambanan juga dikenal sebagai Candi Loro Jonggrang hal ini adalah terkait dengan legenda putri Loro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Candi Prambanan (Candi Lara Jonggrang) merupakan bangunan suci umat Hindu yang terletak di Desa Prambanan, Jawa Tengah, pembangunannya diinisiasi pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari dinasti Sanjaya. Ketika Rakai Pikatan wafat, pembangunan Kompleks Candi Prambanan belum selesai. Pekerjaan diteruskan para penggantinya dan baru selesai pada pemerintahan Raja Daksa sekitar tahun 915 M. Berdasarkan prasasti Siwagrha yang berangka tahun 856 M, bangunan suci ini dibangun untuk memuliakan dewa Siwa, dan nama asli bangunan ini dalam bahasa Sanskerta adalah Siwagrha (Sanskerta:Shiva-grha yang berarti 'Rumah Siwa') atau Siwalaya (Sanskerta:Shiva-laya yang berarti: 'Ranah Siwa' atau 'Alam Siwa'). Proyek pembangunan tata air candi Prambanan dilakukan dengan membuat sodetan sungai baru yang memotong lengkung sungai dengan poros utara-selatan sepanjang dinding barat di luar kompleks candi. Bekas aliran sungai asli kemudian ditimbun untuk memberikan lahan yang lebih luas bagi pembangunan deretan candi perwara.

Candi Prambanan dikenal sangat kental dengan legenda kisah cinta Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Legenda tersebut menceritakan kisah cinta mereka, dimana Bandung Bondowoso yang kecewa dengan penolakan yang dilakukan oleh Roro Jonggrang sehingga Ia pun mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke seribu dan menyempurnakan candi seribu. Itu mengapa Candi Prambanan sering disebut juga dengan Candi Loro Jonggrang. 


Berdasarkan penjelasan di atas Candi Roro Jonggrang yang dikenal  juga Candi Prambanan dibangun karena untuk memuliakan dewa Siwa, dan nama asli bangunan ini dalam bahasa Sanskerta adalah Siwagrha (Sanskerta:Shiva-grha yang berarti 'Rumah Siwa') atau Siwalaya (Sanskerta:Shiva-laya yang berarti: 'Ranah Siwa' atau 'Alam Siwa').  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 27 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved